Pagelaran Budaya Kolosal Sabang Merauke Bakal Digelar di JIExpo

oleh
oleh

Pagelaran Sabang Merauke 2024 akan melibatkan ratusan seniman Indonesia dan mempersembahkan konsep baru, serta menampilkan sejumlah penyanyi baru yang menjanjikan pertunjukan megah.

“Ini nanti adalah pagelaran yang kelima. Pertama kali diadakan pada Maret 2022 di Candi Prambanan, kemudian Juni 2022 di Djakarta Theatre, November 2022 di Ciputra Artpreneur, dan tahun lalu Agustus di JIExpo Theatre,” kata CEO dan President Director iFORTE, F. Aming Santoso, dalam siaran persnya pada 9 Juli 2024.

Pagelaran tahun ini mengangkat tema “Pahlawan Nusantara,” menampilkan aksi teatrikal yang dipadukan dengan tari-tarian daerah dan kontemporer, iringan musik daerah dan nasional, serta busana dari berbagai daerah di Indonesia.

Pentas “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” telah menyelenggarakan audisi yang memilih 27 penari berbakat dari seluruh Indonesia. “Ada 124 pendaftar dari 15 provinsi dan 77 kota, kemudian diseleksi menjadi 50 finalis. Dari 50 finalis ini, dipilih 27 penari yang akan tampil di pagelaran ini,” tambah Aming.

Pertunjukan kolosal ini akan melibatkan 325 seniman musik dan tari yang membawakan total 35 lagu dari hampir seluruh provinsi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Tidak hanya itu, berbagai alat musik tradisional seperti talempong, gamelan, gambang kromong, tifa, dan banyak lagi, akan menambah keaslian dan kekayaan budaya dalam  Pagelaran tahun ini mengangkat tema “Pahlawan Nusantara,” menampilkan aksi teatrikal yang dipadukan dengan tari-tarian daerah dan kontemporer, iringan musik daerah dan nasional, serta busana dari berbagai daerah di Indonesia.

Pentas “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” telah menyelenggarakan audisi yang memilih 27 penari berbakat dari seluruh Indonesia. “Ada 124 pendaftar dari 15 provinsi dan 77 kota, kemudian diseleksi menjadi 50 finalis. Dari 50 finalis ini, dipilih 27 penari yang akan tampil di pagelaran ini,” tambah Aming.

Pertunjukan kolosal ini akan melibatkan 325 seniman musik dan tari yang membawakan total 35 lagu dari hampir seluruh provinsi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Tidak hanya itu, berbagai alat musik tradisional seperti talempong, gamelan, gambang kromong, tifa, dan banyak lagi, akan menambah keaslian dan kekayaan budaya dalam pagelaran ini.

Dua solois wanita terkenal, Isyana Sarasvati dan Yura Yunita, akan tampil bersama Christine Tambunan, Alicia Hartono, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Gabriel Harvianto, Taufan Purbo, Swain Mahisa, Yan Yosua, dan Alsant Nababan.

Sejumlah otak kreatif turut berperan dalam suksesnya pagelaran ini, antara lain Rusmedie Agus sebagai sutradara; Sandhidea Cahyo dan Eka Lutfi sebagai koreografer; serta Dian HP sebagai penata musik. Dunung Basuki, Ammir Gita, dan Medy Ratnasari bertindak sebagai penata musik tradisional, sementara Ivan Gunawan, Opi Bachtiar, Era Soekamto, dan Sanggar Kancil bertanggung jawab sebagai tim perancang busana.

Keseruan dan pengalaman menonton berbeda akan menjadi daya tarik utama Pagelaran Sabang Merauke 2024. Gelaran yang melibatkan lebih dari 657 orang ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pagelaran seni kolosal ini pada 17 dan 18 Agustus 2024 di JIExpo Theater Kemayoran. Nikmati kekayaan budaya nusantara yang ditampilkan dengan megah dan spektakuler./Ib.

No More Posts Available.

No more pages to load.