Kolaborasi Daniel Dyonisius Bersama Sri Hanuraga dan Varnasvara Hasilkan Single Bertajuk “Relung”,

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com – Komposer  sekaligus gitaris Daniel Dyonisius menghadirkan sebuah kolaborasi menarik setelah merilis album Miles to Go lewat Demajors Records 2021 lalu. Musikus yang kerap disapa Dan ini mengajak beberapa musisi yang tergabung di Varnasvara dan satu lagi sosok yang cukup populer di ranah jazz.

Varnasvara sendiri merupakan kolektif musik jazz rock yang mengeksplorasi interaksi antara penulisan lagu, musik elektronik, dan bahasa musik daerah di Indonesia. Ia diprakarsai oleh Dan, dengan visi untuk membuka ruang belajar, diskusi, dan komunikasi antara komposisi musik beraliran jazz rock dengan berbagai warna musik tradisional Nusantara.

Setelah kurang lebih satu tahun berproses, Varnasvara merilis sebuah single perdana bertajuk “Relung”, dengan musik dan lirik yang ditulis oleh Dan sendiri. Meskipun “Relung” masih mempertahankan elemen improvisasi jazz yang dikemas dengan nuansa indie rock, warna musik yang diramu dalam track ini menggambarkan keberangkatan yang cukup jauh dari format gitar trio di album Miles to Go, yang melibatkan dukungan dari musisi Dewa Budjana.

“Relung” menawarkan kebaharuan dan warna musik beragam yang lahir dari perpaduan vokal dengan instrumentasi yang kaya mulai dari gitar dan synthesizer hingga alat musik tradisional/etnik seperti kongahyan, tehyan, rebab, kendang, dan rindik.

Dengan lirik berbahasa Indonesia, “Relung” membawa pengaruh dari karya-karya musisi tanah air seperti Guruh Sukarno Putra, Ebiet G. Ade, Chrisye, Eros Djarot, Yockie Suryoprayogo, dan Dewa Budjana. Adapun inspirasi di balik lagu ini berangkat dari refleksi diri penulis serta interaksinya dengan berbagai kelompok rentan.

“Relung” bercerita mengenai kedalaman dan keindahan kreativitas kelompok-kelompok ini, khususnya anak-anak neurodivergen, yang terkadang masih disalahartikan dan distigmatisasi masyarakat.

No More Posts Available.

No more pages to load.