39 Tahun Berpisah, Raja Dangdut Rhoma Irama Sepakat Rujuk Dengan Rita Sugiarto

by -295 views

Jakarta, Voicemagz.com-Legenda hidup musik dangdut  Rhoma Irama memang tak akan habis untuk digali sebagai bahan berita. Nama besar yang disandangnya  bertahun tahun sebagai “Raja Dangdut” selalu saja menarik perhatian masyarakat untuk diperbincangkan,  terutama oleh para pecinta musik dangdut.

Bersama Orkes Melayu (OM) Soneta yang ia dirikan, Rhoma tercatat pernah beduet dengan Elvy Sukaesih dan meraih sukses melahirkan  lagu lagu hitsnya yang ikonik  seperti ‘Ke Monas’ Rambate Ratahayo’ ‘Rujuk, ‘Mandul’ dan masih banyak lagi.

Duet Rhoma dan Elvy ternyata tak abadi,  keduanya memilih untuk berpisah,  kemudian Rhoma Irama menemukan  partner duet barunya yaitu Rita Sugiarto. Kolaborasi keduanya melahirkan album Darah Muda pada tahun 1975, dimana judul album tersebut juga dijadikan judul film yang dibintangi Rhoma Irama.

Rhoma dan Rita selanjutnya menguasai jagad musik dangdut kala itu. Bahkan lagu-lagunya sangat populer di era 70-80-an.  Banyak lagu lagu di album Soneta ketika  Rhoma Irama berduet dengan Rita Sugiarto menjadi roh dalam film-film yang dibintangi Rhoma Irama seperti ‘Pantun Cinta’, ‘Malam Terakhir’, ‘Menunggu’,  Do Mi Sol’, ‘Santai’,  ‘Joget’, ‘Siapa yang Punya’ dan puluhan lagu berthema cinta lainnya.

Duet Rhoma Irama dan Rita Sugiarto   oleh banyak penggemarnya dinilai  menjadi duet tersukses  yang menghantarkan puncak kejayaan. namun apa hendak dikata, duet keduanya ini mengalami nasib yang sama dengan duet sebelumnya, Rhoma dan Rita pada akhirnya harus berpisah pada tahun 1981. Publik dangdut banyak menelan kekecewaan dengan pecah kongsi antara Rhoma dan Rita ini.

Kini, setelah  39 tahun lamanya mereka berpisah, si Raja Dangdut kembali rujuk untuk berduet dengan Rita Sugiarto lewat single ‘Tulus hati Luhur Budi’ yang diciptakan oleh Rhoma Irama. Dalam duet kali ini  seolah sang Raja Dangdut seperti menemukan kembali permaisurinya yang sempat  menghilang sekian lama.

Rujuk keduanya dalam lagu anyar ‘Tulus Hati Luhur Budi’ ini tentu saja menjadi kabar gembira para pecinta musik dangdut, mengingat keduanya bahkan sempat dianggap sebagai duet terbaik sepanjang sejarah karir Rhoma Irama. karena banyak lagu lagu populer lahir dalam album Soneta ketika berduet dengan Rita Sugiarto ini. Bahkan lagu lagu seperti ‘Mlam Terakhir’ , Siapa Yang Punya’ ‘Pria idaman’, Janji’ dan lain-lain masih sering dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi dangdut era sekarang.

Dalam lagu terbarunya ini proses rekamannya diawasi secara ketat  oleh Rhoma Irama sendiri. Mulai penggarapan aransemen musiknya hingga take vokal Rhoma selalu mengawasi.

”Mas Oma (panggilan akrab Rita terhadap Rhoma) masih sama seperti dulu, masih detil dan sangat teliti. Makanya hasil lagunya luar biasa biasa sekali,” terang Rita Sugiarto.

Penggemar musik dangdut dan penggemar Rhoma khususnya, tentu dibuat penasaran, seperti apa lagu baru karya Rhoma Irama, dan seperti apa vocal kolaborasi Rhoma dan Rita ketika berduet lagi setelah 39 tahun berpisah?. Tunggu dan saksikan di chanel YouTube Rhoma Irama official, selain itu  akan hadir juga   di platform music digital tanah air./Irish