Kamila Batavia Rilis Debut ‘Berakhir dan Berlalu’ Ciptaanya Sendiri

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com – Penyanyi dan pencipta lagu indie Kamila Batavia yang berdomisili di Hamburg, Jerman, menyulap luapan emosinya ke dalam lirik puitis dan melodi yang elok ke dalam single perdananya, “Berakhir dan Berlalu“.

Kamila Batavia memiliki persona yang nyentrik, mengajak pendengar lagunya untuk kembali ke era Baroque dan Kontemporer melalui visualnya dilandasi oleh motto when paintings come to life.

Lagu “Berakhir dan Berlalu” yang ditulis sendiri oleh Kamila Batavia menceritakan tentang ketabahan hati seseorang yang dikhianati oleh pasangannya dan bagaimana ia memahami dan merasakan situasi tersebut.

Kamila Batavia menginterpretasikan 5 Stages of Grief (Fase-Fase Emosi dalam Berduka) ke dalam lagu yang berdurasi 4 menit 13 detik tersebut, dimana dari awal verse hingga outro terbentuk sebuah cerita perjalanan berduka. Menurut penyanyi berumur 25 tahun ini, keterbukaan dalam seni adalah salah satu elemen penting untuk menyentuh hati pendengarnya.

Secara impresionistik, Kamila Batavia ingin menonjolkan nuansa maritim di lagu ini karena kota pelabuhan dimana ia tinggal, Hamburg, Jerman, adalah inspirasi dari terciptanya lagu Berakhir dan Berlalu. Itulah alasan mengapa lagu ini tak hanya menampilkan musik orkestra dan harmoni vokal sebagai karakteristik chamber/baroque pop namun juga progresi chord yang unik dan langka di musik pop—mendekati progresi chord Debussy.

Single yang dirilis secara independent ini diproduseri dan diaransemen oleh Faizal Saputra, seorang produser dan audio engineer yang Kamila Batavia temui saat ia menjadi opening act konser band Indonesia teratas di Indra Musikclub, Hamburg bulan Oktober 2023 lalu.

Kamila Batavia yang tak hanya berprofesi sebagai musisi namun juga seorang pekerja kantoran di salah satu agensi marketing internasional di Jerman berharap pendengarnya dapat pulih dari luka lama yang tak kunjung tertutup dengan berusaha menerima kenyataan secara perlahan.

“Waktu adalah penyembuh luka terbaik. Aku harap lagu ini dapat mengiringi perjalanan berduka pendengarnya,” ujarnya./Mik.

No More Posts Available.

No more pages to load.