Kembali Digaungkan, Perpres Zakat ASN Berpotensi Raup Rp17 Triliun

by -1,040 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Potensi pembayaran zakat dari aparatur sipil negara (ASN) cukup besar. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menaksir jumlahnya bisa mencapai Rp17 triliun.

Belakangan ini, wacana pembayaran zakat ASN muslim melalui sistem potong gaji sempat menjadi sebuah wacana yang kontroversial.

Usai paparan Indeks Kesejahteraan BAZNAS di Jakarta, Kamis (17/10), Wakil Ketua BAZNAS, Zainulbahar Noor menjelaskan, pemerintah saat ini sedang mengkaji kembali draft peraturan presiden (Perpres) tentang penghimpunan zakat ASN melalui sistem potong gaji.

Sementara itu, untuk mengukur efektifitas pendistribusian zakat yang diamanahkan oleh UU No 23 Tahun 2011 kepada BAZNAS perlu diketahui bahwa jumlah zakat yang terkumpul baru mencapai Rp.8,1 triliun (akhir 2018), yaitu hanya 2,3 persen dari potensi zakat 230 juta penduduk muslim Indonesia.

BAZNAS pun berharap Pemerintah semakin memberikan perhatian penuh pada pelaksanaan pengumpulan zakat dari seluruh penduduk muslim Indonesia, agar dengan demikian penerima manfaat zakat akan menjadi lebih besar, dan penanggulangan kemiskinan dapat tercapai melalui pendistribusian dan pendayagunaan zakat.

Untuk itulah BAZNAS sangat mengharapkan Presiden dapat dengan segera mengeluarkan PERPRES Fasilitasi Pelaksanaan Pembayaran Zakat ASN melalui Kementerian Keuangan RI. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.