Gitaris Jason Becker Lelang Gitar Pemberian Mendiang Eddie Van Halen Guna Berobat

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com – Gitar yang diterima Jason Becker sebagai hadiah dari Eddie Van Halen akan dilelang bulan depan. Becker, yang didiagnosis menderita ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) pada tahun 1989, berpisah dengan instrumen tersebut untuk mengumpulkan uang untuk perawatan berkelanjutannya, yang menghabiskan biaya lebih dari 100.000 dolar AS per tahun.

Gitar tersebut — yang diberikan kepada Jason oleh Eddie pada tahun 1996 — dilelang di rumah lelang Guernsey’s yang berbasis di New York City pada Desember mendatang.

Pada Sabtu, 18 November, media sosial Jason diperbarui dengan pesan berikut: “Halo semuanya, Jason di sini. Saya ingin menyampaikan bahwa saya baik-baik saja dengan dilelangnya gitar ini. Ini hanya mengumpulkan debu di dinding saya, dan saya pikir ini harus dilakukan dengan seseorang yang benar-benar mencintai dan menghargainya seperti saya, dan mudah-mudahan membaginya dengan orang lain.

“Selama bertahun-tahun, Eddie sangat baik dan murah hati kepada saya dan keluarga saya. Kenangan ini adalah sesuatu yang kita semua akan hargai selamanya. Bagi banyak orang, dia adalah pahlawan gitar dan karakter yang lebih besar dari kehidupan. Dia berarti segalanya tentang hal-hal itu kepada saya juga, dan kemudian dia menjadi teman saya. Dia baik hati, murah hati, dan penuh kasih sayang seperti dia seorang jenius musik.

“Setiap kali orang mengunjungi rumah saya dan melihat gitar, wajah mereka akan berseri-seri, mengetahui bahwa mereka dekat dengan sesuatu yang ada hubungannya dengan Eddie. Keluarga saya akan berbagi cerita tentang hari ketika dia datang, duduk di sofa kami, bermain musik, dan bergaul dengan kamu semua. Setelah Eddie meninggal, saya berbagi video tentang hari istimewa itu, mengungkapkan sisi dirinya yang hanya sedikit orang yang memiliki hak istimewa untuk menyaksikannya. Membaca komentar-komentar yang menyentuh hati dan menyaksikan curahan cinta yang luar biasa dari begitu banyak orang untuk Eddie telah benar-benar menyentuh lubuk hati saya yang terdalam.

“Saya harap ini bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang untuk menyampaikan cinta sebesar-besarnya kepada orang lain seperti yang Eddie berikan kepada saya dan keluarga saya pada hari itu.

“Lelang gitar ini akan memberikan manfaat bagi keluarga saya dalam banyak hal, namun yang sama pentingnya, saya harap ini bisa menyinari hati luar biasa yang berdetak dalam diri Eddie.

“Cinta untuk semua, Jason, Keluarga, dan Tim Becker.”

Sedikit menengok ke belakang. Pada usia 19 tahun, tepatnya tahun 1990, Jason terjangkit ALS, penyakit yang membuat Jason lumpuh total. Namun, melalui sebuah sistem komputerisasi yang dirancang teman serta keluarganya, Jason masih mampu melahirkan karya-karya fenomenal melalui album Perspective (1996), Raspberry Jams (1999), dan Blackberry Jams (2003). Setiap komposisi yang dihidangkan ketiga album tersebut mencerminkan semangat Jason untuk tetap hidup.

Peristiwa itu terjadi ketika Jason bergabung dengan David Lee Roth Band. Saat merekam album A Little Ain’t Enough dan mempersiapkan tur, tiba-tiba tangan kanan Jason melemah dan nyaris tidak bisa digerakkan. Kemudian kaki kirinya pun pincang.

Selain teman Jason, Steve Hunter, nggak ada yang mengetahui penyakit yang dideritanya adalah ALS. Dan saat divonis bahwa hidupnya tinggal lima tahun lagi, Jason tidak menyerah begitu saja, dengan menggunakan low-gauge (thin) guitar strings (gitar dengan senar tipis), Jason mampu merampungkan album tersebut. Tapi sayangnya, ia mundur dari tur karena nggak mampu bermain di atas panggung. Semua urat syaraf Jason telah mati.

Selama 6 tahun lebih Jason Becker lumpuh. Ia tidak bisa berjalan, makan, berbicara, apalagi bermain gitar. Hanya jari kirinya yang dapat digerakkan. Tapi ternyata, sebelum ALS melumpuhkan total kemampuan bermain gitarnya, ia sudah menyimpan sebagian karya-karyanya yang kelak terkumpul dalam album Perspective yang dirilis pada 1996.

Beberapa komposisi yang tertunda setelah Jason tidak mampu menggerakkan kedua tangannya ia selesaikan dengan menggunakan gitar dan sebuah kibor. Saat penyakitnya makin memburuk dan Jason tidak mampu lagi bermain kibor secara fisik, teman dan produser musik, Mike Bemesderfer, membantunya dengan music-composing computer program yang dapat membaca gerakan kepalanya.

Hal ini membuat Jason bisa terus berkarya meskipun dia sudah kehilangan kendali atas seluruh tubuhnya. Di album ini, Jason memilih gitaris country rock bernama Michael Lee Firkins sebagai pengganti dirinya. Meski Jason hanya menulis dengan pikirannya bukan berarti hasil karyanya tidak bisa diperhitungkan. Setiap komposisi yang tersaji menggambarkan semangat Jason untuk tetap hidup.

Berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sudah Jason berbaring dan digerogoti penyakit ALS. Jason pun kehilangan kemampuannya untuk berbicara. Namun, melalui sebuah sistem yang dikembangkan oleh keluarganya Jason tetap bisa berkomunikasi dengan menggunakan matanya. Bahkan beberapa tahun kemudian ia merilis Raspberry Jams (1999), album yang berisi berbagai demo-tracks yang tidak dirilis. Kemudian, Blackberry Jams dirilis pada 2003.

Album ini berisi demo-tracks, yang kemudian dikerjakan ulang dan dirilis dalam album lain. Semua diselesaikan hanya dengan gerakan mata Jason. Penyakit ALS hanya bisa melumpuhkan organ tubuh dan suaranya tetapi tidak bisa melumpuhkan pikiran dan semangat bermusik Jason.

Pada usia 30-an, kondisi medisnya tetap stabil sejak 1997, ini hal yang sangat jarang terjadi pada ALS. Secara mental Jason Becker tetap sehat. Di bagian belakang kotak CD Perspective, Jason mengatakan “Saya mempunyai Amyotrophic Lateral Sclerosis, yang membuat tubuh saya cacat dan tidak bisa bicara, tapi tidak dengan pikiran saya”. /Ib

No More Posts Available.

No more pages to load.