IDPFest Akan Digelar Secara Hybrid, Kali Ini Ada Kompetisi Keluarga

by -280 views

Voicemagz.com – Kabar menggembirakan untuk para drummer dan pemain perkusi Tanah Air. Indonesia Drum dan Perkusi Indonesia (IDPFest) akan digelar tahun ini. Pendaftaran dibuka mulai Sabtu, 26 Juni 2021 dan ditutup pada Sabtu 21 Agustus 2021 mendatang.

Penyelenggaranya, Wadah Musik, yang terdiri dari beberapa perkumpulan/ komunitas masyarakat pencinta musik, pelaku seni (seniman), musisi, drummer, perkusionis, budayawan, pekerja seni ekonomi kreatif, sekolah/ sanggar musik serta masyarakat luas yang peduli akan pendataan, pendokumentasian, pelestarian, pengembangan dan pengenalan Alat Musik Indonesia.

Wadah Musik akan menyelenggarakan IDPFesT 2021, secara virtual melalui kanal  You tube, Facebook, Instagram, Twiter, TV (cable/nation wide) dan hybrid offline.

“Tahun ini IDP Fest kita laksanakan secara Hybrid, karena masih dalam suasana pandemi,” ujar Ekki Soekarno selaku founder sekaligus ketua penyelenggara IDP Fest 2021, dalam juma pers virtual, Rabu (23/6).

“Memang banyak yang enggak puas. Alasannya, misalnya feel-nya enggak dapat dan sebagainya, tapi mau bagaimana lagi, situasi yang membuat itu semua terjadi” tambahnya.

Sementara itu Direktur Evant Kemen Parekraf  Reza Fahlevi mengaku siap mendukung acara IDPFest 2021 ini.

” Kemen Parekraf prinsipnya mendukung acara ini, banyak alat musik  perkusi yang sudah menjadi bagian dari Kebudayaan masyarakat Indonesia yang harus kita angkat melalui event seperti ini”, jelas Reza.

Perhelatan akbar itu akan diisi kegiatan Kompetisi, Pentas Seni Budaya, serta Lelang dan Donasi. Selain untuk memberikan ruang kreatif dan eksplorasi bagi anak, remaja, keluarga dan masyarakat pencinta seni musik drum dan perkusi, juga untuk mengembangkan seni budaya perkusi yang tertunda selama masa pandemi.

Melalui IDP Fest 2021 diharapkan dapat membantu seniman dan IDP daerah agar tetap produkstif, selain  mampu mempererat hubungan dan kekompakan keluarga, melalui ritme musik, khususnya di kategori Lomba Perkusi Keluarga.

“Yang menarik di gelaran tahun ini, kita mengadakan lomba perkusi untuk keluarga. Jadi sekeluarga bisa kirimkan video memainkan alat perkusi di rumah. Bisa dengan bunyi-bunyian sendok, mungkin panic, ember atau yang lainnya. Silakan kirim videonya,” pinta Ekki Soekarno.

IDP Fest 2021 menyediakan tiga kategori lomba, sebagai berikut:

Kompetisi Kolaborasi Drum dan Perkusi – maksimal 16 group peserta.

Mempersiapkan dan memainkan materi penilaian berupa 1 (satu) buah Komposisi Bebas, tema `Ritme Perkusi Indonesia`, (musik, vokal dan atraksi seni budaya) berdurasi 6 menit sampai 8 menit.

Alat Musik yang WAJIB terdapat dalam komposisi serta dimainkan adalah Drum dan salah satu dari Alat Perkusi Indonesia, selebihnya bebas. Drum set bebas (Penyisihan). Untuk Grand Final Drum set disiapkan (riders terlampir).

Jumlah peserta dalam group minimal 2 orang, maksimal 12 orang dan tidak ada batasan usia.

Mengisi form pendaftaran melalui idpfest google form yang tertera dan mentransfer biaya pendaftaran Rp. 350.000,- ke ac. BCA 4740882088 an. Yayasan Indonesia Drum dan Perkusi.

Lalu mengirim bukti transfer via WA ke nomor 0811.1175.880 untuk mendapatkan nomor peserta dan dua helai kaos peserta akan dikirim untuk dipakai pada saat kompetisi.

