In Memoriam Ria Irawan: Nyablak Tapi Bisa Bikin Mick Jagger Luluh

by -256 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Sudah beberapa hari aktris Ria Irawan pergi meninggalkan alam ini. Namun, kepergiannya masih menyisakan kenangan tak terlupakan, setidaknya bagi sejumlah jurnalis hiburan.

Dimas Supriyanto, wartawan senior Poskota melihat Ria adalah artis yang ceria. Dimas mengenalnya sejak 1984, saat dia jadi artis remaja dan juga anggota  delegasi Indonesia yang ikut meramaikan Festival Film Asia Pasifik (FFAP) di Jakarta.

“Ria satu-satunya artis Indonesia yang akrab dengan artis-artis luar negeri. Dia supel dan cepat akrab, kebetulan ditunjang juga kemampuan bahasa Inggrisnya,” kenang Dimas

Dimas juga mengenal Ria sebagai artis yang  bermulut cablak atau yang akrab didialek Betawi disebut nyablak.

“Sebagian besar (kata-kata) yang keluar dari bibir manisnya harus disensor,” kenang Dimas.

Salah satu kenangan akan Ria juga direkam saat anak bungsu Ade Irawan ini saat berfoto bersama vokalis Rolling Stones, Mick Jagger. Keduanya tampak saling berboncengan dengan wajah ceria.

Ria berada di bagian belakang dengan salah satu tangannya memegang punggung Jagger. Sementara Jagger dengan topi koboi warga putih tampak sedang mengayuh.

Arey Arifin, mantan wartawan Majalah Nona, bercerita soal dibalik pose Ria bersama Jagger yang dilakukan jelang konser Rolling Stones pada Oktober 1988.

“Gue inget banget dulu Ria Irawan dibekali kamera Nikon FM2 dan flash serta film ASA 400 Fujifilm oleh fotografer kantor Majalah Nona untuk dapetin foto-foto ekslusif itu. Salah satu hasilnya foto yang boncengan sepeda bersama Mick Jagger,” kata Arey di Jakarta, Senin (6/1).

Arey bercerita saat itu Ria Irawan telah diminta oleh promotor Rini Noor untuk menjadi liaison officer (LO) buat membantu kebutuhan Jagger selama di Jakarta. Bahkan jelang manggung, kata dia, Ria sempat menemani Jagger untuk bermain pingpong.

“Mereka main pingpong di belakang panggung (di Gelora Bung Karno). Mick Jagger itu seneng banget main pingpong sebelum naik panggung supaya nga tegang jelang naik panggung sekalian olahraga. Jadi disiapin lah meja pingpong ama Rini Noor,” cerita Arey.

Selamat jalan Ria… semoga semangatmu 15 tahun melawan kanker bisa menjadi contoh bagi yang lain. (NVR)