Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Dikukuhkan Sebagai Ketua IPSI Kalsel, Sandec Sahetapy dan Ozy Syahputra Turut Hadir

oleh
oleh

BANJAR BARU, VOICEMAGZ.com – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) masa bakti 2021-2025, Prabowo Subianto melalui Wakil Ketua IPSI, Muhammad Sidiq mengukuhkan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin sebagai Ketua Umum IPSI Kalsel periode 2020 – 2024 di Banjarbaru, Sabtu (28/10/2023).

Pengukuhan Paman Birin dilakukan sesaat sebelum pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Republik Indonesia (MURI) untuk pertunjukan/latihan bersama 10.000 pesilat lebih di halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

“Kalau Bung Karno bilang, Serahkan saya sepuluh pemuda, saya akan guncangkan dunia, hari ini, dengan 10 pesilat, kita hancurkan kebodohan, kita hancurkan kemiskinan, kita hancurkan keterbelakangan, setuju,” tanya Paman Birin yang disambut teriakan setuju oleh penuh semangat para pesilat yang hadir.

Pemecahan Rekor MURI pencak silat yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini, dimotori Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel berkolaborasi dengan Ikatan Perguruan Silat Indonesia (IPSI) Kalsel dan pesilat dari Lanal Banjarmasin.

Selain itu, turut serta pesilat dari IPSI di 5 Kabupaten/Kota yakni IPSI Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Barito Kuala dan Banjarmasin, ditambah dengan jajaran SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

Acara tersebut juga di hadiri dan di saksikan oleh Sandec Sahetapy yang merupakan Tokoh Kebudayaan dan Pemegang Bintang Guardian of Culture Heritage UNESCO, serta  Bintang Film si Manis Jembatan Ancol Ozy Syahputra yg juga menyumbangkan lagu di panggung hiburan Kalimantan Selatan itu.

Dalam kesempatan tersebut Sandec memberikan pesan singkat kepada gubernur Kalsel, “From Kalimatan Selatan to the World”, ujar Sandec Sahetapy.

Sejumlah perguruan pencak silat yang hadir diantaranya PSHT, Kera Sakti, Pagar Nusa, Merpati Putih, Perisai Diri, Tapak Suci serta Pencak Organisasi.

Setelah aksi memecahkan rekor dunia, Paman Birin pun diusung para pesilat sebagai wujud kegembiraan atas prestasi yang dicapai.

Sebaliknya, sebagai apresiasi kepada pada pesilat yang terlibat, Paman Birin mendatangi sejumlah perguruan pencak silat dan menyalami mereka.

Turun dari panggung acara, Paman Birin dengan semangat mendatangi para pesilat secara bergantian.

Dihadapan puluhan ribu pesilat, Paman Birin pun melayani foto bersama disepanjang ruas jalan tempat acara.

“Pemecahan MURI ini adalah bagian dari motivasi kita meningkatkan kualitas atlet pencak silat di Banua agar berprestasi kepada Allah dan bertaqwa kepada Allah SWT,” ungkap Paman Birin.

Para pesilat pun tampak antusias dan senang bisa dekat dan foto langsung dengan Paman Birin./Ib

No More Posts Available.

No more pages to load.