K13N Jajal Ketatnya Industri Musik Indonesia Lewat ‘Merelakanmu’

by -221 views

Jakarta, VoiceMagz.com – Meskipun industri  musik secara global dinilai banyak kalangan belum menjanjikan, namun tak menyurutkan niat para msusisi untuk terus berkarya dan merilis single maupun album.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya single maupun album yang dirilis setiap bulannya. Baik yang hanya berplatform digital maupun fisik melaui CD/Vinyl.

Kali ini band dari Jawa Barat yang mengusung genre pop alternative yaitu  K13N merilis single perdananya yang  berjudul ‘Merelakanmu’ dibawah bendera label 13 Nadi Musik.

Menurut Chikin sang vokalis yang sekaligus composernya,  lagu ini mengisahkan tentang  percintaan.

Single perdana K13N berjudul “Merelakanmu” ini menceritakan tentang “Cowo yg suka dengan cewe, si cewe juga suka tapi plin plan ga tegas, karena dia masih punya mantan dan ga bisa lepas dari mantannya. Di suatu masa, akhirnya si cewe lebih memilih balikan sama mantanya, jadi yaa udaahhh si cowo rela aja meski berat dia coba menerima kenyataan.” Jelas  Chikin, saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, pada Jum,at (17/01).

Lebih lanjut Chikin juga menambahkan bahwa lagu ciptaanya ini merupakan cerita nyata yang ia alami sendiri. Kemudian ia tuangkan kedalam bentuk liril dan melodi, sehingga lahirlah lagu ‘Merelakanmu’ ini.

“Lagu ‘Merelakanmu’ sebetulnya  memang true story dari apa yang saya alami, kisah nyata yang saya tuang dalam karya,  karena saya lebih suka menulis lagu dari kenyataan dan ada beberapa yang fiksi juga karena kebutuhan pasar.  Kebetulan lagu ‘Merelakanmu’ ini terpilih dari 30 lagu yang kami setor ke bang Ruri, dan ini menjadi single pertama kita,” jelas pemilik nama lengkap  Chikin Muhammad ini lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang sama sang produser yang sekaligus menjadi mentornya yaitu Ruri dari band Repvblik mengaku  optimis bahwa band ‘K13N’ yang ia produserin itu bakal mampu bersaing di industry musik Indonesia.

“ Yang pasti band baru itu harus punya potensi yang bagus dan punya karya yang baik, menurut saya  ‘KI3N’ ini adalah salah satu yang mewakili dari sekian banyaknya band untuk bisa bersaing di industri musik Indonesia . Gua sangat yakin K13N bisa diterima di industri musik Tanah Air,” jelas Ruri.

Lalu ketika ditanya oleh para awak media apa yang menarik dari ‘K13N’ini, sehingga ia mau memproduseri?, Ruri pun menjelaskan.

“Memang banyak sekali band di Indonesia,  mungkin jutaan kali ya,  tapi menurut saya  K13N adalah salah satu band yang punya karakter dan punya vokalis yang punya suara merdu. Bagi saya ini sesuatu dan istimewa,  jadi saya yakin Kien punya porsi tersendiri  di pecinta musik Indonesia,” tambah Ruri

Mengakhiri pembicaraanya dengan para awak media, Chikin menjelaskan mengapa ia memilih nama ‘K13N untuk bandnya, apa pula artinya?.

“K13N sendiri berasal dari bahasa Inggris ‘Kin’ yang memiliki arti saudara, sanak family, sahabat. Tadinya saya pakai nama nama belakang saya yaitu Kin, terus pas saya googling ternyata kata  Kin itu artinya family, suadara, sahabat , kerabat. Jadi pas lah dengan tujuan saya yaitu membentuk band ini, yaitu ingin seperti saudara yang punya satu visi dan kalau K13N itu hanya ditambahkan 13 saja biar ada filosofi Cirebon juga karena saya yang asli Cirebon, jadi K13N Itu artinya ini, jadi bisa diartikan INI BAND,”, tutup Chikin.

‘K13N’ sendiri  terbentuk pada 27 Oktober 2019, dengan anggota lengkap yaitu,  Chikin Muhammad (Vocal/Guitar), Rahman (Bass), Gie (Guitar/Piano), Erdin (Drum). Selamat dan sukses buat ‘K13N’./Irish