Renny Djajoesman Rilis Album Relegius Berjudul “Sujud”

by -4,385 views

Renny Religi 2Cukup lama nama Renny Djadjoesman tak terdengar suaranya di jagad musik Indonesia. Namun demikian bukan berarti Renny telah pensiun dari dunia yang membesarkan namanya di dunia hiburan tersebut.

Beberapa waktu lalau Renny berada dibalik layar lahirnya album Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang ketika itu masih menjabat sebagai Presiden RI. Tidak hanya dibelakang layar proses lahirnya album dari SBY saja, tetapi juga dibelakang layar konser Tembang Harmony yang digelar di JI Expo Kemayoran Jakarta, yang melibatkan banyak musisi seperti Ebiet G.Ade, Jocky Soeryoprayogo dll.

Diawal tahun 2016, Renny mulai menggeluti lagi dunia tarik suara. Kali ini ia turut bernyanyi dalam beberapa lagu dari mini album “Bela Negara Indonesia Kita”, yang didalamnya terdapat lima(5) lagu enerjik yang hampir semua liriknya bercerita tentang Indonesia.

Dalam penggarapan album tersebut Renny bersama komunitas musisi Indonesia Kita (I.Ki) menggandeng Kementerian Pertahanan RI, dan Digiwave sebagai produsernya. Bahkan dalam album tersebut juga sudah dirilis video klip resminya yang bisa disaksikan oleh masyarakat luas melalui media social youtube.
Selain itu bersama keluarga besar I.Ki pula Renny juga telah melakukan konser Bela Negara di kota Batu, Malang Jawa Timur. Jika tidak ada aral melintang pada bulan Agustus nanti I.Ki juga akan menggelar konser di Kota Surabaya.

Proses Transisi Menuju Hidup Yang Relegius Hingga Munculnya Album Religi
reni religi 1Jika selama ini sosok Renny Djajoesman identik dengan gaya rockers yang urakan dengan dandanan leher penuh kalung, tangan penuh gelang serta cincin hampir disemua jarinya ditambah balutan ikat kepala, maka sejak tahun2014 lalu Renny sudah menunjukkan banyak berubah.

“ Jujur saja sebenernya bukan cuma gayanya yang urakan, tapi hidup saya juga urakan. Boleh dikatakan selama itu kehidupan saya seperti jauh dari Tuhan. Namun sejak sekitar tahun 2014 lalu, tiba tiba ada gejolak seperti Revolusi” dalam jiwaku, perasaan saya seperti orang ketagihan obat (Sakow) dalam tanda kutip. Perasaan gundahdan penuh gejolak, pokoknya nggak bisa tenang, saya seperti harus menemukan tempat bersandar atau pengayoman gitu.

Dalam perasaan galau seperti itu tiba tiba saya merasa memerlukan sajadah, memerlukan ayat ayat suci untuk menenangkan jiwaku, kejadiannya waktu itu dan itu pas bulan puasa. Maka sejak saat itu dari lubuk hati yang paling dalam aku memutuskan untuk berubah atau “Hijrah” untuk kearah yang lebih baik dan menjadi lebih dekat dengan Allah yang selama ini hampir tak terpikirkan”. Ujar Renny saat menggelar preskon launching album religi perdananya di kandang Jurang Doang, Tangerang Selatan (18/5/2016).

Sejak kejadian tersebut Renny Djajoesman memang menjadi lebih relegius, kesan urakan yang selama ini menempel pada dirinya secara perlahan terkikis. Renny pun memutuskan untuk berhijab seperti layaknya muslimah lainnya. Kemudian pada sekitar bulan Pebruari 2016 Renny lebih meningkatkan keimanannya dengan mengunjungi Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah Umrah.

Album Religi
renny Ultah

Renny religi 1Keinginan memiliki album religi muncul sekitar bulan Nopember 2016, dan ini bentuk lain dari cara Renny untuk menunjukkan kedekatannya dengan Allah SWT. Namun karena kesibukannya maka prosesnya sempat tersendat. Kemudian pada april hingga Mei 2016 ini proses recording, mixing, mastering hingga duplicating dilanjutkan kembali hingga tuntas.
Dalam album religi perdana yang berjudul “SUJUD” ini Renny menggandeng teman teman sesama musisi, bahkan diantarany ada musisi yang memiliki nama besar seperti Fariz RM yang menyumbangkan lagu berjudul “ Dekap Kasih” berikut aransemennya. Kemudian ada Edi Kemput (grass Rock), Estu Pradana, Ivanka (Slank), Nita Srtsten. Willy Sket, Amiroez, Lies Hadi, Musikalisasi puisi Chairil Anwar yang berjudul ” Do’a”.

