Pedangdut Mila Rosa Sukses Raih Gelar Doktor

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com – Nama Mila Rosa tentu sudah tak asing lagi bagi pecinta musik Indonesia. Apalagi di dunia musik dangdut, nama Mila Rosa tentu sudah sangat familier.

Lama tak muncul di dunia hiburan, rupanya penyanyi yang satu ini sedang fokus mewujudkan cita-citanya diluar hiburan, yaitu di dunia pendidikan. Baru baru ini Mila berhasil meraih gelar Doktor dari kampusnya UPI Y.A.I di Jakarta.

Apa yang dicapai Mila Rosa ini sungguh sangat menginspirasi banyak orang, terutama para penyanyi yang selama ini sibuk di dunia hiburan. Mila adalah salah satu dari yang sedikit penyanyi terutama penyanyi dangdut yang bisa meraih prestasi pendidikan hingga jenjang doktoral. Sebab umumnya seorang penyanyi seringkali bila sudah merasa nyaman di dunia hiburan, dirinya tak tertarik lagi untuk meraih gelar yang lebih tinggi di dunia pendidikan.

Ketika diwawancarai oleh awak media, apa yang mendasari Mila tertarik mengejar cita-cita di dunia pendidikan, ia pun mejelaskan.

“Ada beberapa hal yang mendasari saya kuliah lagi ya, salah satunya adalah karena kegiatan saya banyak berkecimpung dengan Instansi Pemerintahan, saya merasa begitu banyak yang harus saya pelajari terkait perkembangan segala hal yang begitu cepat, mulai dari Peraturan peraturan pemerintah, perubahan situasi ekonomi yang sgt fluktuasi, isu-isu yang berkembang lainnya,” terang Mila Rosa saat ditemui di Kawasan Mall Galaxi, Bekasi, pada Kamis (8/6/23).

Baca artikel lainnya: Indah Permatasari Akan Kembali Syuting Film Simanis Jembatan Ancol 2 Pasca Melahirkan

Lebih lanjut Mila menambahkan,” Tak hanya itu, saya juga merasa bahwa untuk mendidik anak2 saya, saya harus belajar lagi agar bisa menyeimbangkan perkembangan ilmu dan pelajaran2 yg ada pada anak saya. Dan krn saya Dosen, hal ini menjadi kewajiban buat saya untuk meng upgrade ilmu,” tambah Mila.

Mila juga menyebut bahwa untuk meraih gelar doktor ia menulis disertasi tentang munculnya Undang-undang Perpajakan tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan 2021 yang diresmikan oleh Presiden di bulan Oktober 2021, terkait terjadinya perubahan perkembangan dunia usaha akibat pandemi Covid 2020 lalu.

Ia juga meneliti adanya peraturan baru dari Pemerintah melalui HPP dari sisi Marketingya apakah ada pengaruh HPP ini dengan minat melaporkan pajak. Oleh sebab itu disertasinya pun diberi judul “Pengaruh Pengetahuan Pajak Pelaksanaan Pelaporan pajak dan Komunikasi Terhadap Nilai Pelayanannya Serta Implikasinya Pada Minat Melaporkan Pajak di KPP Cibitung”.

Bagaimana mengatur waktu antara karir dan sekolah/kuliah?

Sudah pasti bukan perkara mudah untuk bisa mengatur waktu antara berkarir di dunia hiburan dan dunia pendidikan. Mila mengaku kekurangan waktu, pinginnya dalam sehari bisa lebih dari 24 jam.

“Soal Mengatur waktu ini memang menarik, jika boleh dalam 1 hari waktunya lebih dari 24 jam. Karena pagi mesti ngurus anak-anak ke sekolah, lalu nyambung ngurus 2 lembaga yang saya naungi dan juga perusahaan saya sampai sore. Paraktis saya kehilangan banyak waktu untuk terus berkarir di dunia musik, tapi kalau ada job ya tetep kita split waktunya. Yang jelas kita harus pinter-pinter bagi waktu urus anak-anak, pekerjaan kantor, kuliah dan nyanyi,” kata pemilik nama asli Mila Rachmawati ini.

Secara historis jenjang pendidikan Mila Rosa memang sangat jelas, ia merampungkan sekolahnya di SDN Ciputra (Cipete Utara 011 Pagi, Kebayoran Baru) 1980-1986, lalu SMPN 13 Pagi (Tirtayasa , Kebayoran Baru) 1986-1989, kemudian melanjutkan sekolah di SMAS YPK WIJAYA (Wijaya, Kebayoran Baru) 1989-1992.

Baca artikel lainnya: Tiara Andini Gandeng Andmesh Kamaleng Rilis Single Baru Berjudul “Tega”

Untuk jenjang perguruan tinggi ia mulai dari kuliah di D3 UPN Veteran Jakarta (Pondok Labu, Jakarta Selatan) 1992-1995, kemudian S1 STIE Y.A.I (Kramat Raya, Jakarta Pusat) 1995-1998, lalu S2 juga di UPI Y.A.I dan terakhir S3 juga di UPI Y.A.I.

Usai meraih gelar Doktor selain terus mengajar dengan menjadi dosen Mila juga ingin menjadi peneliti di bidang Marketing.

“Setelah meraih gelar doktor, saya tetep masih pingin jadi dosen, selain itu saya pingin melakukan penelitian di bidang marketing, khususnya dalam hal pelayanan, karena begitu banyak yang harus di teliti terkait tentang hal pelayanan baik itu dalam hal meningkatkan kepercayaan dalam hal perpajakan, kesehatan, pendidikan, hukum, ekonomi, keuangan dan sebagainya mulai dari sisi regulasi, pelaksanaan, evaluasi, feedback dan lain-lain, yang semua berhubungan dengan Marketing Pelayanan,” tutup Mila./Mik.

No More Posts Available.

No more pages to load.