Mengirim materi video dengan Standarisasi audio (volume bersih dan jelas, tanpa dubbing) dan video (gambar bersih dan jelas, satu kamera, satu kali syuting, tanpa editing, landscape format MP 4 Full HD) untuk keperluan penilaian ke alamat idpfest link yang tertera, berikut Foto Group (gaya bebas), Nama Group, Nama Personil dalam group, Nomor HP. WA, dan Copy Identitas diri/ Akta lahir dua dari Peserta (drummer & perkusionis). – (Merk Drum/ Cymbal dll. yang ada di Head Bass Drum ditutup).

Peserta yang masuk Final akan hadir di acara Grand Final di Jakarta pada Sabtu 2 Oktober 2021 dengan memainkan materi yang sama.

Kompetisi Drum Anak dan Remaja – maksimal 32 peserta individual.

Mempersiapkan dan memainkan materi penilaian untuk babak penyisihan berupa sebuah Komposisi Lagu Bebas (minus drum) berdurasi maksimal 5 menit dan sebuah Komposisi Solo Drum, Tema bebas berdurasi  3 menit hingga 4 menit, serta memainkan untuk Grand Final (apabila terpilih masuk Final) berupa sebuah Komposisi Lagu Wajin berdurasi 4 menit dan 1 (satu) buah Komposisi Solo Drum, Tema Ritme Nusantara berdurasi 3 sampai 4 menit.

Batasan usia Kompetisi Drum Anak : 7 – 12 tahun dan usia 13 -19 tahun untuk Kompetisi Drum Remaja. Mengisi form pendaftaran melalui idpfest google form yang tertera, mentransfer biaya pendaftaran Rp. 200.000,- ke ac. BCA 4740882088 an. Yayasan Indonesia Drum dan Perkusi. Lalu mengirimkan bukti transfer via WA ke nomor 0811.1175.880 untuk mendapatkan nomor peserta, serta sehelai kaos peserta akan dikirim untuk dipakai pada saat kompetisi.

Mengirim materi video dengan Standarisasi audio (volume bersih dan jelas, tanpa dubbing) dan video (gambar bersih dan jelas, satu camera, satu kali syuting, tanpa editing, landscape format MP 4 Full HD) untuk keperluan penilaian ke alamat idpfest link yang tertera, berikut Foto Peserta (gaya bebas), Nama Peserta, Nomor HP. WA Peserta/ Orang Tua Peserta dan Copy Identitas/ Akta Lahir Peserta.

Peserta yang masuk Final akan hadir di acara Grand Final di Jakarta pada tgl. 2 Oktober 2021 dengan memainkan Lagu Wajib dan Solo drum Tema Ritme Nusantara.

Lomba Perkusi Keluarga – maksimal 100 group peserta.

Mempersiapkan dan memainkan sebuah Komposisi kreatif, unik, seru dan kompak (bunyi-bunyian perkusi, gerak/ tari dan vokal) dengan Tema: Dapur Keluarga IDP berdurasi 30 sampai 40 detik.

Mempergunakan alat-alat rumah tangga apapun yang terdapat di rumah yang dapat menimbulkan bunyi-bunyian perkusif dengan cara dipukul, ditabuh, digerakan, digoyang, dikocok, diaduk, dihentakan menggunakan tangan, kaki atau alat bantu lainnya.

Jumlah peserta dalam Group Keluarga bebas dan tidak ada batasan usia, mengisi form pendaftaran melalui idpfest google form yang tertera dengan mencantumkan nama Instagram salah satu Peserta.

Mengirim materi video dengan Standarisasi audio (volume bersih dan jelas) dan video (gambar bersih dan jelas, editing diperbolehkan, landscape format MP4 Full HD) ke alamat idpfest link yang tertera, berikut Nama Group Keluarga, Nomor HP. WA, Copy Identitas Diri salah satu Peserta (pimpinan group keluarga) dan caption (tulisan) untuk di unggah (upload/ posting) bersama video Peserta di akun Instagram IDPFest mulai  26 Juni sampai 21 Agustus 2021.

Video peserta akan diunggah di akun Instagram IDPFest dan Peserta WAJIB me-repost dari akun Instagram IDPFest dan tag ke minimal 5 (lima) akun Instagram lainnya.

Penilaian berdasarkan Like terbanyak di akun Instagram IDPFest, mulai Sabtu, 26 Juni 2021 sampai Kamis, 30 September 2021.

Seluruh materi video dari Peserta akan ditayangkan di kanal YouTube IDPFest, pada minggu kedua September 2021 dan Pemenangnya (terbanyak Like di akun Instagram IDPFest) akan diumumkan pada acara Grand Final di Jakarta, pada Sabtu 2 Oktober 2021 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta. /Irish

No More Posts Available.

No more pages to load.