Jangan Anggap Remeh Proses Penuaan Organ Intim Wanita

by -2,434 views

BEKASI, VoiceMagz.com – Jangan remehkan segala hal yang terkait dengan proses penuaan organ intim wanita. Seiring bertambahnya usia, wanita juga akan mengalami penurunan fungsi dari organ intim alias vagina. Mulai dari perubahan bentuk yang menjadi longgar dan tak kencang lagi.

Dan proses penuaan ini tak terasa dan juga tak disadari oleh kaum wanita. Penyebab penuaan vagina sendiri dipengaruhi proses penuaan alami, kehamilan, masalah hormon, trauma akibat persalinan, sering mengangkat beban berat, mengejan, hingga batuk kronis.

“Wanita kehilangan satu persen kolagen setiap tahunnya. Setelah masuk ke fase menopause, penuaan akan menjadi lebih cepat. Apalagi saat perempuan melahirkan secara alami,” ujar dr. Rikka Mulya Wirman, SpOG dari Klinik Amaryllis Bekasi dalam seminar ‘Awet Muda Dengan Teknologi Terkini’ di Bekasi, Minggu (15/4).

Ia melanjutkan, hal lain yang patut diperhatikan kaum wanita saat memasuki fase menopause adalah jumlah hormon estrogen yang menyusut. Akibatnya, jaringan penyokong kulit dan otot stinger uretra mengendur.

“Trauma akibat proses persalinan alami juga memicu kerusakan kolagen di sekitar vagina. Jadi patut diingat bahwa setelah melahirkan normal, vagina tidak akan kembali ke ukuran normal,” jelas Rikka.

Rikka mengaku, beberapa pasien konsultasi kepadanya, setelah bersalin vagina mereka dijahit agar lebih kencang. Tapi jahitan itu tidak sampai ke bagian dalam, padahal kerusakan akibat bersalin itu dari bibir vagina sampai ke dalam.

Ditambahkan dokter lainnya dari Klinik Amaryllis Bekasi, dr. Nina Martini Somad, SpOG, banyak wanita yang menganggap remeh dan masih sedikit yang mau meluangkan waktu untuk melakukan perawatan vagina dibandingkan dengan perawatan kecantikan lainnya.

“Sekarang sudah berkembang teknologi terkini untuk vaginal rejuvenation, seperti laser, radio frekuensi, dan HIFU. Semua teknologi itu memiliki segala macam kelebihan tapi untuk satu tujuan yang sama,” terangnya.

Lanjutnya, ada beberapa prosedur yang biasa dilakukan dalam vaginal rejuvenation, seperti platelet-rich plasma (PRP), radio frekuensi, HIFU, hingga menggunakan teknologi laser.

“Tujuannya, merangsang terbentuknya kolagen di sekitar vagina sehingga organ intim wanita menjadi lebih kencang,” ucapnya.

So.. ladies, mulailah dari sekarang peduli dengan proses penuaan organ intim Anda. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.