Mampukah ‘Bali: Beats of Paradise’ Merebut Hati di Rumah Sendiri

by -1,228 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Kurang dari seminggu lagi, film ‘Bali: Beats of Paradise’ segera tayang di Indonesia. Film besutan sineas muda, Livi Zheng ini pun menggelar Gala Premier-nya di Jakarta.

Hadir Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyaksikan Gala Premiere film yang mengangkat kisah inspiratif pemain dan komposer gamelan Bali Nyoman Wenten ini.

“Film adalah media yang ideal untuk mempromosikan budaya dan alam Indonesia ke mancanegara. Terakhir, film ‘AADC 2’ yang cukup mendongkrak pariwisata Indonesia,” ujar Arif Yahya usai Gala Premier di Jakarta, Kamis (15/8).

Arif pun menaruh harapan jika ‘Bali: Beats of Paradise’ yang tayang di 22 Agustus ini juga bisa mengulang sukses ‘AADC 2’.

“Film bagus ditangan sutradara yang handal. Semoga bisa menjadi promosi bagus buat pariwisata Indonesia, khususnya Bali yang sudah menyumbang 40 persen devisa negara dari segi pariwisata,” ujar Arif lagi.

Bicara soal kualitas gambar, film ini tak perlu diragukan lagi. Livi sudah cukup khatam soal ini. Begitu juga soal setting lokasi yang menghadirkan pemandangan enak dipandang mata seperti Pura Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem, yang merupakan situs peribadatan tertua di Bali. 

Ada Pura Taman Ayun Mengwi di Badung, yang dibangun Raja Mengwi, I Gusti Agung Putu pada 1634 M dan merupakan situs warisan budaya UNESCO.

Lalu, Pura Tanah Lot yang indah dengan senja yang jingga, plus desa wisata Penglipuran yang dinobatkan sebagai satu dari tiga desa terbersih di dunia versi majalah asal Amerika Serikat, CN Travel.

Namun jika bicara segi cerita, film ini sepertinya memang memiliki pasar penontonnya sendiri. Film genre ini relatif cocok ditonton pencinta budaya dan seni ketimbang kaum milenial tanpa menafikan upaya Livi yang juga bagian dari kaum milenial ini dalam mengangkat budaya dan kearifan lokal Indonesia.
 
Target segmentasi film ini di Indonesia rasa-rasanya bukan penonton awam, sehingga jika film ini harus menjadi film komersial di tengah riuhnya film Indonesia di genre drama, horor dan komedi yang jadi box office, rasanya peluang itu masih 50:50.

“Ini film komersil juga kok. Sudah tayang di jaringan bioksop Lotte di Korea dan di AS juga tayang . Hak tayang juga sudah dibeli SQ,” jawab Livi soal ini.

Kita tunggu upaya Livi dan Sun and Moon Films dalam mempromosikan film yang juga menampilkan Judith Hill, pemenang Grammy Award (Pemenang Oscar-20 Feet from Stardom), serta Balawan ini mampu merebut hati calon penonton di rumahnya sendiri. (NVR).

No More Posts Available.

No more pages to load.