Manfaat dan Khasiat Dibalik Pahitnya Buah Pare

by -66 views

JAKARTA, VOICEMAGZ- Buah Pare atau memiliki nama latin  Momordica charantia tentu sudah menjadi bagian dari kehidupan masayarakat Indonesai. Selain karena mudah tumbuh subur di Indonesia, buah ini juga dikenal rasanya yang pahit, sehingga tak banyak yang menyukainya.

Namun tahukan kalian,  apa sebetulnya khasiat dan manfaat bagi tubuh dibalik pahitnya buah pare yang kerap diolah menjadi sayur ini. Mari kita simak berikut ini.

Dalam setiap 100 gram pare, terdapat kandungan zat-zat sebagai berikut.

  • Air: 94,4 gram
  • Energi: 19 kkal
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Karbohidrat: 3,6 gram
  • Serat: 1,3 gram
  • Kalsium: 31 mg
  • Fosfor: 65 mg
  • Zat besi: 0,9 mg
  • Natrium: 5 mg
  • Kalium: 277,7 mg
  • Zinc: 0,8 mg
  • Beta-karoten: 197 mcg
  • Vitamin B1: 0,18 mg
  • Vitamin B3: 0,4 mg

Dengan kandungan sebanyak itu, maka wajar saja jika pare ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Apa sajakah manfaat khasiatnya ?,

 

  1. Membantu menurunkan berat badan

Makan pare dapat membantu menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, pare juga mengandung serat yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian terbitan Nutrition Journal mengungkapkan bahwa pare mampu meningkatkan pembakaran dan mengurangi kadar lemak di perut. Akan tetapi, riset lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui manfaat pare dalam pembakaran lemak.

Selain itu, pare juga mengandung charantin yang berguna untuk meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen. Hal ini membuat sel-sel lemak pada tubuh pun berkurang sehingga berat badan bisa turun.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Pare juga dapat menurunkan kadar gula darah lho. Jadi tidak heran kalau buah ini dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi diabetes.

Pasalnya, pare dinilai bisa merangsang produksi insulin dan meningkatkan proses pencernaan gula di dalam tubuh.

Selain itu, pare juga mampu menurunkan kadar fruktosamin dalam tubuh sehingga bisa membantu kita untuk mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu panjang.

  1. Mengurangi kolesterol

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences, ternyata ada khasiat buah pare untuk menurunkan kolesterol.

Dalam studi hewan uji tersebut, tikus yang mengonsumsi pare mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Menurunkan kolesterol dapat mengurangi risiko penyumbatan di pembuluh darah dan penyakit jantung. Jadi, kesehatan jantung pun terjaga dengan optimal.

  1. Mengandung banyak nutrisi

Selain diolah dengan cara direbus atau ditumis, pare juga bisa dibuat jus. Selain vitamin C, buah pare juga mengandung vitamin A, folat, dan berbagai macam antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

  1. Berpotensi mengatasi kanker

Ini merupakan khasiat yang luar biasa dari pare, yakni dapat mengatasi kanker. Jangan salah, pare dipercaya dapat membunuh sel kanker di dalam usus besar, nasofaring, lambung, dan paru-paru.

Di samping itu, pare juga dinilai mampu menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker payudara.

  1. Melawan inflamasi

Pare juga memiliki antioksidan yang tinggi, dimana komponen ini memiliki kemampuan dalam meredakan peradangan di dalam tubuh. Itulah sebabnya pare dipercaya bisa melawan inflamasi atau peradangan.

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Selain rendah kalori, salah satu potensi fungsi pare adalah menjaga saluran pencernaan. Sebab, kandungan serat yang dimilikinya dapat melancarkan BAB dan mencegah sembelit.

Selain itu, serat pada pare juga membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri di dalam saluran pencernaan.

  1. Membantu penyembuhan penyakit herpes dan HIV

Menurut penelitian dari Biomedical and Pharmacology Journal, pare mengandung senyawa MAP30. Senyawa ini berguna untuk menghambat infeksi virus HIV. Dalam hal ini, MAP30 akan meningkatkan sel yang berperan untuk melawan infeksi.

Selain itu, senyawa MAP30 juga berpotensi mempercepat penyembuhan pasien herpes simpleks virus-1 (HSV-1). Cara kerjanya adalah dengan menekan jumlah virus agar tidak bertambah banyak dan melemahkannya.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat pare dalam menjaga kesehatan tulang berasal dari kandungan vitamin K-nya. Vitamin K bisa membantu menjaga kepadatan tulang dengan mempercepat pengedaran kalsium ke seluruh tubuh.

Vitamin ini juga berguna untuk memperkuat tulang karena membantu memproduksi protein osteokalsin.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Jangan salah, sepahit-pahitnya pare juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini semua berkat kandungan vitamin C yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan buah pare bekerja sebagai antibakteri, antivirus, dan anthelmintik (mengatasi parasit cacing pada tubuh).

Itulah berbagai manfaat pare bagi kesehatan kita, yang kami rangkum dari berbagai sumber./May

 

No More Posts Available.

No more pages to load.