Saat ‘Tutuge’ Rekam Upaya Pengampunan, Jati Diri dan Penebusan Prilaku

oleh
oleh

VoiceMagz – Mendengar judul film ini, mungkin Anda belum familiar. Dalam bahasa Bali,  ‘Tutuge’ berarti perasaan seperti sedang diikuti makhluk halus atau jin.

‘Tutuge’ sendiri merupakan film horor thriller yang disutradarai Virlan W. Langgong dan dibintangi Rania Putrisari, Imelda Therrine, Rizky Anggono dan Ismi Melinda.

Film yang akan mulai debutnya di bioskop tanah air mulai 14 April 2022 ini coba mengangkat kearifan lokal masyarakat Bali dalam memperlakukan seseorang yang telah meninggal dunia.

“Film ini menjadi medium menyampaikan banyak pesan moral, mulai dari pengampunan, penemuan jati diri dan penebusan prilaku yang kita kemas dengan keindahan budaya Bali,” ujar Virlan saat gala premier film ini di Jakarta, Selasa (11/4).

Kisah di film ini berfokus pada sosok wanita bernama Ameera, penulis spesialis genre horor yang sedang berlibur ke Pulau Dewata untuk memecah kebuntuannya dalam mencari ide.

Berbagai peristiwa yang tak dapat dijelaskan secara logis satu persatu mulai terjadi pada Ameera, dimulai dari suatu kejadian di laut saat ia sedang surfing. Ia merasa seperti sedang ditarik ke dalam laut oleh sosok misterius.

Ia pun ditolong Ketut, yang akhirnya memperkenalkannya dengan Laras (Imelda Therrine) pemilik vila luas dengan nuansa tradisional namun seram. Laras memiliki sikap yang misterius dan ia sedang berniat menjual vila miliknya dengan alasan tertentu.

Sejak berada di vila, Ameera kerap melihat munculnya wanita dengan busana tradisional Bali berwarna merah. Wanita itu menari dengan indah, namun mengucapkan hal-hal yang membuat Ameera makin takut.

Ketakutan Ameera disikapi suaminya, Cokro dengan tidak simpati. Cokro malah menganggap Ameera gila karena selalu melihat hal yang tak dilihat orang lain.

Film ini diproduseri Tommy Indratama dan Rico Michael Bradley, sementara sutradaranya adalah Virlan W. Langgong merangkap sebagai penulis skenario.

Dan tak banyak yang tahu, walau baru rilis 14 April 2022 mendatang, film ini ternyata sudah memenangi tujuh penghargaan di bidang sinema, di antaranya World Film Carnival Singapore untuk kategori Best Horror Feature, Hollywood International Golden Age Festival kategori Best Intl. Feature Film, dan Best Cinematography pada Art Film Awards 2021.  NVR

No More Posts Available.

No more pages to load.