Maknai HUT RI Ke-75 dan 47 Tahun Bermusik, God Bless Rilis Single Anyar “Untuk Indonesiaku”

by -1,018 views

Jakarta, Voicemagz.com- 75 Tahun Indonesia Merdeka memiliki makna spesial bagi grup band  legendaris Indonesia  God Bless. Tidak hanya sekedar momen memperingati HUT kemerdekaan Indonesia saja, tetapi   band yang beranggotakan Achmad Albar (Vocal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah (bass), Abadi Soesman (keyboard) dan Fajar Satritama (drum) ini juga merilis single baru  yang liriknya berthemakan patriotik kebangsaan, karya Areng Widodo (Alm), dengan judul “Untuk Indonesiaku”.

Dalam sejarah perjalanan  God Bless, menerima karya orang lain dilur personil God Bles untuk dijadikan rekaman single maupun album adalah hal yang jarang terjadi. Ketika God Bless ingin berkolaborasi dengan pihak luar biasanya hanya sebagai penulis lyrik saja, tidak dengan melodi lagu. Tetapi kali ini God Bless benar benar mengaransemen lagu yang secara melodi dan lirik merupakan karya orang diluar anggota band. bagaimana ini bisa terjadi?.

Dalam sebuah jumpa pers melalui zoom, Ian Antono menceritakan bahwa pertemuannya dengan  Areng Widodo (alm) terjadi kala ian menjenguk Areng yang sedang sakit di Cisarua Bogor. Dalam pertemuan tersebut Areng menyampaikan harapannya kepada Ian Antono, bahwa lagu karyanya yang berjudul “Untuk Indonesiaku” agar bisa dinyanyikan oleh God Bless.

“. Waktu itu saya menjenguk Areng Widodo di Rumah Sakit Paru Dr. Goenawan Partowidigdo di Cisarua, Bogor, Saat itu kondisi  Areng terlihat sangat lemah   , namun  demikian  kita masih  sempat membahas tentang lagu ciptaannya. Areng sangat berharap agar lagunya  bisa dibawakan oleh Ahmad Albar dan God Bless,” jelas Ian Antono melalui Zoom, pada Selasa (18/8/2020).

Dalam kesempatan yang sma, Achmad Albar juga turut menyampaikan penjelasannya, bahwa lagu “Untuk Indonesiaku karya Areng Widodo itu sangat nasionalis.

” Lagu Untuk Indonesiaku ini secara lirik bercerita tentang  rasa cinta seorang seniman terhadap Tanah Air. Oleh sebab itu ini momen yang tepat untuk merilis single ini, yaitu pas bertepatan dengan Ulang Tahun kemerdekaan RI yang ke 75,” Jelas Achmad Albar.

Secara aransemen lagu “Untuk Indonesiaku” ini agak unik, tidak seperti lagu-lagu God Bless pada umumnya, ada unsur mars dan drumband didalamnya.

” Lagu ini seperti lagu mars, jadi aransemennya ada unsur-unsur drumband, tetapi tetap dengan warna aransemen God Bless. Saya main bassnya menyesuaikan dengan karakter lagu, namun tetep enjoy,” tambah Donny Fattah.

Sementara Sajar Satritama mengaku perlu mencari sound khusus yang sesuai dengan karakter lagunya.

” Saya butuh waktu khusus untuk mempelajari lagu, terutama untuk mencari karakter snare yang pas, karena butuh snare dengan karakter seperti snare pada drumband,” tembah Fajar.

Para personil God Bless berharap lagu yang juga sebagai momentum perjalanan 47 tahun berkiprah di jagad musik Indonesia ini bisa diterima oleh pecinta musik di Tanah Air.

” Tentu kita berharap semoga lagu ini bisa diterima masyarakat, bahkan bisa memasyarakat seperti lagu “Kebyar-Kebyar”,( karya almarhum Gombloh). Semoga bisa jadi lagu Kebyar Kebyar kedua,” tambah Ian Antono lagi.

Menjawab pertanyaan dari voicemagz.com tentang hal yang tidak biasa, yaitu diterimanya lagu karya orang diluar personil God Bless, Ian Antono menjelaskan.

” Selain karena Areng sperti mewasiatkan lagu ini untuk God Bless, lagu ini juga memang bagus dan pas buat God Bless. Baik secara lirik maupun melodi lagu. Jadi sangat layak untuk dibawakan God Bless,”. Jelas Ian Lebih lanjut.

” Kita terbuka, kalau ada karya orang yang memang bagus ya kita terima, kita juga sering bekerjasama dengan teman-teman media dalam hal pembuatan lirik, jadi kalau ada teman teman dari media yang bisa buat lirik bagus boleh saja dikirim,” tutup Ian.

 

Areng Widodo Dan  God Bless

NamaAreng Widodo bukanlah hal baru bagi para personil God Bless. pasalnya sejak tahun 80an awal, Areng sudah sering bekerjasama dengan para personil God Bless. Ketika  Ahmad Albar bersolo karier, ada  beberapa lagunya merupakan ciptaan Areng Widodo, seperti “Syair Kehidupan” (1980) disusul “Dunia Huru-Hara” (1981) hingga “Dunia Dibakar Api” (1988), yang kala itu musiknya digarap oleh Ian Antono.

Kemudian kerjasama lain dengan  Ian Antono juga pernah dilakukan, yaitu ketika Ian menjadi arranger dari album-album Nicky Astria. Ada lagu-lagu karya Areng disitu, diantaranya  lagu, “Jarum Neraka” (1984) dan “Tangan-Tangan Setan” (1985) yang melambungkan nama Nicky Astria.

Kemudian bersama Donny Fattah, Areng juga pernah bekerja sama menggarap album Daun Daun Surga yang dibawakan oleh Bangkit Sanjaya pada  tahun 1985.

Sebagai Informasi tambahan, Lagu ” Untuk Indonesiaku” dari God Bless ini sudah secara resmi tersedia di semua platform digital, seperti Spotify, iTunes,Joox dan lain-lain./Irish

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.