SSE Rintis Rumah Kreator dan Animator Indonesia

by -1,033 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Sebagai langkah awal untuk memproduksi konten animasi karya Indonesia, Studio Shoh Entertainment (SSE) baru’baru ini memperkenalkan lima animasi asal Korea.

Kelima animasi ini adalah Hello Jadoo dari ATOONZ, Mini Force dari SAMG Animation, Go Go Dino dari Lotta Animation dan Mogozzi Studio, Carrie and Friends dari Carrie Soft Co. Ltd, dan FrienZoo dari Grafizix.co.

“Sebagai produsen animasi, kami bukan sekadar hanya membawa produk jadi, tapi kedepannya kita coba libatkan anak-anak muda Indonesia. Kami memang memulai bisnis kami dengan IP (intellectual property) Korea, tapi itu memulai dulu. Kemudian, tujuan kami adalah membuat IP sendiri, yaitu Indonesia untuk IP pasar dunia dari studio kami, lalu melakukan bisnis untuk pasar Indonesia dan dunia,” beber Seung Hyun Oh, President Director SSE di sela-sela Launching SHOH Studio di Jakarta, Kamis (29/8).

SSE pun telah melakukan tes pasar lewat penayangan di televisi, salah satunya lewat animasi Hello Jadoo di sebuah stasiun televisi swasta. Namun, karena berbenturan dengan regulasi baru dari stasiun TV tersebut, Hello Jadoo kini masih mencari medium lain untuk dapat tayang di Indonesia.

“Hello Jadoo sempat tayang di SCTV, itu share-nya cukup tinggi, pernah mencapai delapan. Acaranya jam 07.30 pagi cukup bagus. Cuma SCTV ganti dengan FTV karena di jam itu saingannya televisi lain yang tayangkan FTV,” ujar Rina Novita, CEO PT Digital Network Aesthetic (DNA) yang juga hadir dalam kesempatan ini.

Seung Hyun Oh menambahkan, selain memproduksi konten animasi, SSE rencananya dipersiapkan sebagai tempat belajar dan tempat bekerja para animator Indonesia memproduksi konten lokal. Yang terdekat, SSE tengah dalam pengembangan pembuatan animasi asal Indonesia dalam bentuk 3D.

“Tidak ada yang saya sembunyikan dari ilmu yang saya miliki. Semua saya bagi ke karyawan-karyawan saya,” beber pria yang telah bekerja di dunia animasi selama 28 tahun ini.

Berbekal pengalamannya di beberapa perusahaan Jepang, Korea, hingga Amerika Serikat di berbagai bidang produksi dan memimpin proyek animasi, ia ingin menjadikan SSE sebagai rumah baru bagi para kreator dan animator Indonesia.

Studio Shoh Entertainment masuk ke di Indonesia pada awal 2019 dan telah menampung ratusan anak muda Indonesia yang tertarik dalam dunia animasi.

Studio ini fokus memproduksi konsep hingga penyelesaian animasi 2D dan 3D, pengembangan karakter, pemberian efek visual, proses produksi, direction, hingga tahap post-production. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.