Bakkar Wibowo; Setiap Kami Membuat Acara Harus Memberikan Manfaat Baik Bagi Masyarakat Maupun Lingkungan

oleh
oleh

Magelang, Voivemagz.com- Balkonjazz Festival 2022 sukses digelar, acara tahunan yang kali ini menampilkan musisi seperti Megantoro, Coldiac, Raissa Anggiani, Aditya Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Rendy Pandugo, Pamungkas dan Kahitna ini benar-benar Istimewa.

Tidak hanya hajatannya yang sukses sehingga menjadi istimewa, tetapi konsep dari acara yang dipusatkan di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, tersebut juga menjadi sangat istimewa sekaligus menjadi pembeda dari konser-konser musik biasanya.

Ada beberapa hal yang patut dicatat dan diteladani dari konsep acara tersebut, misalnya; melibatkan masyarakat sekitar dalam berbagai hal, sehingga masyarakat mendapatkan dampak langsun. Baik  secara ekonomi maupun yang lain.

“Balkonjazz Festival 2022 ini melibatkan warga di sekitar venue acara. Masyarakat bisa berdagang di pasar BalkonJazz yang kami sediakan tanpa dipungut biaya’” kata Bakkar Wibowo selaku Founder BaslkonJazz Festival kepada para wartawan, disela-sela penyelenggaraan pada Sabtu (14/05/22).

Tak hanya itu, Bakar juga menambahkan bahwa dirinya juga mengajak warga untuk menyediakan transportasi dari tempat parkir kendaraan mereka menuju ke venue dengan menggagas OW atau Ojek Warga.

“Kita libatkan warga dalam mengelola transportasi menuju venue, yaitu dengan menyediakan OW (Ojek Warga) dengan tarip tetap sebesar 10 ribu rupiah.  Dari sini saja setidaknya sudah terkumpul sekitar 60 juta yang semuanya untuk warga. Sebelum penyelenggaraan acara ini kita juga sudah undang pak Lurah Karangrejo untuk diajak rapat dalam hal pelibatan warga,” tambah Bakkar.

Lebih jauh Bakkar menambahkan bahwa untuk mengetahui apakah acara BalkonJazz Festival ini berdampak langsung secara ekonomi atau tidak terhadap warga sekitar, ia mengajak dua doktor lulusan salah satu universitas di Inggris untuk melakukan penelitian, sejauh mana dampak ekonomi Balkonjazz Festival 2022 terhadap perekonomian masyarakat sekitar.

“ Sengaja saya mengajak dua orang doctor dari UGM dan timnya untuk melakukan penelitian atau survey, agar kita tau apakah acara ini berdampak atau tidak terhadap ekonomi warga local, jika jawabannya iya, maka sejauh mana dampak ekonomi Balkonjazz Festival 2022 ini,” sambung Bakkar lagi.

Meski begitu, Bakkar juga tidak mernyalahkan jika ada promotor yang menggelar acara festival musik hanya semata untuk hiburan saja.

“Kalau ada teman teman lain yang menggelar acara festival musik hanya semata untuk hiburan ya silahkan saja, menurut saya sah sah saja, tetapi untuk BalkonJazz konsep saya harus melibatkan warga setempat agar berdampak terhadap perekonomian mereka,” sambung Bakkar.

Menatap Ke Depan

Bakar mengaku jika hajatan BalkonJazz ini masih dalam sekala kecil, oleh sebab itu dirinya berfikir kedepan akan menggelar acara yang lebih besar dan bertaraf Internasional.

“ Selain akan membesarkan BalkonJazz dengan mendatangkan artis Internasional, saya juga berfikir untuk membuat acara lain yang bersifat Internasional. Masalah tempat banyak yang bisa kita garap, ada tempat juga yang bisa menampung lebuh dari 10 ribu penonton, yaitu di lereng Bukit Menoreh. Kalau nanya acaranya ap musiknya ap akita masih pikirkan, Bisa jadi Punk Festivar, Rock Festival atau apapun. Pokoknya akita masih rahasia, tetapi akan ada itu,” tambah Bakkar lebih lanjut.

Pada intinya, setiap acara yang akan digelar dikemudian hari, Bakkar akan memikirkan konsep manfaat, baik terhadap manusia maupun lingkungan. Kedepan Sinergi Live akan membangun festival yang “ramah lingkungan”, sebagaimana telah dilakukan band Cold Play, dengan festival musik ramah emisi karbon. Demikian juga dengan U2 sudah melakukan hal yang sama.

Di Indonesia sudah ada yang memulai, tetapi belum banyak. Seperti misalnya Iwan Fals, setiap ada promotor yang mengundang Iwan Fals untuk manggung, pihak manajemen Iwan Fals selalu menyertakan dalam klausul kontraknya adalah menanam pohon, demi melestarikan lingkungan./Irish

No More Posts Available.

No more pages to load.