Tidak Cuma itu, ada juga tokoh NU yang sangat dekat dengan Alm, Gus Dur yaitu ll Zastrouw, yang menyumbangkan lagunya berjudul “Kidung nak Negeri”. Kemudian Ulama Kharismatik yang sekaligus budayawan KH. Mustofa Bisri atau yang akrab dipanggil “ Gus Mus” yang menyumbangkan lyric atau puisinya yang berjudul “Atas nama”, kemudian lagu dan aransemennya digarap oleg Estu Pradhana. Dalam lagu Atas nama ini Renny Djajoesman featuring dengn Kaka Slank. Selain itu dalam prosesi launching nanti juga akan berkolaborasi dengan Mell Shandy, John Paul Ivan (JPI),dan Donny Suhendra.

Lalu apa yang menjadi istimewa atau pembeda dari album perdana religi milik Renny Djajoesman disbanding dengan album religi yang pernah ada?.

“ Saya tidak bisa bilang apa yang istimewa, tetapi secara konten album ini cukup komplit, meskipun ini album religi, namun secara umum musik dan liriknya bertutur secara horizontal, yaitu mengangkat tema yang beragam. Selain mengangkat tema hubungan manusia dengan Allah ada juga yang mengangkat tema antara manusia dengan sesama manusia, manusia dengan alam sekitar, terus masyarakat dengan pemimpinnya dan anak dengan Ibunya dll, tambah Renny Djajoesman.

Hal itu juga diamini oleh Dendy Sukarno atau lebih dikenal dengan “Jawa Maliq n D’ Essential” yang bertindak sebagai produsernya. Dendy menambahkan;

“ Secara konten album “Sujud” ini memeng lebih luas. Kemudian secara musik juga lebih bervariasi, ada unsur pop, country, jazz dan tentunya unsur rock yang menjadi cirri khas dari mbak Renny selama ini. Jadi walaupun musik religi tetapi tidak harus selalu bernada sedih dengan linangan airmata. Barangkali ini yang menjadi salah satu pembuda dari yang lain”, tambah Dendy selaku Produser.

Dalam album ini selain berisikan 9 (Sembilan) lagu baru, juga terdapat 1 (satu) lagu yang pernah dirilis sebelumnya secara single, yaitu lagu “ Hanya Padamu Aku Bergantung” karya Lies Hadi yang musiknya digarap oleh Edi Kemput.
Sementara penyanyi dan musisi yang terlibat hampir seluruhnya dari keluarga besar Indonesia kita (I.Ki), seperti John Paul Ivan, Donny Suhendra, Amiroez, Ivanka Slank, Rama Moektio, Estu Pradana, Damon Koeswoyo, Nita Artsen, Riffi Putri dan Yoel Vai./Irish

Berikut kesepuluh (10) lagu yang terdapat dalam Album “Sujud” Renny Djajoesman:
1. Hanya Padamu Aku Bergantung
Ciptaan:Lies Hadi
Arr:Edi Kemput

2. Petinjuk
Ciptaan:Javafinger
Arr:Javafinger

3. Kidung Anak Negri
Feat:Al-Zastrouw & Mel Shandy
Ciptaan:Al Zastrow
Arr:Javafinger

4. Atas Nama
Feat:Kaka (Slank)
Ciptaan:willy Sket
Lyric:Gus Mus
Arr:Estu Pradana

5. Biarkan Kami
Ciptaan:Willy Sabena
Arr:Ivanka

6. Kiri Dan Kanan
Ciptaan: Derry Oktami
Arr:Javafinger

7. Heningku
Ciptaan:Edi Kemput
Arr:Edi Kemput

8. Izinkan Aku
Ciptaan:Amiroez & Ocka

9. Dekap Kasih
Ciptaan:Fariz RM
Arr:Fariz RM

10. Doa
Lyric:Chairil Anwar
Music:Willy Sabena & Nita Aartsen

No More Posts Available.

No more pages to load.