Perang Israel-Hamas, Ini Komentar Madonna

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com – Madonna mengambil waktu sejenak untuk membahas konflik Israel-Hamas saat berada di atas panggung di The O2, mengungkapkan kekesalannya pada bagaimana sesama manusia bisa “bersikap begitu kejam”.

Sang seniman mendesak penonton untuk “mengingat bahwa kita adalah manusia di sini” karena “kita tidak bisa kehilangan rasa kemanusiaan kita” dan membuat perbedaan dengan membawa “cahaya ke dalam dunia”.

Madonna membahas konflik tersebut secara singkat di awal konser Celebration selama empat malam di arena London, dan mengatakan pada malam pembukaan bahwa “menyaksikan apa yang terjadi di Israel dan Palestina” menghancurkan hatinya.

Namun, pada pertunjukan ketiga pada 16 Oktober, dia memperluas komentarnya.

“Tidak seorang pun ingin melihat apa yang terjadi,” katanya. “Saya membuka media sosial dan saya ingin muntah. Saya melihat anak-anak diculik, ditarik keluar dari sepeda motor; bayi-bayi dipenggal, anak-anak yang bersuka ria ditembak dan dibunuh. Apa yang sedang terjadi di dunia ini? Bagaimana manusia bisa begitu kejam terhadap satu sama lain? Ini semakin buruk. Itu membuat saya takut.”

Dia juga membahas pembunuhan Wadea Al-Fayoume yang berusia 6 tahun di Chicago pada 14 Oktober, yang menurut para detektif merupakan kemungkinan kejahatan rasial yang terkait dengan konflik Israel-Hamas saat ini.

Joseph Czuba, 71 tahun, didakwa melakukan pembunuhan setelah diduga menikam anak laki-laki tersebut dan menyerang ibunya.

Madonna mengklaim bahwa dugaan penyerangan tersebut adalah “kejahatan kebencian karena dia adalah seorang Muslim.”

“Kita harus ingat bahwa kita adalah manusia di sini, kita tidak boleh kehilangan rasa kemanusiaan kita,” lanjutnya.

“Hati kita bisa hancur, tapi semangat kita tidak. Tidak ada yang bisa mematahkan semangat kita. Dan Anda mungkin melihat apa yang terjadi di dunia dan berkata, apa-apaan ini? Apa yang bisa saya lakukan? Saya hanya satu orang, saya tidak berdaya. Tidak, Anda tidak sendiri. Masing-masing dari Anda memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menyalakan lampu di dunia.”

Awal pekan ini, lebih dari 2000 tokoh dunia hiburan, termasuk Tilda Swinton, Steve Coogan dan Robert Del Naja dari Massive Attack, menandatangani surat terbuka yang menyerukan gencatan senjata di Gaza./Elv

No More Posts Available.

No more pages to load.