Kolaborasi Dengan Bagus NTRL, Edane Rilis “Si Bangsat”

by -1,286 views

Jakart, Voicemagz.com- Tak Biasa, itulah yang dilakukan band Edane kali ini dalam  perilisan single terbarunya “Si Bangsat” yang diluncurkan pada Senin  3 Agustus 2020 sore.

Dalam rentang karirnya selama 28 tahun berkiprah  di industri musik Indonesia, Edane masih terus menunjukkan eksestensinya dengan merilis album maupun single, serta tampil di beberapa acar konser lokal.

Diawal bulan sakral bagi bangsa Indonesia yaitu bulan Agustus 2020 ini  Edane merilis single terbarunya yang berjudul ‘ Si Bangsat’ (Terserah Loe). Ada yang tak biasa memang dalam perilisan single kali ini. Edane yang biasanya selalu merilis lagu karya karyanya dari personil band itu  sendiri, kali ini justru merilis lagu karya diluar personil  Edane yaitu Bagus NTRL.

Tak hanya itu, Edane bahkan juga  sekaligus mengajak Bagus sebagai pencipta lagu berikut  liriknya ini untuk berkolaborasi. Vokal  Ervin selaku vokalis edane,  kali ini mendapat bumbu lain yang saling memberi rasa satu sama lain dengan vocal Bagus, dalam balutan musik khas edane.   Ini merupakan sesauatu yang baru dari Edane, dimana kali ini menyuguhkan kolaborasi dahsyat untuk Edane Freak (sebutan fans edane) serta  penikmat musik khususnya musik rock/heavy Metal di Indonesia.

Bagi Bagus, kolaborasi dengan edane  ini dianggap luar biasa, sebab Bagus sendiri mengidolakan Edane sejak masih duduk di bangku SMA.

 

” Sungguh luar biasa dan bangga, saya bisa berkolaborasi dengan Edane, Ini band idola saya sejak saya masih di SMA, dan sekarang saya bisa berkolaborasi dengan band idola saya ini, jadi suatu kebanggan buat saya,” jelas Bagus saat sesi jumpa pers via Zoom yang di pandu oleh Irish Riswoyo Ketua PWI Jaya Sie Musik,Film dan Lifestlye, di Jakarta, Senin Sore  (03/07/20).

 

Meskipun lagu ‘Si Bangsat’ ini secara judul  terkesan kasar dan urakan, namun sejatinya lagu ini mengandung pesan yang positif. Hal itu dijelaskan oleh bagus selaku pencipta lagu dan penulis liriknya.

” Lagu ini meskipun judulnya ‘Si Bangsat’, tetapi sesungguhnya bermakna positif, jadi orang jangan pernah menilai seseorang dari kulit luarnya saja, tetapi harus secara keseluruhan. Biarin aja orang mau bilang bangsat, setan dan sebagainya, tetapi yang terpenting kelakuan serta hati kita tetap baik,” tambah bagus.

 

Dalam kesempatan yang sama Eet Sjahranie pentolan dari Edane juga mengaku tidak keberatan dengan judul lagu tersebut.

” Kalau saya sih asik-asik aja, nggak ada masalah, kita memang sebelumnya juga pernah diskusi dengan personil yang lain, sepertinya memang  tidak ada kata lain yang tepat untuk judul lagu ini selain bangsat, jadi kita sudah ketok palu judulnya Si Bangsat,”, jelas Eet.

Ketika ditanya oleh awak media, apakah judul lagu ini tidak terlalu kasar dan berdampak buruk jika gharus berhubungan dengan radio atau TV?, Bassist Edane Daeng Oktav pun turut memberikan penjelasannya.

” Sebetulnya ada alternatif lain juga sih yang sedikit lebih halus, setelah kata bangsat kan dalam kurung ada kata ‘Terserah Loe’, jadi bisa juga dipaka buat judul kedua. hampir sama juga seperti lagu edane sebelumnya ‘Kau Manis kau Iblis’ (Kau Pikir Kaulah Segalanya), terang Oktav.

Aransemen Dan warna Musik

Secara aransemen lagu ‘Si Bangsat’ sebetulnya secara roh masih tetap rohnya edane, namun karena ini lagu dibuat oleh orang diluar personil edane, jadi ada semacam nuansa baru yang lebih segar.

Bahkan awak media juga sempat menanyakan bahwa ada style lain dalam permainan drum Fajar kali ini. Namun demikian fajar sebagai penggebuk drum mengaku tidak ada yang hilang dari nafas musik Edane.

” Sebetulnya nggak ada yang berubah sih dari konsep musik Edane, saya main drumnya menyesuaikan saja dengan kebutuhan lagu, lagu ini enaknya digimanain, dan seperti yang sekarang inilah yang paling pas menurut saya. Sebelumnya kita pernah coba dengan yang lebih rumit, tapi ternyata nggak cocok,” jelas Fajar.

Disisi lain awak media juga penasaran, akankah  musik Edane  seperti NTRL atau tetap seperti pakemnya Edane, mengingat kolaborasi ini dilakukan dengan Bagus yang merupakan ikon NTRL.

” Saya rasa meskipun lagu ini ciptaan Bagus, tetapi secara aransemen musik tetap warnanya Edane, kalau ada nuansa- nuansa lain mungkin saja iya. Jadi kolaborasi ini saya pikir saling mengisi dan memberi warna, itu hal yang biasa. jadi malah bagus menurut saya,”, tambah Eet lagi.

Setelah kolaborasi dengan Bagus, akankah muncul kolaborasi dengan yang lain?, Eetpun kembali menjelaskan.

“Kolaborasi dengan musisi lain ya mungkin-mungkin saja sih, tetapi tentunya saya lihat dulu seperti apa dan dengan siapa. jadi tetap terbuka kemungkinan lah ke arah itu, termasuk berkolaborasi dengan cewek jika mungkin,” Pungkas Eet.

Dalam kesempatan yang sama Bayu Randu dari Music Blast selaku produser mengaku untuk promosi dan distribusi  dari single terbaru Edane ini sudah dimulai.

“Terhitung Senin (3/7/20) lagu ‘Bangsat, yang merupakan single terbaru dari Edane ini sudah ada di semua platform digital seperti sportify, Iguana dan lain lain. Sedang untuk promosi kita akan maksimalkan media sosial yang kami punya. Bagi saya terasa lebih enak untuk mempromosikan edane ini, karena hampir semua personilnya katif di medsos, jadi sangat ngebantu,” terang bayu.

Lebih lanjut Bayu menambahkan, ” Bagi yang penasaran ingin nonton video clipnya Edane featuring Bagus NTRL ini seperti apa?, bisa langsung klik di channel YouTubenya Music Blast,” pungkas Bayu.

Selamat buat Edane atas perilisan single anyarnya ini, semoga kolaborasi dengan bagus NTRL ini membawa berkah kesuksesan. Yang Tak Biasa menjadi Luar Biasa./Irish

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.