VOCAL WORKSHOP PART # 1

by -2,796 views

AMIROEZVokal yang berasal dari kata Vox dalam bahasa latin yang berarti suara , dalam hal ini yang kita maksud adalah suara manusia yang merupakan salah satu instrument yang unik dan tertua dalam sejarah kebudayaan manusia karena merupakan instrument alami yang bagian – bagiannya terdapat pada tubuh manusia yang kemudian disebut sebagai organ-organ suara

Semua instrument termasuk Vokal layaknya mempunyai tiga unsur , yaitu sebagai sebuah generator ( penggerak ) , sebagai sebuah vibrator atw sumber getaran sekaligus menjadi sebuah resonator atau ruang bunyi .
Sebagai contoh suara kita dihasilkan dari kekuatan udara dari dalam paru – paru sebagai generator yang mendorong pita suara ( sebagai vibrator ) bergerak / bergetar .
Dengan bergetarnya pita suara tersebut maka timbulah bunyi atau suara . Bunyi atau suara tersebut kemudian diolah dan dibentuk didalam ruang – ruang resonance antara lain yaitu tenggorokan , rongga mulut dan rongga hidung serta langit – langit mulut sebagai resonator .

Adapun didalam prosesnya , sebuah bunyi dalam hal ini adalah bunyi nada yang dihasilkan oleh seorang penyanyi atau vokalis selayaknyalah mempunyai kemampuan sebagai articulator yang baik dengan mengetahui cara atau teknik bagaimana mengatur posisi dan bentuk mulut , bibir , lidah dan gigi dalam melafalkan kata – kata bernada baik huruf –huruf hidup / vokal ( vowel ) maupun huruf – huruf mati atau konsonan .
Kekuatan udara dalam menghasilkan bunyi nada dan pengendalian inflow ataupun outflow ( pengendalian pernapasan ) memerlukan yang baik dari organ –organ yang mendukungnya seperti paru- paru , diphragma , tulang rusuk rusuk dan otot –otot yang menghubungkannya .

Seringkali terjadi masalah dalam konteks ini yaitu ketidakmampuan seseorang untuk melakukan pernapsan dan pengaturannya dengan baik . Maka dari itu betapa pentingnya untuk seorang penyanyi atau pengolah vokal terutama pada para pemula untuk mempunyai kemampuan tersebut karena hanya dengan menguasai dan mengendalikannya maka seseorang dapat menghasilkan bunyi nada atau suara yang berkualitas didukung dengan teknik – teknik yang lain untuk berolah vokal .
Karena itulah kita tempatkan bahasan tentang pernapasan pada sesi awal dari Vokal Workshop ini mengingat begitu pentingnya mengetahui dan menguasai teknik pernapasan dengan baik sebelum melangkah ke bahasan selanjutnya . Namun sebelumnya terlebih dahulu kita mengenali oragan –organ suara , fungsi serta mekanismenya dalam menghasilkan bunyi .

Pengadaan bunyi

Dalam sesi ini kita akan bicarakan terlebih dahulu mengenai organ –organ suara yang menunjang dalam pengadan bunyi

Pangkal tenggorok atau larynx terdiri atas tulang rawan , ikatan sendi , otot otot dan selaput ingus .Pita suara posisisnya ada pada pangkal tenggorok dan terdiri atas tulang rawan arythenoids , thyretenoid ikatan sendi dan selaput yang diaktifkan oleh syaraf perintah dari otak sehingga menjadi sumber bunyi .

Kita dapat merasakan bahwa pita suara bergetar apabila kita letakkan atau tempelkan jari – jari kita pada pangkal leher kita dimana didalamnya adalah pangkal tenggorok . Dengan menyanyikan ‘Aaa’ pada nada tinggi maka akan kita rasakan getaran pada jari kita dan dibalik itulah letak pita suara kita berada .
Disekitar pita atau selaput suara itu bagian atas terdapat rongga tekak , rongga mulut dan rongga hidung . Dibagian bawahnya terdapat rongga dada dan rongga perut .
Udara yang dialirkan dari paru –paru melalui pipa udara atau windpipe / batang tenggorok menuju pada larynx / pangkal tenggorok dimana letak pitak pita suara berada maka akan terjadi getaran pada selaput suara sehingga menimbulkan bunyi .

Ada dua macambunyi yang ditimbulkan dari bergetarnya selaput suara ini yaitu bunyi desah dan bunyi nada . Bunyi desah itu semacam letupan kecil pada selaput suara karena adanya dorongan dari udara yang mengalir dari dalam paru – paru melalui pipa udara / windpipe
Adapun frekuensi dari bunyi desah ini tidak teratus karena selaput suara meregang tidak merata oleh sebab dorongan udara dari dalam paru – paru tidak begitu kuat dan terukur .
Bunyi desah ini adalah seperti yang kita dengar dalam sebuah percakapan biasa , sedangkan yang disebut Bunyi Nada adalah bunyi yang dihasilkan karena regangan pada selaput suara merata dan seimbang dikarenakan oleh dorongan udara dari dalam paru – paru mempunyai kekuatan yang terukur serta teratur sehingga frekuensi getaran dari selaput suara pun teratur pula
Bunyi nada yang dimaksud adalah seperti yang kita dengar dalam sebuah nyanyian .

Kemudian untuk mendapatkan suara yang baik dan nyaman didengar dalam bernyanyi , Bunyi Nada tersebut masih harus diolah dan di”warnai” dalam ruang –ruang resonance .
Dalam ruang – ruang resonance inilah bunyi atau suara diolah , diperkeras dan di “warnai” dengan teknik – teknik olah vocal sehingga menghasilkan Bunyi Nada atau suara yang lebih indah
Alat – alat pernapasan yang terdiri dari paru – paru dan bagian – bagiannya emmpunyai gelombang yang jumlahnya berjuta – juta berhub ungan dengan cabang – cabang saluran udara yang disebut pipa udara / windpipe ( Bronchi ) yang berujung pada Larynx atau pangkal tenggorok .

Alat motorik atau alat penggerak seperti otot – otot perut , otot – otot sekitar pinggang , diaphragma berfungsi sebagai penggerak dari proses pernapasan kita yang mendukung dalam pengadaan bunyi . Untuk dapat emnghasilkan bunyi terutama Bunyi Nada yang berkualitas maka seseorang harus bekrkemampuan dasar pernapasan yang baik dan benar . Bahasan selanjutnya nanti akan dimulai dari teknik – teknik pernapasan

Berikut adalah organ – organ suara yang kita miliki

1. Rongga hidung                                       VOCAL
2. Langit – langit
3. Hidung
4. Gigi atas
5. Gigi bawah
6. Lidah
7. Langit – langit lunak
8. Rongga tekak
9. Katup tenggorok
10. Pangkal tenggorok
11. Selaput suara Batang tenggorok / windpipe
12. Rongga mulut

 

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.