Pamungkas NM, Pencipta Lagu Hits Era 90’an Segera Luncurkan Album Karya Emasn-ya

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ –   Bagi pecinta musik era 90’an, mendengar nama Pamungkas NM tentu bukan hal asing, sebab ia merupakan salah satu hits maker lagu-lagu Indonesia .

Pencipta lagu dan musisi asal kelahiran   Jakarta 05 Mei 1963 dari pasangan Brigjen Pol. Drs. Hari Musso SH dengan Rr. Soenarti ini karya – karyanya begitu dikenal masyarakat dan dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi papan atas kala itu.

Karya Pamaungka NM diantaranya adalah, Tua – Tua Keladi, Mimpi, Bayang – Bayang Ilusi, Nafas Cinta, Gaya Remaja, Ku Tak Ingin (Anggun), Biskota, Menanti Kepastian, Kerinduanku (Ahmad Albar), Gelombang Kehidupan, Bias Sinar (Nicky Astria), Trauma (Godbless), Misteri Kehidupan, Akhir Sebuah Rindu, Apa Salahku (Mel Shandy), Hari – Hariku (Chrisye) dan banyak lagi lagu – lagu nya yang dibawakan oleh Gito Rollies, Hesty Brizha dan lain – lain telah menemani kita di era 90 an.

Pamungkas NM yang Bernama lengkap Pamungkas Narashima Murti mengawali Karir didunia musik pada masa dia SMP sampai masa kuliah sebagai pemain alat musik Bas sebelum akhirnya fokus masuk ke Industri musik tanah air sebagai penulis lagu.

“Pertama kali mulai bermusik pada saat SMP hingga Kuliah sampai akhir nya saya mulai fokus sebagai pencipta lagu sejak bersama Teddy Sujaya (Drummer Godbless) pada tahun 1988 saat penggarapan album Godbless “Semut Hitam” dengan ikut membuat lagu berjudul “Trauma” bersama Teddy Sujaya yang lirik nya dibuat oleh Iwan Fals’, terang Pamungkas.

Baca artikel lainnya: D’Cinnamons Rilis Single Anyar ‘Kunang-Kunang’

Teddy Sujaya sendiri yang saat itu adalah drummer Godbless merupakan musisi yang pertama kali bekerjasama dengan Pamungkas dalam membuat karya lagu.

Lebih dikenal sebagai pencipta lagu ber-genre rock, Pamungkas NM yang pernah mendapat penghargaan “BASF Award” melalui lagu “Bias Sinar” yang dinyanyikan oleh Nicky Astria ini bercerita tentang proses pembuatan lagu – lagunya yang akhirnya sering menjadi hits di industri musik Indonesia.

“Kalau tips menciptakan lagu bisa jadi hits itu tidak ada, yang ada yaitu dalam menciptakan lagu supaya disukai masyarakat ya harus mengalir apa adanya jangan di buat-buat atau di rekayasa. Yang tidak kalah penting nya lagi dalam menciptakan lagu harus ada 3 unsur yaitu “pertanyaan”, “jawaban” serta “solusi”, ujar Pamungkas

“Sebetulnya kalau untuk proses pembuatan lagunya sendiri seperti yang saya jalani ya kadang sulit kadang gampang, itu tergantung mood juga. Biasanya dalam pembuatan lagu atas permintaan produser nya si penyanyi yang kebetulan memang karakter vokal nya pas dengan lagu yang saya ciptakan’, tambah Pamungkas lagi

Dalam mencipta lagu Pamungkas NM yang sudah menciptakan lebih dari 100 lagu ini mengaku terinspirasi dari hal – hal yang dekat dengan kehidupannya sehari – hari.

“Dalam menciptakan lagu, saya selalu terinspirasi oleh kehidupan sehari – hari saya sendiri (true story) dan bisa juga dari cerita seseorang yang diceritakan ke saya dan lalu saya buat menjadi lagu”, ujar Pamungkas.

Baca artikel lainnya: Shellin, Band Asal Malang ini Rilis Single Baru ‘Wajah’

Untuk menghormati dedikasi Pamungkas NM di industri musik tanah air selama ini, seluruh karya lagu Pamungkas NM rencananya akan di dokumentasikan dalam bentuk album digital dengan melibatkan musisi – musisi muda dan baru penuh talenta dengan judul ”Karya Emas Pamungkas NM”.

