Manfaat Menakjubkan Daun Bidara bagi Kecantikan dan Kesehatan

oleh
oleh
Daun Bidara: Foto: IrishBlackmore

JAKARTA, VOICEMAGZ – Mungkin saja masih banyak masyarakat yang belum tau apa itu daun bidara, serta seperti apa pohon bidra?.

 

Di Indonesia sering menyebut dan membagi daun bidara (widoro/Jawa) itu ada dua, yaitu Bidara Arab dan Bidara China. Namun ada juga yang mengetahui ragam lainnya yaitu Bidara Laut dan Bidara Upas.

 

Secara endemik pohon bidara ini termasuk tumbuhan liar yang berasal dari Asia Tengah, kemudian menyebar hingga ke Afrika dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Baca Artikel Lainnya: Lama Tak Terlihat Kiprahnya, Asian Roots Kembali Ke Jagad Musik Indonesia

Tanaman daun bidara disebut juga dengan Indian Plum, Indian Jujube, Chinese Apple dan Jujubier (dalam Bahasa Prancis). Beberapa Negara seperti India, China, serta Thailand yang mengembangkannya secara komersial.

 

Tanaman ini tumbuh di daerah kering yang memiliki sinar matahari cukup.

 

Ciri-cirinya memiliki daun yang kecil dan buah berbentuk bulat kecil berwarna hijau. Jika masih muda, akan berwarna oranye atau merah jika sudah matang.

 

Buah Bidara dapat dijadikan bahan untuk minuman segar, manisan atau dikeringkan.

Daun bidara sendiri memiliki banyak manfaat selain diracik menjadi jamu, juga biasa dipakai untuk memandikan jenazah karena kandungan dari daun bidara ini dapat membersihkan kotoran dari jenazah tersebut.

 

Tak hanya itu, daun Bidara juga sering digunakan untuk sarana Ruqyah untuk mengusir Jin yang ada di dalam tubuh kita.

 

Singkatnya, Daun Bidara memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan manusia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut diantara manfaat daun bidara.

Baca Artikel Lainnya:Lomba Produksi Film Pendek “Layar Indosiana” Kembali Digelar, Ikutan Yuk!

1. Manfaat Daun Bidara Membantu Proses Peremajaan Kulit

Anda memiliki masalah jerawat atau kerutan pada wajah? Nah, daun bidara bisa Anda jadikan alternatif skin care tentunya dengan bahan yang alami.

 

Caranya dengan menjadikan daun bidara sebagai masker. Daun bidara memiliki formula sebagai Pell-off Gel Mask karena terkandung polifenol dan flavonoid yang dapat menghasilkan antioksidan dan antibakteri.

 

2. Manfaat Daun Bidara untuk Mencegah Diabetes

Diabetes menjadi penyakit yang dapat menyerang segala jenis usia. Diabetes memang tidak dapat sembuh tetapi dapat di kontrol. Daun bidara dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

 

Jika Anda memiliki penyakit Diabetes, cobalah untuk mengkonsumsi daun bidara dengan cara direbus dan dikonsumsi secara teratur.

 

Tetapi jangan lupa juga untuk selalu menjaga pola makan dan pola hidup agar kadar gula darah tetap stabil.

 

3. Manfaat Daun Bidara Mengobati Tumor dan Kanker

Penderita tumor dan kanker semakin meningkat akhir-akhir ini. Jika tumor jinak tidak cepat-cepat diobati maka akan semakin parah sehingga terjadinya kanker.

 

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat menghambat pembentukan sel-sel tumor dalam tubuh.

 

4. Manfaat Daun Bidara untuk Mengobati Pencernaan

Jika Anda sering mengalami maag, kram perut dan ingin mengobati dengan cara herbal, daun bidara ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi.

 

Ekstrak daun bidara dapat bekerja sebagai pelindung dinding lambung dari zat asam didalam lambung atau dari makanan yang masuk ke lambung dan untuk kram perut serta kandungan zat antipasmodik (anti kram) yang berfungsi untuk meringankan gejala sakit perut akibat kontraksi berlebih.

 

5. Manfaat Daun Bidara Sebagai Perawatan untuk Rambut Rontok

Baca Artikel Lainnya: Kapolri Tinjau Lokasi Kebakaran Depo Plumpang Pasca Kebakaran

Memiliki rambut yang rontok adalah hal yang menyebalkan bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Kerontokan dapat menyebabkan menipisnya rambut, membuat kebotakan hingga menurunnya kepercayaan diri.

