PAPPRI Gelar Serangkaian Kegiatan Peringatan “Hari Musik Nasional 2016”

by -4,361 views

Pappri Makam KKSeperti kita tahu bahwa setiap tanggal 9 Maret kita peringati sebagai Hari Musik Nasional (HMN). PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia) sebagai inisiator lahirnya Hari Musik Nasional selalu menggelar berbagai kegiatan yang berhubungan dengan musik dan hari musik.

Dalam rangka memperingati “Hari Musik Nasional “ 2016 ini, PAPPRI menggelar berbagai rangkaian kegiatan, dimulai dari yang bersifat renungan, seminar hingga perayaan, dengan mengambil tema besar . “Kreatifitas Musik Sebagai Sokoguru Pembangunan Budaya dan Ekonomi Bangsa”.

Tepat di tanggal 9 Maret, Ketua Umum DPP PAPPRI Tantowi Yahya dan para jajaran pengurus DPP (Dewan Pimpinan Pusat) serta DPD PAPPRI DKI dibawah pimpinan Hj. Ayu Soraya dan para DPC, akan menggelar acara Renungan Hari Musik, yang akan digelar di Taman Pemakaman Kampung Kandang, Jakarta, pada pukul 11.00 WIB. Kemudian dilanjutkan kegiatan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Dipilihnya Taman Pemakaman Kampung Kandang sebagai tempat Renungan tentu bukan tanpa alasan, sebab ada beberapa tokoh musik dimakamkan di tempat ini. Diantaranya Alm, Sadikin Zuchra, Alm. Rinto Harahap, Alm, Dodo Zakaria, Alm, Kiboud Maulana dan Alm, Ireng Maulana.

Pappri makam Kali bataRinto Harahap merupakan salah satu tokoh pendiri PAPPRI, sementara Sadikin Zuhra pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP PAPPRI yang ke 2. Sedang Alm, Dodo Zakaria pernah menjadi pengurus DPP PAPPRI era kepemimpiman Dharma Oratmangun.

Dalam kesempatan tersebut Tantowi Yahya didepan para wartawan yang hadir menjelaskan sebagai berikut; “ Mulai tahun ini, disetiap kegiatan peringatan Hari Musik Nasional kita akan tradisikan ziarah ke makam tokoh musik Indonesia. Tujuannya selain kita memanjatkan do’a kepada tokoh atau pahlawan-pahlawan musik tersebut, kita juga akan mengenang sepak terjang dan perjuangan beliau dalam memajukan music Indonesia”, jelas Tantowi.

Selain menggelar acara Renungan di Kampung Kandang, PAPPRI bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif RI (BEKRAF) juga akan menggelar dialog dan seminar dengan mengambil tema “ Perlindungan Hak Pencipta Lagu dan Pelaku Pertunjukan Musik Indonesia”. Acara tersebut akan digelar di ; The Ice Palace, Lotte Shopping Avennue, Jakarta, pada tanggal 17 Maret 2016, dimulai pukul 09.00 WIB.

Ditempat yang sama, pada malam harinya juga akan digelar acara “ Malam Anugerah Bhakti Musik Indonesia”. Acara yang juga merupakan kerjasama
antara PAPPRI dengan Badan Ekonomi Kreatif R.I dan PT. TELKOM ini akan memberikan penganugerahan “Bhakti Musik Indonesia” kepada 5 (lima) orang tokoh musik Indonesia (Penyanyi, Pencipta Lagu, Pemusik, Pengembang Musik, Grup Musik, dll).

Kemudian sebagai acara pamungkas atau pemuncak acara, PAPPRI akan menggelar perayaan Peringatan Hari Musik Nasional 2016, dengan menggelar konser akbar pada Tgl. 28 Maret 2016, Dengan melibatkan puluhan musisi top Indonesia. Acara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Trans TV selama kurang lebih 3 (tiga) jam.

Selain konser akbar, dalam kesempatan tersebut juga akan dilakukan pemberian “PAPPRI Awards”, kepada delapan atau Sembilan musisi yang dianggap berjasa dalam sejarah perkembangan musik Indonesia./Irish

No More Posts Available.

No more pages to load.