7LANGKAH AGAR LOLOS AUDISI

by -1,238 views

indo idol Oleh: Agus Setiyadi

Tahun 2009, saat Kevin Skinner, seorang petani asal Kentucky memasuki panggung dan duduk untuk menjawab pertanyaan para juri America’s Got Talent yang terdiri dari David Hesellhorf, Sharon Osbourne, dan Piers sontak membuat juri dan penonton tergelak. Ini lantaran Kevin menceritakan bahwa dirinya adalah petani “pengangguran” yang pekerjaannya menangkap ayam selama tujuh tahun. Dengan tampang yang lusuh dan gaya bicara bak orang mabuk, profesi tersebut memang melekat kuat dalam dirinya.

Namun, dalam hitungan detik, tatkala juri mempersilakan Kevin bernyanyi, juri dan penonton pun mendadak terdiam. Lirik tembang “If Tomorrow Never Comes” yang pernah dinyanyikan Garth Brooks dan sempat dipopulerkan kembali Ronan Keating secara perlahan, tapi pasti keluar dari mulut Kevin “mendiamkan” juri dan penonton hingga lirik usai. Hasilnya, tepuk tangan memenuhi gedung. Beberapa bulan kemudian, tepuk tangan yang lebih meriah mengiringi Kevin tatkala ia dinobatkan sebagai pemenang pertama America’s Got Talent season keempat dan berhak memperoleh uang tunai sebesar 1 juta dolar Amerika.

America’s Got Talent hanya salah satu ajang pencarian bakat. Diluar itu, masih ada sederet ajang seperti X faxtor, American Idol. Dua yang ajang terakhir semakin mendunia karena muncul di berbagai di puluhan negara, termasuk di Indonesia. Semua ajang tersebut diawali dengan audisi.

Audisi merupakan proses yang harus dilalui siapa saja yang ingin terjun di dunia musik atau hiburan. Tak jarang, seseorang harus menjalani audisi hingga beberapa kali bahkan puluhan kali untuk memperoleh apa yang diharapkan. Setiap penyanyi yang saat ini Anda kenal, umumnya juga melalui tahapan ini. Sejatinya, sikap optimis senantiasa dijaga saat proses audisi berjalan selain tetap tampil percaya diri seperti yang ditunjukkan Kevin walaupun sempat ditertawakan juri dan penonton saat ia menceritakan keseharian dirinya. Untuk para pemula, Anda bisa melakukan langkah-langkah ini.

1. Pastikan info audisi yang Anda peroleh akurat
Hal ini penting agar Anda terhindar dari pihak-pihak “nakal”. Selain itu, dengan informasi yang akurat, Anda pun bisa menyiapkan mental sehingga bisa menghindari kesalahan yang tidak perlu.

2. Berpakaian wajar dan sopan.

3. Datang epat waktu atau sebelum waktu audisi

4. Bersikap santun

5. Percaya diri dan tenang
Dengan percaya diri diiringi ketenangan, Anda dapat menunjukkan sekaligus mengeksplorasi kemampuan semaksimal mungkin.

6. Berikan yang terbaik, jaga stamina dan mood
Dengan kemampuan yang Anda miliki lakukan yang terbaik. Hindari rasa malu yang tak perlu (selama itu tidak menyalahi norma, agama, dan kesusilaan) saat harus menunjukkan kemampuan Anda dalam audisi.

7. Jangan putus asa dan jaga rasa optimis
Tidak lolos audisi tak jarang membuat kesal. Namun, jangan putus asa. Teruslah mencoba dan meningkatkan kemampuan seraya memelihara rasa optimis dan tetap mengevaluasi diri.

Selamat mencoba!
Foto: Istimewa

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.