‘Down Swan’, Potret Anak Disabilitas Raih Mimpi-Mimpinya

oleh
oleh

JAKARTA, VoiceMagz.om – Tak mudah mengarahkan akting sejumlah anak berkebutuhan khusus untuk main di sebuah film. Apalagi saat mereka menjadi tokoh sentralnya.

Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri dari film drama keluarga ‘Down Swan’. Film besutan perdana rumah produksi Adiksi Film ini dibintangi Haifa dan Andika, dua anak berkebutuhan khsusus alias down sindrom.

“Pertama kami harus saling mengenal terlebih dulu sejak audisi. Audisi pun dilakukan secara khusus pula, sehingga perlu waktu yang lebih lama bilang dibandingkan dengan anak biasa. Mereka juga perlu waktu lebih lama untuk menghafal dialog karena harus dibacakan,” cerita sang sutradara, Fuad Akbar saat peluncuran trailer film ini di Jakarta, Senin (10/11).

Film yang akan tayang di awal 2019 ini memang fokus pada potret cinta dan pengorbanan yang luar biasa dari orangtua terhadap cita-cita anaknya yang berkebutuhan khusus.

“Semua anak-anak berhak mengejar mimpinya, tinggal bagaimana orangtuanya untuk ambil bagian dalam mendukung cita-cita anaknya. Itulah inti cerita dari film ini,” jelas Fuad lagi.

Para pendukung film ‘Down Swan’.

Dalam film ini, tantangan juga didapat Ariyo Wahab. Ia harus mampu memerankan seorang suami sekaligus bapak yang sabar menghadapi kekurangan yang dihadapi keluarganya, termasuk menghadapi kenyataan bahwa anaknya menyandang disabilitas.

“Karakteristik tokoh Bisma yang aku perankan sangat sabar sekali, kalau aku kayaknya nggak sesabar itu. Bisma ini sangat hebat punya karakter seperti itu,” tutur Ariyo.

Fuad menambahkan, film yang mengambil setting lika-liku keluarga yang pas-pasan ini diharapkan mendapat apresisasi masyarakat.

“Ini juga sebagai wujud kepedulian tentang kaum disabilitas,” ucapnya.

Selain Haifa, Andika dan Ariyo Wahab, film berkategori untuk segala umur ini juga didukung oleh Putri Ayudya, Arina Dhisya dan sejumlah pemain lainnya. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.