Sehabis Makan Durian Jangan Buang Bijinya, Ini Manfaat Menakjubkan bagi Kesehatan

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ – Bagi kebanyakan orang Indonesia Durian menjadi makanan yang cukup digemari. Sayangnya tak semua masayarakat bisa menikmati buah khas daerah tropis ini karena harganya yang lumayan mahal.

Bah, bagi kalian yang hoby makan durian, setelah menikmati daging buahnya yang legit, jangan langsung membuang bijinya,  karena memiliki banyak manfaat buat tubuh kita. Manfaat biji durian untuk kesehatan ternyata cukup menakjubkan lho.

Baca Artikel lainnya: 4 makanan Enak dan Lezat ini Ternyata Tak baik Untuk Kesehatan jantung, Salah Satunya Pasti Kesukaan Anda

dilansir dari laman Dinas Pertanian Luwu Utara, diketahui dalam biji buah durian terkandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, lemak, folat, protein, serat, energi, kalium, kalsium, tembaga, serta fosfor.  Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk mengabaikan biji durian. B

Berikut manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari biji buah durian; 

1. Makanan sumber energi dan tenaga

Tidak hanya daging buahnya yang kaya akan energi, bijinya juga mengandung sari pati yang tinggi sehingga bisa membantu menyuplai kebutuhan energi tubuh.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Biji buah durian mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah dari risiko osteoporosis.

3. Menguatkan otot dan menjaga daya tahan tubuh

Kandungan protein dalam biji durian cukup tinggi sehingga bermanfaat menambah energi, menguatkan otot tubuh, dan menjaga daya tahan tubuh.

4. Penguat rasa

Biji durian memiliki aroma khas yang hampir mirip dengan daging buahnya sehingga kita bisa memanfatkannya sebagai penguat rasa untuk membuat es krim, manisan, dan lainnya.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat biji durian selanjutnya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Sindrom koroner akut atau serangan jantung adalah jenis penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Penyakit tersebut disebabkan otot jantung tidak mendapat aliran darah.

Itulah mengapa, untuk mencegah terjadinya serangan jantung, ada baiknya sejak dini melakukan upaya pencegahan dengan mengonsumsi biji durian secara teratur. Sebab, di dalam biji durian terdapat kandungan antioksidan yang mampu mencegah penyakit jantung.

6. Mengandung Minyak Esensial

Kemudian, manfaat biji durian juga berasal dari kandungan lemak di dalamnya. Bahkan, kandungan lemak yang ada di dalam biji durian ini sama baiknya dengan minyak ikan. Itulah mengapa, menurut pada ahli kandungan lemak yang ada di dalam biji durian tersebut sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit kolesterol.

Cara menikmati biji durian

Mungkin kebanyakan dari Anda masih belum tahu bagaimana cara memanfaatkan biji buah durian untuk dikonsumsi.  Setelah di cuci berish, biji durian bisa langsung direbus atau di kukus setelah matang bisa langsung disantap.

Tak hanya itu, di beberapa tempat banyak juga yang sudah mencoba mengolah biji durian dengan cara lain. ada yang dipotong potong kemudian dijadikan sayur oseng, ada yang dibikin kripik, dan ada juga yang di sangrai kemudian digiling dijadikan seduhan minuman seperti layaknya kopi.

Meskipun mengandung manfaat yang cukup besar, jangan pernah mengonsumsi biji durian dalam kondisi mentah. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan asam lemak siklopropena yang merupakan racun berbahaya bagi tubuh. Masak biji durian hingga benar-benar matang agar rasanya nikmat dan juga aman bagi kesehatan./May

No More Posts Available.

No more pages to load.