Menunggu ‘Bali: Beats of Paradise’ Mampu Menarik Penonton di Negeri Asalnya

by -764 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Film karya sineas Indonesia yang kini berkiprah di negeri Pam Sam ini segera mentas di bioskop tanah air. Setelah sukses tayang di bioskop-bioskop AS dan Korea Selatan, Bali: Beats of Paradise akan mulai tayang pada 22 Agustus 2019.

Apa yang dilakukan Livi Zheng dengan idealismenya ini coba menginspirasi dan menjadi media yang ideal untuk mempromosikan budaya dan alam Indonesia.

“Dalam perspektif pariwisata, film selain punya fungsi edukasi juga sebagai salah satu media promosi destinasi wisata. Termasuk film ‘Bali: Beats of Paradise’ ini,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Nia Niscaya saat jumpa pers penayangan ‘Bali Beats of Paradise’ di Jakarta, Jumat (19/7).

Film yang menampilkan keindahan pariwisata Bali dan mengangkat kisah inspiratif pemain dan komposer gamelan asal Bali, I Nyoman Wenten, yang mengejar mimpi sebagai seniman di AS lewat musik gamelan Bali ini pun diharapkan mampu menjadi media promosi destinasi wisata yang ampuh.

Di ‘Bali: Beats of Paradise’ ini, I Nyoman Wenten berkolaborasi dengan Judith Hill, pemenang Grammy Award yang sebelumnya berkolaborasi dengan Michael Jackson dan Stevie Wonder dan membintangi film pemenang piala Oscar 20 Feet Stardom.

Selain tayang di bioksop-bioskop AS, beberapa prestasi juga sudah ditorehkan oleh film yang telah diputar di layar terbesar di dunia di Korsel.

Film karya Livi Zheng ini bahkan sempat dilirik dan akhirnya tayang di Walt Disney Animation Studios hingga akhirnya Livi mendapat kesempatan untuk bekerja di sana. Film ini juga sekarang diputar secara eksklusif di Singapore Airlines.

“Dari seluruh film yang beredar, hanya 20 persen yang bisa masuk ke AS. Dan film ini sudah bisa tembus, ini memudahkan distribusinya ke negara-negara lain,” papar Livi.

Di samping itu ‘Bali: Beats of Paradise’ juga didistribusikan oleh iQiyi, salah satu perusahaan online streaming terbesar di dunia, yang berbasis di Beijing, China.

Perusahaan milik taipan China, Baidu, yang memiliki 96,8 juta pelanggan di dunia tersebut juga akan menayangkan ‘Bali: Beats of Paradise’ yang sempat masuk seleksi nominasi Oscar untuk kategori The Best Picture ini.

“Saya berharap film ini bisa berperan mempopulerkan budaya Indonesia pada dunia dan menginspirasi remaja Indonesia untuk mencintai budaya bangsa,” kata Livi.

Apalagi film ini juga mendapat dukungan penuh dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menpar Arief Yahya, hingga Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Livi sendiri sekarang dipercaya PFN dan Balai Pustaka untuk menyutradarai dan membintangi film ‘Sabai Nan Aluih’.

Di samping itu, Livi juga baru saja menyelesaikan syuting trailer ‘The Santri’, sebuah film bertemakan tentang petualangan santri dan santriwati dari pesantren Indonesia ke AS.

Kita tunggu nanti gebrakan ‘Bali: Beats of Paradise’ di tanah air. Mampukah menarik penonton tanah air untuk duduk di kursi bioskop menikmati keindahan alam Bali yang dirangkum Livi lewat perjalanan kisah hidup I Nyoman Wenten ini. (NVR)