Usai Dinyatakan Gratifikasi, Presiden Jokowi Beli Album Metallica

by -1,360 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Masih ingat hadiah deluxe box set album Metallica yang berjudul ‘Master of Puppets’ yang diberikan Perdana Menteri (PM) Denmark, Lars Lokke Rassmussen kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor pada 28 November 2017 lalu?

Usai menerima hadiah album dalam bentuk vynil itu, Presiden Jokowi melaporkan dan menyerahkannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 7 Desember 2017 karena KPK menilai hadiah barang tersebut termasuk gratifikasi. KPK menetapkan hadiah itu menjadi milik negara melalui SK Nomor 219 Tahun 2018 tanggal 31 Januari 2018.

Dan kini, Presiden Jokowi membayar box set piringan hitam grup musik Metallica tersebut seharga Rp11 juta.

“Presiden Jokowi bersedia mengganti barang tersebut dengan uang. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku terkait gratifikasi,” kata juru bicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (20/2).

KPK pun mengapresiasi pelaporan gratifikasi yang dilakukan tersebut.

“Ini adalah contoh positif yang sepatutnya diikuti oleh seluruh pegawai negeri dan penyelenggara negara,” kata Febri.

Menurut dia, poin utama sebenarnya bukan pada jumlah uangnya, tapi contoh konsisten yang dilakukan oleh Presiden Jokowi, yakni kehati-hatian yang tinggi untuk mencegah korupsi dari hal kecil.

“Uang pengganti barang berupa piringan hitam kelompok musik Metallica telah diterima KPK. Jumlahnya Rp 11.079.019,” kata Febri.

Hal itu, menurut, Febri mengacu pada Peraturan KPK Nomor 6 Tahun 2015 Pasal 12 ayat 6. Pada aturan itu berbunyi: “Dalam hal gratifikasi berbentuk barang, KPK dapat meminta penerima gratifikasi untuk menyerahkan uang sebagai kompensasi atas barang yang diterimanya sebesar nilai yang tercantum dalam Surat Keputusan Pimpinan dengan tata cara penyerahan sebagaimana diatur pada ayat (5) huruf a”.

Untuk diketahui, album eksklusif itu ditandatangani langsung oleh drummer band Metallica, Lars Ulrich. Ulrich pun sempat berkomentar soal pemberian hadiah istimewa itu kepada Jokowi dalam akun Instagram miliknya.

“Ini keren… Saya menandatangani sebuah box set MOP (Master of Puppets) untuk Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen untuk diberikan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo, yang terkenal sebagai penggemar berat musik rock dan menemui kami di Jakarta pada 2013… musik benar-benar menghubungkan orang!!! ???????????????? @larsloekke @ jokowi #masterofpuppets,” tulisnya. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.