 

Daun Bidara dapat dijadikan sebagai tonik dengan cara merebus daunnya kemudian dioles pada rambut dan dipijat.

 

6. Manfaat Daun Bidara Bisa Membantu Menghilangkan Depresi

Penyakit mental seperti depresi banyak dialami oleh segala jenis usia, mulai dari yang muda hingga tua. Banyak faktor terjadinya depresi, mulai dari stress, kesepian hingga rasa cemas berlebih. Ternyata daun bidara memiliki zat sebagai anti depresan, yaitu agen antiansietas yang sama dengan benzodiazepin, tetapi tidak memberikan efek ketergantungan.

 

Sebelum Anda mengkonsumsi daun bidara ini, alangkah baiknya jika Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan para profesional seperti Psikiater atau Psikolog terkait kesehatan mental Anda.

 

7. Manfaat Daun Bidara Bisa Meredakan Demam

Ketika Anda merasakan demam, daun bidara pun dapat dijadikan sebagai obat penurun demam karena dalam daun bidara terkandung senyawa flavonoid yang dapat menurunkan suhu tubuh panas akibat demam tersebut.

 

8. Manfaat Daun Bidara Membantu untuk Penyembuhan Luka

Manfaat lain dari daun bidara, yaitu membantu untuk penyembuhan luka seperti lecet karena jatuh atau terbakar. Karena dalam daun bidara terdapat zat saponin, tanin, dan flavonoid yang dapat menghentikan pendarahan dan menutup luka pada kulit.

 

9. Manfaat Daun Bidara Menyembuhkan Penyakit Wasir

Daun Bidara juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit wasir. Caranya, rebus daun bidara lalu mengkonsumsi air rebusannya secara rutin dan dapat pula mengaplikasikan daun bidara pada bagian anus yang membengkak secara langsung.

 

Baca Artikel Lainnya: Ian Antono Berduka, Ibunda Tercinta Meninggal Dunia

10. Manfaat Daun Bidara untuk Menurunkan Kolesterol

Jika Anda merasa pundak berat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi,

 

Anda dapat mengkonsumsi rebusan air dari daun bidara yang dapat mengikat kolesterol jahat dan membuangnya melalui feses.

11. Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Anti Alergi

Daun Bidara dapat dijadikan sebagai obat anti alergi. Caranya dengan menghambat zat-zat penyebab alergi sehingga mencegah terjadinya kemerahan atau alergi pada kulit.

 

12. Manfaat Daun Bidara Meningkatkan Kesehatan Jantung

Empat dari lima penyebab kematian terbanyak di Indonesia saat ini adalah penyakit tidak menular dan salah satunya adalah penyakit jantung.

Dalam daun Bidara terdapat kandungan senyawa neolignan yang mempunyai efek baik bagi peredaran darah dan jantung.

 

Selain mengkonsumsi daun Bidara, Anda pun tetap harus menjaga pola makan serta pola hidup agar sehat selalu.

 

13. Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Cacing

Jika anak Anda menderita cacingan, Anda dapat menggunakan daun bidara sebagai alternatifnya karena daun bidara memiliki kemampuan sebagai antigen-helmin (cacing parasit) dalam tubuh.

 

14. Manfaat Daun Bidara Sebagai Stimulus Sistem Imun

Dalam daun bidara terdapat sel fagosit dan sel neutrofil. Sel fagosit yaitu sel yang berfungsi memakan kuman atau virus jahat dan sel neutrofil adalah sel pertahanan tubuh pertama ketika masuknya zat asing kedalam tubuh.

 

Maka dari itu, daun bidara ini baik untuk meningkatkan sistem imun kita selain mengkonsumsi makanan yang sehat juga rajin berolahraga.

Baca Artikel Lainnya: Banyak Didekati Pria, Artis Dhena Devanka Mengaku Masih Belum Mau

15. Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Antifungal

Anda dapat menggunakan daun bidara sebagai obat antifungal karena didalam daun bidara terdapat kandungan metanol yang terbukti secara klinis mempunyai efek anti fungal. Anda pun harus senantiasa menjaga kebersihan.

 

16. Manfaat Daun Bidara Sebagai Sarana Ruqyah

Belakangan diketahui bahwa daun bidara juga sering digunakan sarana untuk mengusir Jin dari tubuh kita melalui metode Ruqyah./May

No More Posts Available.

No more pages to load.