Bagoes AA Wafat Selang Beberapa Hari Dari Rilis Album Terakhirnya Euphoria

by -284 views

Jakarta, Voicemagz.com- Jagad musik Indoesia kembali berduka, siag  tadi Miggu (28/06) pukul 14.30 WIB, musisi  senior Bagoes AA meninggal dunia karea sakit  di RS Suyoto, Bintaro, Jakarta Selatan. kabar duka itu diperoleh dari Voicemagz.com dari sahabat bermusiknya yaitu Ika Ratih Puspa.

Ika Ratih Puspa yang juga merupakan adik kandung dari Dian Pramana Poetra mengaku sedih dan kehilangan atas kepergian sahabatnya itu.

” Saya pribadi sangat berduka atas kepergian sahabat kita Bagoes AA,  Beliau sosok yang baik , saya kenal sejak masa di SMP th 1973 ,dia selalu bersama Dian PP dirumah menggarap lagu & musik K3S , begitu pula slalu ada Deddy Dhukun. Dia memulai karirnya sejak menjadi juara 1  ajang LCLR tahu 80an, Saat iptu pula Dian PP & Bourest Vocal Gropup juara III, saya sempat berada dalam barisannya”, Kenang Ika Ratih Puspa saat dihubungi Voicemagz.com melalui telepon pada Minggu (28/6) sore, di Jakarta.

Lebih lanjut Ika menambahkan ” Pertemuan terakhir dengan Bagoes terjadi saat pemakaman Istrinya Nani  16 Feb 2020 Tanah Kusir, dia sempat berucap sudah seperti opa2 yg jalannya agak tertatah, ternyata beliaupun mengindap Sakit Ginjal & Lambung. Begitu jauh perjalanan musisi legend  ini  hingga menutup mata. Saya berdoa semoga Alm Husnul Khotimah & diberikan tempat yg sesuai amal ibadahnya ,Aamiin Ya Rabbal Alamiin”, Pungkas Ika.

Selama ini  Bagoes memag sering  mengungkapkan  bahwa diriya mederita sakit ginjal  dan juga lambung. Pada 2 april lalu bagoes sempat menulis status di lama Facebookya Bagoes AAriyato Full da bagoes AAriyato III tentang kondisi sakit yang di deritaya.

“Ya Allah : Sy Terkena Penyakit Ginjal & Lambung 😩, Seharusnya Sy dirawat Intensif tp tdk Memungkinkan krn banyaknya Pasien CoVid 19 & Sebetulnya Sy hrs melakukan Pembedahan tp itu jg tdk mgkn krn Resiko Usia Lanjut Sy 😥Skrg Sy Hanya Memohon Doa2 dari Teman Semua termasuk Doaku sendiri u Kesembuhan diriku, Aamiin YRA & Sy blm Tau Lg Kapan Sy NgeFB lg menjumpai Km semua, Wallauallam .. Jaga Kesehatan yaAa, Wass WrWb”.

Bagoes mulai dikeal di jagad musik Indonesia diajag Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors (LCLR)  tahun 1979, lewat karyaya yang berjudul ‘Mahajana’ yang dinyanyika oleh Louis Hutauruk, yag kala itu berhasil meraih juara ke 4. Kemudia tahu berikutnya  1980 Bagoes mengikuti lagi LCLR degan karyaya yag bejudul ‘Maheswara’ yang ia nyanyikan  sendiri bersama Wiwik Lesmai. lagu ii berhasil meraih juara pertama. Sejak itulah ama Bagoes AA menjadi komposer yang diperhitungkan di jagad musik Indonesia.

Selama hidupya bayak karya-karya Bagoes  yang sudah banyak dinyanyikan oleh penyanyi penyanyi hebat, diantaranya  ‘ Jangan Tutup Dirimu’ yang dinyanyikan Iwan Fals, Kubawa Kau Serta (Dian PP), Malam Kedua (Vina Panduwinata), Bukan Sekadar Mimpi (Trio Libels), Datanglah Ceria (Utha Likumahua), Cinta Dini (January Christy), dan lain-lain.

Sebagai musisi yang juga memiliki kemampuan bernyanyi, Bagoes AA  sempat menjadi  membentuk KELOMPOK 3 SUARA (K3S) bersama Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun pada tahun 1985. Pada saat itu K3S merupakan salah satu grup musik yang karya-karyanya dinikmati banyak pecinta musik Indonesia. Seiring perjalanan waktu, Bagoes mengundurkan diri dari K3S pada 1989 setelah menghasilkan tiga album, yakni 17 ½ Tahun ke Atas (1985), O… Ya? (1986), dan Bohong (1987).

Pada tahun 2014 lalu, Bagoes AA meraih prestasi yang membanggaka dalam sejarah perjalaan bermusiknya, ia  masuk dalam daftar 100 Pencipta Lagu Terbaik Indonesia versi Majalah Rolling Stone. Nama Bagoes AA terpampang di urutan ke-36.

Jelang Akhir hayatnya atau tepatnya pada tanggal 21 Jui 2020, Bagoes AA sempat secara  resmi meluncurkan album terbaruna berjudul Euphoria. Dalam album tersebut bagoes melibatkan beberapa penyanyi yaitu  Richrd Chrisian, Carlo Saba, Wansyah Fadli, Iwan Zen, Siti Nursanti dan gitaris Tohpati. Album ini menjadi album terakhir sepanjang perjalanan karir Bagoes AA.

Selamat jalan Bagoes AA, Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah YME. Kini engkau telah menyusul sang istri tercinta Nai (Yuli Rusnani) yag telah lebih dahulu wafat pada Taggal  13 Februari 2020 Jam 19.25 (Malam Jum’at) di rumah sakit yag sama yaitu RS Sutoyo, Bintaro, Jakarta Selatan karena sakit./Irish