Siapa Yang Akan Menjuarai Liga Inggris Musim 2021-2022, dan Bagaiman Harapan Pendukung MU?

oleh
oleh

Jakarta, Voicemagz.com– Tak dipungkiri, sejak dimiliki Sheikh Mansor, Manchester City menjelma menjadi klub tangguh di Liga Inggris.

Ledekan yang dilontarkan fans MU sebagai “Tetangga Yang Brisik” kini dijawab dengan beberapa gelar, termasuk menguasai gelar Liga Inggris beberapa musim belakangan. Sejauh ini prestasi asuhan Pep Guardiola ini sudah memenangi Liga Inggris sebanyak 7 kali, Piala FA 6 kali, Piala Liga 8 kali, dan Piala Winners 1 kali.

Raihan ini tentu masih kalah mentereng dengan pesaing utama perebutan tahta tertinggi Liga Inggris musim 2021-2022 yang tinggal menyisakan satu pertandingan terakhir bagi Man City dan 2 pertandingan bagi Liverpool.

Pencapaian Liverpool yang menjadi klub tersukses di Liga Inggris yaitu 19 kali Juara Liga Inggris, 8 kali juara Piala FA, 9 kali Piala Liga, 15 Kali Community Shield. Di Eropa Liverpol telah meraih  6 kali Piala Champions UEFA, 3 kali UEFA Cup,  dan 4 kali Piala Super Eropa. Selain itu Liverpool juga pernah meraih Juara Dunia Antar Klub Eropa 1 kali.

Matematika Peraih Gelar Liga Inggris Musim 2021-2022

Seperti kita tau, yang masih berpeluang menjadi juara Liga Inggris tahun ini hanya tinggal Man City dan Liverpool. Jika dilihat komparasi raihan gelar diatas, tentu Liverpool Jauh lebih sukses ketimbang Manchester City, tetapi raihan poin pada tabel klasemen Liga Inggris tahun ini Man City unggul 4 poin (90) dengan menyisakan 1 pertandingan, sementara Liverpool masih memiliki 2 sisa pertandingan dengan poin 86.

Matematikanya tentu akan menjadi menarik, setelah Man City hanya mampu bermain imbang (2:2) melawan Westham United, maka peluang Liverpool menjadi terbuka. Jika pada pertandingan ke-36 melawan Southamton yang akan berlangsung dini hari nanti dimenangi oleh Liverpool, maka selisih poin antara Man City dengan Liverpool hanya berjarak 1 angka, yaitu 89 untuk Liverpool dan 90 Man City. Sehingga gelar juara akan ditentukan pada pertandingan terakhirnya, atau pertandingan ke 37.

Tetapi jika pertandingan kalah, maka Man City secara otomatis menjadi jura Liga Inggris musim 2021-2022. Tetapi kalau pertandingan nanti Liverpool menang, maka gelar Liga Inggris masih akan ditentukan pada pertandingan terakhir yaitu pertandingan ke-37. Jika pertandingan berakhir seri, maka peluang Liverpool tetap masih ada walaupun tipis.

Sebab jika pertandingan Liverpool menang dan Man City kalah nilai tetap sama, tetapi City unggul selisih 7 gol, dan ini cukup berat meskipun tidak ada yang tak mungkin. Jika saja pada pertandingan terakhir kedua-duanya menang, maka Man City lah yang berhak atas juara Liga Inggris musim 2021-2022.

Reka Reka Dukungan Fans MU Terhadap Perburuan Gelar

Sudah menjadi konsumsi publik, bahwa perseteruan abadi dan gengsi di Liga Inggris sejauh ini hanya terjadi oleh dua klub yaitu Liverpool dan Manchester United. Perseteruan dimaksud adalah bukan perseteruan fisik atau otot, tetapi perseteruan prestasi positif dalam pencapaian gelar tertinggi.

Di Tingkat Eropa Liverpool lebih unggul dari MU. Klub berjuluk si Merah ini telah menjuarai 6 gelar Piala Champios Eropa, 3 Piala UEFA dan 4 Piala Super Eropa. Sementara Mancheter Uniten meraih 3 Piala Liga Champions Eropa, 1 Piala Winners, 1 Piala UEFA.

Untuk tingkat dunia, MU unggul atas Liverpool. Liverpool meraih 1 Piala Dunia Antar Klub FIFA. Semantara MU pernah meraih Piala Dunia Antar Klub FIFA 1 kali dan Piala Intercontinental 1 kali.

Prestasi mentereng kedua klub Inggris ini lantas membuat perseteruan dan gengsi berjalan terus hingga saat ini, dimana MU masih menjadi Raja di tanah Inggris dengan raihan Juara Liga Inggris sebanyak 20 kali dan Liverpool 19 kali, atau hanya berjarak 1 gelar juara. Untuk Piala FA, MU mengungguli Liverpool dengan raihan 12 gelar, sementara Liverpool 8 kali. Untuk Piala Liga Liverpool unggul dengan raihan 9 gelar  dan  MU 4 gelar.

Gelar FA Communityshield MU unggul atas Liverpool, bahkan menjadi peraih terbanyak saat ini, yaitu 21 gelar dan Liverpool 15 gelar, atau 6 gelar lebih banyak.

Jika melihat sejarah panjang dan sederet prestasi keduanya, maka amatlah wajar jika para fans MU berharap agar klubnya masih menjadi peraih juara terbanyak Liga Inggris, mengingat jarak gelar antara keduanya hanya berselisih 1 gelar saja yaitu MU 20 Gelar dan Liverpool 19 gelar. Oleh karena itu meskipun dalam hal lain MU dan Man City juga terus bersaing, tetapi banyak dari Fans MU yang berharap agar dalam perburuan gelar Liga Inggris musim 2021-2022 ini dimenangi tetangganya Man City.

Alasannya jelas, jika Liverpool yang berhasil keluar sebagai juara, maka pencapaiannya akan menyamai gelar MU yaitu sebanyak 20 gelar. Tentu pendukung MU tidak rela rekornya disamai sang rival.

Perebutan gelar belum berakhir, segala sesuatu yang terjadi di lapangan tentu saja bisa membolak-balikkan berbagai ramalan dan harapan. Persaingan dalam memburu dan meraih prestasi masih terus akan berlangsung entah sampai kapan. Mungkin sampai dunia ini kiamat, kita tidak tau.

Tetapi bersaing dalam hal prestasi yang positif tentu terus digelorakan. Bukan jamannya lagi bersaing dengan otot, karena hanya akan mempermalukan diri sendiri. Terus dukung klub faforitmu berprestasi  dalam memburu gelar sebanyak mungkin./IR

No More Posts Available.

No more pages to load.