Diklaim Aman, Inilah Chatbot Pertama Pembayaran Zakat

by -2,612 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Tren penggunaan teknologi di bidang keuangan membuka kesempatan masyarakat dengan mudah menjalankan kehidupannya. Atas alasan inilah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan terobosan baru lewat asisten virtual zakat pertama di Indonesia. Aplikasi ini pun dijamin keamanannya.

“Aplikasi ini kita lihat masih aman, karena untuk pembayaran zakat dan bukan untuk penyaluran,” ujar Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta di Jakarta, Jumat (25/5) .

Bekerja sama dengan PT Artina Digitama Indonusa (Artdigi), BAZNAS mengenalkan chatbot yang diberi nama Zaki ini kepada masyarakat.

Awalnya chatbot ini diberi nama Robot Zakat. Namun, namun nama tersebut ditentang oleh beberapa pihak karena dianggap terlalu benda. Dan belakangan terpilihlah nama Zaki.

Saat ini, Zaki baru tersedia pada aplikasi LINE. Namun dalam waktu dekat juga akan tersedia pada aplikasi perpesanan milik Facebook, Messenger dan Whatsapp (WA).

“Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dikembangkan pada aplikasi ini untuk tanggap dalam merespons pengguna dalam melakukan transaksi, mendapatkan informasi, sampai berinteraksi. Jadi Zaki bisa semakin pintar,” kata Direktur Eksekutif Artdigi, Ari Lastina.

Saat ini, Zaki dirancang untuk membantu masyarakat dalam menunaikan zakat. Anda cukup bicara kepada Zaki, zakat apa yang ingin dilakukan. Secara otomatis robot ini akan menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan. Tahap terakhir adalah transfer ke rekening yang sudah disediakan BAZNAS.

“Ke depannya, chatbot ini akan membagikan informasi mengenai lokasi masjid terdekat, alarm jadwal salat, dakwah sampai penggalangan dana terjadinya bencana alam,” imbuh Ari.  (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.