Sederet Artis Top Ramaikan Pulomas Fiesta dan Festival Kayu Putih

by -2,234 views

JAKARTA, VoiceMagz.com- Kebudayaan adalah salah satu identitas suatu bangsa, jika budaya itu punah maka hilang pula identitas bangsa itu.

Itulah kata kata yang sering kita dengar dalam konteks  menjaga, merawat dan menumbuhkembangkan sebuah  kebudayaan.

Karena budaya merupakan sebuah identitas suatu daerah atau suatu bangsa, maka Pemerintah Kota Jakarta Timur melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar sebuah festival kebudayaan bertajuk ‘Pulomas Fiesta dan Festival Kayu Putih’ yang akan digelar di area Pacuan Kuda Pulo Mas, Jakarta Timur, 27 dan 28 April mendatang.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya acara tersebut utamanya guna merangsang partisipasi masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta Timur untuk bersama-sama Pemkot Jakarta Timur merawat, melestarikan dan menumbuhkembangkan budaya yang menjadi identitas DKI Jakarta, utamanya identitas Jakarta Timur. Kekuatan tersebut diharapkan bisa menjadi daya tarik destinasi wisata di Jakarta Timur.

Dalam acara yang memadukan antara festival budaya, musik, wisata kuliner dan pameran multi produk ini, selain untuk menyedot perhatian generasi milenial, juga diharapkan menjadi magnet produktifitas dari segi seni budaya, perekonomian, industri kreatif dan bidang lainnya.

“Jakarta Timur ini wilayahnya paling besar diantara 5 wilayah kota yang ada di Provinsi DKI, areanya mencakup 29% dari keseluruhan wilayah DKI Jakarta, namun kita tidak memiliki mall atau tempat hiburan malam yang banyak seperti wilayah lain di selatan, pusat, utara atau barat. Oleh karena itu kami akan memaksimalkan kekuatan utama kami yaitu manusia dan kebubudayanya dalam mengaet destinasi wisata,” jelas Iwan Henry Wardhana, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan kebudayaan Jakarta Timur, saat ditemui di kantor Wali Kota jakarta Timur, Selasa (23/4).

Lebih lanjut Iwan menambahkan, Jakarta Timur memiliki banyak destinasi wisata di jakarta Timur, misalnya Kawasan Condet  yang terkenal dengan salak dan dukunya, kemudian St. Cornelius Catholic School di Jati Negara, kemudian Velodrome, Jakarta Indonesia Equestrian Park (JIEP)  dan lain lain. Bahkan, satu-satunya wilayah di DKI yang memiliki Bandar Udara.

Bukan hanya itu, setelah melalui pendataan, Jakarta Timur sejauh ini juga memiliki sekitar 267 sanggar yang tersebar di wilayah Jakarta Timur.

“Sebetulnya banyak sekali destinasi wisata dan kebudayaan yang ada di Jakarta Timur. Setelah melalui pendataan, kita memiliki 267 sanggar.  Kemudian di sekitar Condet saja kita memiliki  12 perguruan pencak silat tradisional diluar anggota IPSi (Ikatan Pencak Silat Indonesia),” jelas Iwan lagi.

Ketika ditanya lebih lanjut tentang kemasan acara Pulomas Festival dan Kayu Putih Festival ini akan seperti apa, Iwan menjelaskan jika kemasan budaya akan lebih diprioritaskan.

“Kita akan menampilkan pentas budaya yang akan diisi tokoh seniman Betawi yang ada di Jakarta Timur. Diantaranya Opi Kumis, Mpok Linda, Bang Ocit dan Bang Qubil dan 25 seniman Betawi lainnya. Mereka akan berkolaborasi dengan para seniman seniman muda. Selain itu ada juga pentas musik yang mewakili era milenial. Jadi dimodifikasi lah agar bisa menyasar ke anak-anak milenial,” jelas Iwan.

Dalam kesempatan yang sama Rama Yumatha atau lebih dikenal dengan nama Ome yang menjadi salah satu pengisi acara serta penggagas acara hiburan juga turut memberikan penjelasan.

“Selain tokoh Betawi yang sudah disebutkan tadi, ada pula pentas musik era sekarang, dimana akan tampil Roy Jeconiah (ex Boomerang), kemudian Steven Jam dan saya bersama Ome and The People, kemudian Well Willy (ex vocalis Slank), Reynold Senar gitar (ex guitaris Slank), Remedy Reunion, Nina Wang, Kirana dan lain-lain.  Karena acara ini salahsatunya untuk melestarikan budaya, maka saya, Roy dan Steven Jam akan berkolaborasi dengan tokoh tokoh Betawi yang disebut tadi,” jelas Ome.

Untuk memanjakan pengunjung dalam acara ini juga dipersiapkan fasilitas fasilitas berupa set meja-kursi yang kami tempatkan di setiap pelataran booth kuliner, spot photobooth, spot perpustakaan mini, mobil toilet dan lain lain.

“Dalam acara yang akan dibuka langsung Walikota M. Anwar SSI. MAP ini, selain menampilkan acara musik, kuliner dan pentas budaya Betawi, juga akan ada parade sepeda yang diikuti sekitar 300 peserta dari komunitas sepeda. Meraka akan bersepeda dengan pak Walikota,” jelas Sri Nurmanti, Koordinator Acara sekalius salah satu penggagas.

Jadi bagi warga Jakarta atau Jakarta Timur khususnya, mari kita berbondong-bondong ramaikan acara ‘Pulomas Fiesta dan Festival kayu Putih’ yang sarat dengan edukasi dan hiburan ini. /Irish

No More Posts Available.

No more pages to load.