In Memoriam Gogon: Upaya Bangkit Lagi Sang Komedian Usai Tersandung

by -3,157 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Berawal dari sesak nafas, pukul 05.00 WIB, pelawak pentolan Srimulat, Gogon menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Kotabumi, Lampung, Selasa (15/5).

Gogon diketahui sudah dua tahun mengidap penyakit jantung. Di usia Di usia 58 tahun, ia tutup usia setelah ikut memeriahkan kampanye di Lampung Utara bersama Didi Kempot, Doyok, dan Kadir, teman-temannya sesama pelawak.

Kiprah Gogon di industri hiburan Tanah Air mengalami pasang surut. Pria bernama asli Margono ini awalnya pentas dari satu desa ke desa lain. Ia mulai dikenal saat menjadi salah satu anggota Srimulat, grup lawak legendaris Indonesia yang didirikan Teguh Slamet Rahardjo di Solo pada 1950.

Apalagi saat Srimulat melebarkan sayapnya ke Ibukota dan muncul di salah satu televisi swasta pada era 1980-an.
Gogon yang punya ciri khas gaya rambut jambulnya dan sikap berdiri yang khas sambil melipat tangan serta cara duduknya yang selalu melorot mampu menarik perhatian publik.

Gogon pun bersama beberapa anggota Srimulat seperti Kadir, Doyok, Polo, Tessy, Tarzan, Nurbuat, Nunung, Mamiek, dan Eko Londo kerap meramaikan sinetron dan iklan di televisi.

Perjalanan karier Gogon pun tak mulus. Ia pernah berurusan dengan polisi karena kedapatan mengkonsumsi narkoba jenis sabu pada 2007. Gogon ditahan di Polsek Neglasari Tangerang dan dijerat Undang-undang Nomor 5 Tahun 1997 Pasal 62 tentang penggunaan psikotropika dengan ancaman hukuman lima tahun dan denda Rp100 juta.

Setelah bebas dari penjara, Gogon pun kembali eksis di layar televisi.  Ia juga sering menerima job off-air di luar kota. Ia berusaha bangkit meraih kembali karir melawaknya yang sempat padam.

Pukul 10.00 WIB, Selasa (15/5), jenazah Gogon diterbangkan ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Prosesi pemakaman sendiri akan dilakukan pada Rabu (16/5).

Selamat jalan Mas Gogon… Semoga tenang disana… Amin… (NVR/dari berbagai sumber)

No More Posts Available.

No more pages to load.