‘6,9 Detik’ Kisahkan Perjuangan Atlet Panjat Dinding Dari Zero to Hero

by -68 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Film yang berkisah tentang kehidupan nyata selalu hadir mewarnai perjalanan industri film Indonesia, baik yang berkisah tentang kisah sedih yang haru biru, maupaun yang berkisah tentang  kesuksesan atau prestasi.

Kisah  nyata sebetulnya lebih menarik untuk diangkat ke layar lebar, karena bertutur tentang kejadian yang sebenarnya. Oleh karena itu dalam penyajiannya harusnya tidak petlu banyak polesan yang justru akan mengaburkan kisah nyata itu sendiri.

Sutradara yang juga sekaligus aktris Lola Amaria rupanya menjadi salah satu yang tertarik mengangkat kisah nyata. Oleh sebab itu melalui film terbarunya yang berjudul ‘6,9 Detik’, Lola ingin menyajikan bagaimana kisah seorang atlet panjat tebing Aries Susanti Rahayu dari zero to hero.

Seperti kita ketahui, Aries Susanti Rahayu tadinya bukan siapa-siapa. namun berkat raihan medali emasnya diajang Asian games 2018 kemarin dan meraih juara dunia di IFSC World Cup 2018 di Chongqing, di China, nama atlet wanita panjat dinding  langsung dikenal masyarakat luas.

Aries atau kerap disapa Ayu ini adalah seorang  wanita dari keluarga yang sangat sederhana. Perjuangan hidup serta usahanya meraih prestasi layak jadi contoh generasi milenial saat ini untuk tidak gampang menyerah. Oleh karena itu Lola Amaria begitu tertarik untuk mengangkat kisah hidupnya ke layar lebar, yang kemudian film tersebut ia beri nama ‘6,9 Detik’.

Dalam kesempatan jumpa pers saat Film Screening di XXI Epicentrum Jakarta, Lola menjelaskan awal mulanya ia menggarap film tersebut.

“Awalnya ada tawaran dari FPTI untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang cabang olahraga panjat tebing. Kebetulan Indonesia baru saja memecahkan rekor di Asian Games dan tingkat dunia. Ternyata atlet berprestasi ini adalah seorang wanita, jadi kebetulan sekali,” jelas Lola di Press Screening film ‘6,9 Detik’ di Jakarta (18/9).

Lebih lanjut Lola menambahkan, “Di balik prestasinya itu, Ayu berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Ia ingin membuktikan, di tengah keterbatasan, apabila berusaha sungguh-sungguh, pasti akan meraih kesuksesan,” tambah Lola, yang juga mengaku terhanyut dalam perjalanan kisah hidup Ayu.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ayu juga memberikan penjelasan tentang apa yang menjadi jalan cerita di film sema persis dengan kehidupan nyata. Salah satunya keinginan untuk selalu menang, tak putus asa dan terus berjuang jadi modal kesuksesannya.

“Ini perjuangan buat ibu. Walau kurang perhatian dari ibu karena jadi TKI di Arab Saudi tapi saya bisa meraih cita-cita. Semoga film ini bisa menginspirasi, ambil yang positifnya. Negatifnya jangan,” ujar wanita asal Grobokan, Jawa Tengah yang dijuluki Spiderwoman ini.

Film garapan Lola yang bekerjasama dengan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI)  dan syarat motivasi ini akan tayang di bioskop mulai tanggal 26 September mendatang.

Dipilihnya judul ‘6,9 Detik’ adalah diambil dari pencapaian terbaik Ayu saat memecahkan Rekor Dunia panjat tebing pada ajang Asian games tahun kemarin.

Film ini memang bukan film pertama yang menceritakan kesuksesan perjalanan seorang atlit meraih sukses. Sebelumnya ditahun 80 an juga pernah ada film Liem Swee King seoarng atlet bulutangkis yang terkenal dengan jump smash (King Smashnya).

Namun demikian film ini tetap akan banyak diminati oleh masyarakat karena basic-nya adalah kisah nyata./Irish