Asian Games 2018 Semakin Dinginkan Suhu Korut-Korsel

by -2,159 views
Kontingen Korea Bersatu saat pembukaan Asian Games 2018.
Kontingen Korea Bersatu di pembukaan Asian Games 2018.

JAKARTA, VoiceMagz.com – Ajang Asian Games 2018 ternyata mampu membawa hal positif lain di luar semangat meraih prestasi tertinggi di bidang olahraga.

Patut dicatat, ada imbas positif lainnya dari ajang olahraga terbesar se-Asia ini yakni, semakin terekatnya jalinan persahabatan dan perdamaian antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel).

Hal tersebut diakui sendiri oleh Perdana Menteri (PM) Korea Selatan, Lee Nak-Yeon. Ia menyampaikan apresiasi tinggi terhadap dua hal yang terkait dengan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang ini.

Pertama, dirinya sangat mengagumi acara pembukaan Asian Games 2018. Kedua, Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 berhasil berkontribusi dalam memperkokoh persahabatan serta perdamaian antara masyarakat Korea Selatan dan Korea Utara.

“Asian Games 2018 telah dapat mempererat persahabatan masyarakat kedua Korea,” ujar PM Lee saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (20/8).

Seusai pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, selain sebagai perekat hubungan dua Korea, PM Lee juga menilai pembukaan Asian Games 2018 sangat impresif dan berhasil menghibur para penonton.

“Indonesia telah berhasil menjadikan event Asian Games ini sebagai perekat dari persahabatan dan perdamaian antara Korea Utara dan Selatan. Sebagaimana teman-teman tahu bahwa joint team antara Korea Utara dan Korea Selatan bermain untuk 3 cabang olahraga,” kata Retno.

Untuk diketahui, dalam perhelatan Asian Games ke-18 2018 ini, ada 58 atlet gabungan dari Korea Selatan dan Korea Utara. Mereka mengikuti cabang olahraga bola basket puteri, kano dan dayung. Sementara itu, baik Korea Selatan maupun Korea Utara juga mengirimkan kontingen yang jumlahnya cukup besar.

Bahkan, di Opening Ceremony, kontingen Korea Selatan dan Korea Utara berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu. PM Korea Selatan Lee Nak-Yon dan Deputi PM Korea Utara Ri Ryong Nam pun bergandengan dan melambaikan tangan mereka saat kontingen Korea bersatu itu lewat di depan mereka.

Sehari sebelum Opening Ceremony Asian Games 2018, dua delegasi negara ini pun melakukan Gala Dinner bertajuk ‘Korea Reunification Dinner’ di sebuah hotel di Jakarta. Dalam acara tersebut, kedua delegasi negara ini melakukan jamuan makan malam guna semakin mempererat hubungan kedua negara tersebut. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.