GCI Music Publisher Ajak Band Rock Seindonesia Untuk Gabung Dalam Pembuatan Album Kompilasi

by -131 views

Jakarta, Voicemagz.com- Meskipun pandemi masih belum jelas kapan akan usai, namun tak menghalangi kreatifitas para musisi. Hal ini dibuktikan oleh  GCI Music Publisher yang menggelar  “Kompilasi Band”  untuk yang  pertama kalinya  di tahun 2021.

Tujuan diadakannya Kompilasi Band ini adalah supaya pemilik hak cipta atau pencipta lagu diharapkan bisa berkarya menciptakan lagunya sendiri tanpa harus Cover, dan diupload melalui Publisher yang berbadan hukum, sehingga mereka memdapatkan perlindungan Royalti.

GCI yang berada di bawah Naungan PT. Genzy Cipta Indonesia ini selanjutnya akan memberikan peluang bagus kepada para musisi dalam sebuah band untuk bergabung dalam pembuatan 20 album sekaligus. Dengan demikian dibutuhkan sekitar 400 band. Selanjutnya album ini akan dikerjasamakan dengan Chandra Digital selaku publisher dan distributor.

” Kami butuh sekitar 400 band untuk memenuhi 20 album, yang akan kami rilis pada tanggal 27 Mei 2021 nanti. Oleh karena itu saya mengajak kepada senua musisi untuk bergabung dalam kesempatan langka ini”, jelas Puguh Kribo selaku Direktur PT. Genzy Cipta Indonesia, di Jakarta, Senin (25/05/21).

Lebih lanjut Puguh Kribo menambahkan bahwa selain dirilis dalam platform digital, album kompilasi ini juga akan dirilis dalam bentuk fisik, dalam hal ini CD.

” Album Kompilasi ini selain kami rilis dalam bentuk digital platform seperti Jox, spotify dan lain-lain, juga  akan  dirilis  dalam bentuk fisik Keping CD. Untuk setiap kompilasi sebayak 1000 keping saja, karena format fisik hanya sebagai pelengkap  otentik agar kita bisa  bernostalgia menggunakan CD”, tambah Gitaris nyentrik ini.

Target awal yang ingin di capai dalam Album Kompilasi adalah 10 album terlebih dahulu, kemudian 10 album sisanya menyusul. Sedang untuk jenis musiknya (genre)    berbeda-beda.

“Untuk kali pertama ini pihak kami Genzy Cipta Indonesia menargetkan 10 album terlebih dahulu, sedang untuk genre musiknya kita batasi pada jenis musik metal, rock, jazz rock, blues rock, fusion, dan progresive rock saja. Untuk genre lain seperti  pop, pop rock, dangdut ,masih belum ditampung karena masih mengarah pada target Idealisme”, tambah Puguh lagi.

Apa yang dilakukan Puguh Kribo bersama dengan teman teman dari Genzy Cipta Indonesia dan Chandra Digital ini mendapat apesiasi dari Ketua PWI Jaya Sie Musik Film dan Lifestyle Irish Riswoyo. Irish menganggap ini sebuah ide kreatif yang bermanfaat terutama bagi musisi atau band-band pemula.

” Saya mengapresiasi ide kreatif dari Puguh Kribo dan kawan kawan ini, meskipun bukan pertama kalinya dilakukan di Indonesia, tetapi ini bisa memotivasi para musisi untuk berkarya mencipta lagu sendiri, terutama band-band baru yang kesulitan bergabung dengan label. Jadi sebagai sebuah band tidak hanya bangga  bisa meng-cover lagu orang saja, tetapi harus bangga berkreasi dengan ciptaanya sendiri”, jelas Irish yang juga sebagai pemerhati musik.

Bagi band yang ingin bergabung dengan acara ini, pihak penyelenggara hanya mengenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- saja. Peserta bisa mengirimkan lagu melalui GCI Music Publisher, dengan mengikuti ketentuan yang berlaku dari pihak publisher. Seperti mengisi biodata, mendownload kontrak hak pencipta, dan mengupload lagu ke publisher.

Selanjutnya bisa mengunjungi laman website www.gcimusicpublisher.com. Disitu calon peserta bisa register sebagai member secara langsung, dengan mendaftar sebagai member otomatis banyak kemudahan bagi peserta Kompilasi. Dan dengan menandatangani sebagai Artist dari Label Genzy Cipta Indonesia.

Penjualan CD juga ditargetkan pada penjualan online, di lapak GCI Music Publisher sendiri. Selain itu juga akan dijual di  beberapa toko online yang sudah ada, dan toko online yang dikemas dengan payment gateway melalui pihak ke 3, sehingga konsumen yang akan membeli CD atau dalam bentuk download tidak kesusahan mencari artist kesayangannya./Mik