Ternyata Ini Manfaatnya Daun Jati Pembungkus Nasi Jamblang

oleh
oleh

CIREBON, VOICEMAGZ – Nasi jamblang merupakan kuliner khas dari Cirebon, Jawa Barat. Jamblang merupakan nama salah satu kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dijelaskan jika nasi jamblang sejatinya tak jauh berbeda dengan nasi rames pada umumnya. Perbedaan yang mencolok adalah nasi khas Cirebon ini dibungkus dengan daun jati.

Penyajian nasi jamblang ini menggunakan prasmanan. Penikmat kuliner ini bisa memilih langsung lauknya. Menu yang tersedia, antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar, telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu, dan tempe.

Baca artikel lainnya: Rumah tangga Ria Ricis dan Teuku Rian Baik-baik Saja

Daun jati dipilih sebagai pembungkus nasi jamblang karena daun jati bertekstur kasar dan tidak mudah sobek. Tekstur itu membuat nasi yang sudah dibungkus tidak akan cepat basi walaupun terbungkus dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, para pekerja yang berasal dari wilayah Selatan Cirebon seperti Sindangjaya dan Cisaat menjadikan daun jati ini sebagai pelindung kepala di saat panas terik.Daun jati juga digunakan sebagai pembungkus tempe di beberapa daerah.

Baca artikel lainnya: Ungu Kolaborasi dengan Siti Nurhaliza Rilis Video Musik ‘Di Ujung Hari,

Daun jati yang digunakan sebagai pembungkus nasi jamblang atau tempe itu miliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Di dalamnya mengandung senyawa kimia, seperti guercetin, saponin, dan tanin yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, saponin sangat baik untuk menjaga tekanan darah agar tidak tinggi atau tidak menimbulkan hipertensi./Gem

No More Posts Available.

No more pages to load.