Kiki Fatmala Wafat Usai Berjuang Melawan Kanker

oleh
oleh

JAKARTA, VOICEMAGZ.com – Artis senior Kiki Fatmala tutup usia pada Jumat (1/12) karena komplikasi akibat kanker di usia 56 tahun.

Walau pihak keluarga tak detil menceritakan kanker yang diderita Kiki, namun aktris kelahiran 14 Agustus 1967 ini pernah blak-blakan mengenai kondisi kesehatannya kepada publik.

Lewat unggahan di media sosial tahun lalu, ia cerita sudah divonis kanker paru-paru stadium 4 sejak 2021.

Kiki mengungkapkan vonis pada November 2021 itu benar-benar mengubah kehidupannya. Kiki menyadari tiada hal yang sama lagi dalam hidupnya setelah mengetahui penyakit itu.

“19 November 2021 hari di mana semuanya berubah. Itu adalah hari di mana saya didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium IV,” tulis Kiki pada April 2022.

Foto lainnya menunjukkan Kiki dalam balutan baju khas pasien rumah sakit saat hari pertama menjalani SABR treatment, kemudian ketika ia beberapa kali menjalani immunology dan kemoterapi.

Dalam unggahan tersebut, ia juga mengatakan kondisi kesehatan tersebut merupakan perjalanannya mendapatkan mukjizat dan mengajarkannya menghargai setiap momen kehidupan.

Beberapa bulan setelahnya, Kiki juga bercerita langsung mengenai kondisi kesehatan dan proses penyembuhan yang ia jalani. Pesinetron itu ungkap kanker di paru-parunya sudah berukuran besar dan menyebar.

Didampingi suami, Kiki akhirnya terbang ke Singapura untuk melakukan penyembuhan dengan metode radiasi.

Kiki juga mengaku menyiapkan surat wasiat setelah divonis kanker paru-paru stadium 4 oleh dokter. Keputusan itu ia ambil setelah berbincang-bincang dengan suaminya, Christopher.

Bintang sinetron ‘Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2’ ini pun mendatangi notaris untuk siapkan surat wasiat.

“Sempat tuh dua hari kami nangis, mata kita sampai bengkak. Terus dia (suami) bilang, ‘Kamu harus pikirin juga untuk bikin surat wasiat,’” kata Kiki saat menjadi tamu program FYP Trans7 pada November 2022.

“Terus bikin surat wasiat. Aku sudah bikin semua di notaris. Aku juga nggak punya anak, tapi suamiku bilang biasanya orang kalau meninggal yang diributin harta. Semua baiknya ditulis di notaris,” jelasnya.

Selain itu, Kiki bercerita juga pernah terpapar Covid-19 saat masih menderita kanker paru-paru. Hal tersebut membuat Kiki menjadi sangat lemas hingga sempat jatuh di kamar mandi.

“Aku itu yang lemas badan waktu kena Covid, lemas banget. Sampai aku ke kamar mandi itu jatuh, jatuhnya itu lemas dan sini (dahi) aku kena ubin. Tiga hari itu di dahi aku biru,” ucap aktris 52 tahun itu.

Ia pun mengungkapkan kondisi membaik setelah jalani perawatan sekitar enam bulan. Namun, keluarga kini mengungkapkan Kiki Fatmala meninggal dunia akibat komplikasi. Hal itu membuat keluarga minta kepada semua pihak untuk berikan privasi.

Pemakaman atau acara penghormatan terakhir bagi Kiki Fatmala dinyatakan tertutup, hanya akan dihadiri keluarga dan orang-orang terdekat. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.