Harry ‘Koko’ Santoso dari Deteksi Production selaku promotor konser musik berpengalaman sekaligus pemerhati musik Indonesia adalah sosok pertama yang tertarik untuk meluncurkan konsep album digital dari karya – karya lagu Pamungkas NM yang diberi judul ”Karya Emas Pamungkas NM”.

“Bagi saya keberadaan seniman musik yang menghasilkan karya – karya lagu seperti Pamungkas NM merupakan bagian dari semangat musik Indonesia dan Deteksi Production selalu ingin jadi bagian semangat musik Indonesia”, jelas Harry ‘Koko’ Santoso.

Ide peluncuran ”Karya Emas Pamungkas NM” kemudian didiskusikan oleh Harry ‘Koko’ Santoso dengan Pamungkas NM yang akhirnya disepakati untuk menggulirkan produk musikal ini dengan melibatkan beberapa musisi solois atau band pendatang baru berbakat tidak hanya yang berasal dari Jakarta melainkan juga dari berbagai penjuru daerah seperti Isabel Azhari dan Halus Lembut (Jakarta), Els Warouw (Lampung), Aliens Child (Bali), Dhina Theresia (NTT), Kinaya Band (Toraja) dan beberapa musisi nasional lainnya.

Menanggapi pertanyaan berkaitan dengan tolak ukur atau sistem kurasi terhadap pemilihan para musisi tersebut, Harry ‘Koko’ Santoso memberikan jawaban,

“Saya dan Deteksi tidak ada berpikir ada kurasi seperti itu, tolak ukur kita lebih kepada musik dan Lagu karya anak Indonesia saja, secara musikal tentu Deteksi bukan ahli nya, tetapi sebagai anak Indonesia Deteksi merasa sudah benar bahwa karya anak Indonesia tentu menjadi tanggung jawab Bersama”,

Proyek ”Karya Emas Pamungkas NM” ini nantinya akan melakukan proses rekaman dimana setiap musisi baik solois ataupun group band akan merekam 1 lagu hits lama milik Pamungkas NM dan 1 lagu baru ciptaan Pamungkas NM tentunya dengan gaya dan aransemen musik sesuai genre masing – masing musisi.

Tidak hanya sampai disitu, Harry “Koko’ Santoso yang juga merupakan eksekutif produser di album digital ”Karya Emas Pamungkas NM” ini punya konsep dan rencana lanjutan setelah album nya selesai,

“Rencana kedepan Deteksi akan berkolaborasi dengan musisi yang menyanyikan ”Karya Emas Pamungkas NM”, merencanakan konser mereka dan bahkan untuk memperkuat team digital dan team produksi proyek ini, Deteksi juga mengajak sahabat – sahabat yang punya semangat sama, seperti mas Fransiscus Eko dari Cadaazz Pustaka Musik dan mas Angga Foster dari Stoodio Indonesia”, terang Harry ‘Koko’ Santoso.

Baca artikel lainnya: Mengejutkan Deasy Ratnasari Tiba-Tiba Bicara Nggak Ada Umur

“Deteksi tentu punya semangat Konser untuk anak negeri tercinta dengan cara menggelar konser ”Karya Emas Pamungkas NM” dalam bentuk promo yang divisualisasikan juga lewat video konser dibeberapa daerah Indonesia”, tutup Harry ‘Koko’ Santoso

Sebagai penutup, Pamungkas NM mempunyai harapan khusus terhadap proyek album digital ini,

“Harapan saya semoga album “Karya Emas Pamungkas NM” berjalan lancar dan nantinya bisa menjadi acuan bagi generasi “Z” dalam bermusik khusus nya dalam menciptakan sebuah lagu yang disukai masyarakat sepanjang masa”,

“Terlebih lagi saya sangat berharap dengan adanya album “Karya Emas Pamungkas NM” ini, kita sebagai anak bangsa bisa lebih menghargai karya – karya anak bangsa Indonesia yang nantinya akan menjadi tonggak sejarah per-musik-an di seluruh belahan Bumi Pertiwi./Mik

No More Posts Available.

No more pages to load.