Batavia Music Company Gandeng Deteksi Production dan Timeless Gelar Koplo International Sound Sensation

by -28 views

Jakarta, Voicemagz.com- Seiring perjalanan waktu, musik Koplo yang telah mengakar di masyarakat Indonesia bisa diracik menjadi hidangan musik layaknya K-Pop dari Korea Selatan. Koplo atau Dangdut Koplo memiliki ciri khas sebagai musik joget, boleh jadi musik ini menjadi musik joget asli Indonesia yang  terbesar di Asia Tenggara.

Sejak kemunculannya di awal 2000an, musik Koplo menjadi warna baru diantara  musik Dangdut Klasik yang telah lebih dulu ada. Meskipun secara akar, musik Dangdut Koplo berasal dari dangdut klasik.

Musik ini besar dengan cara bergerilya dari pentas hajatan ke pentas hajatan yang lain, dari pinggiran kota hingga pedesaan. CD/VCD bajakan saat itu adalah sebuah media publikasi yang membuat Koplo dikenal di seluruh Indonesia.

Koplo berawal dari kota-kota kecil di provinsi Jawa Timur, seperti kawasan industri kota Sidoarjo. Ini mungkin adalah sikap pembangkangan atas pakem musik Dangdut Klasik atau sekedar menciptakan hiburan yang cocok bagi kelas buruh pabrik atau pekerja kasar.

Koplo adalah sebuah cara dalam membawakan sebuah lagu, lagu apa saja bisa “di-koplo”. Band dangdut koplo membawakan lagu- lagu dari berbagai genre dan fleksibilitas ini mencerminkan kreativitas seniman koplo.

Oleh karena musik koplo sejatinya telah bisa menembus berbagai macam lapisan masyarakat secara menyeluruh sampai menembus kalangan millennial urban, maka BATAVIA MUSIC COMPANY selaku perusahaan yang bergerak di industri musik dan hiburan tanah air bermaksud untuk memperkenalkan sebuah konsep acara ajang pencarian bakat solois dan group musik amatir yang eksis diranah koplo untuk dibawa memasuki industri musik Indonesia secara professional.

BATAVIA MUSIC COMPANY yang juga merupakan sebuah label rekaman musik Indonesia dan tercatat berada satu payung dengan perusahaan film BATAVIA PICTURES ini menggandeng dua pihak terkait yaitu DETEKSI PRODUCTION sebagai team produksi acara dan Pihak TIMELESS sebagai publisher untuk Bersama – sama menggelar acara pencarian bakat bertajuk “KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION” atau disingkat KISS KOPLO.

“KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION” hadir untuk mendeklarasikan musik Koplo sebagai musik identitas rakyat Indonesia. Rangkaian KISS akan diawali dengan ROAD TO KISS KOPLO dari Barat menuju Timur di 100 kabupaten dan kota, sedangkan Big Bang event nya sendiri akan digelar pada 2023 depan di Jakarta dengan dihadiri oleh 11 grup Koplo dari Asean (apalagi ada moment dimana Indonesia melalui Bapak Presiden Jokowi sekarang ini didapuk menjadi ketua Asean ) ditambah 1 partisipan dari Eropa, 1 Amerika, 1 Australia serta 1 perwakilan dari Timur Tengah. Kehadiran dari para partisipan negara – negara sahabat ini diharapkan dapat membawa musik koplo sebagai sebuah identitas musik yang dapat bersaing pada level nasional dan level internasional” jelas Harry Koko dari Deteksi Production di Jakarta pada Rabu (23/11/22).

Sebelum memasuki gelaran big bang “KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION” di tahun 2023 Acara Kiss Koplo akan menggelar pre event yang dinamakan ROAD TO KISS KOPLO, yang mana acara ini akan menyeleksi seluruh peserta atau partisipan dari 300 kabupaten kota yang mendaftar melalui website www.kisskoplo.com dengan menyertakan link video youtube mereka untuk mendapatkan 5 Finalis / hasil seleksi dari setiap kabupaten kota.

5 Finalis setiap kabupaten kota ini kemudian akan tampil secara live di venue yang telah di pilih oleh penyelenggara disetiap kabupaten kota sambal dibuatkan konten yang masing – masing finalis akan tampil menyanyikan Lagu ber-genre koplo dan langsung di Shooting untuk menghasilkan video konser (video konser tersebut akan kita jadikan konten you tube). Konten you tube dari 5 finalis setiap kabupaten kota sendiri akan diproduksi dengan kualitas standart broadcast / shooting oleh tenaga professional. ROAD TO KISS KOPLO sendiri akan direncanakan berjalan selama 7 bulan kedepan.

Koplo adalah sebuah identitas, sebuah jati diri, sebuah ekspresi keeksotisan. Semua emosi kesedihan, kesenangan, keteraturan, kesemrawutan, kehormatan, keragaman dan persatuan rakyat Indonesia. Semua dirangkum menjadi sebuah musik perayaan, musik pelepasan, musik persatuan, musik yang bercerita dan mewakili tentang kehidupan masyarakat Indonesia.

Koplo adalah cerita tentang cara hidup orang Indonesia, bahwa hidup adalah kesederhanaan yang jika dinikmati bersama adalah sebuah kebahagiaan tertinggi. Koplo adalah musik identitas rakyat Indonesia. Koplo adalah Indonesia. Koplo adalah kita, oleh karena itu melalui acara ROAD TO KISS KOPLO diharapkan akan bermunculan talent-talent koplo dari daerah yang memiliki potensi besar dan tampil di Ibu Kota Jakarta pada “KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION 2023”./Irish

No More Posts Available.

No more pages to load.