Paul Gilbert Bagi Tips Bermain Gitar di JIBF Hari Pertama

by -748 views

Jakarta, VoiceMagz.com – Ada suguhan menarik yang memanjakan penonton di gelaran Jakarta Blues International Festival tahun ini.

Acara yang digelar pada 7 dan 8 Desember 2019 ini tidak hanya sekedar menghadirkan tontonan semata, tetapi ada suguhan edukatif yang bias dibawa pulang oleh para penonton, yaitu klinik musik.

Di hari pertama, penonton dibuat melongo ketika Paul Gilbert menyuguhkan tentang bagaimana bermain gitar, terutama untuk bermain musik aliran blues.

Gitaris band Mr. Big itu tampil kurang lebih selama 30 menit dengan membagikan ilmunya kepada para penonton yang hadir.

Berpenampilan ala pegawai kantor dengan menggunakan jas dan dasi, gitaris yang pernah dinobatkan sebagai salah satu dari Top 10 Greatest Guitar Shredders of All Time versi GuitarOne dan Guitar World’s 50 Fastest Guitarists of All Time ini tampil memberikan tips dan contoh bagaimana melakukan picking, bagaimana melakukan bending, bagaimana bermain blues dengan nada minor dan mayor, bagaimana bermain gitar dengan menggunakan slide, bagaimana cara bermain gitar cepat dengan mengunakan 2 senar, 4 senar 5 senar dan lain lain.

“Disini saya akan contohkan bagaimana kita bisa bermain gitar dengan 4 not dari 2 senar secara cepat. Kemudian empat note dari 3 senar dan 4 senar,” jelas Paul.

Paul juga  mencontohkan bagaimana para gitaris besar seperti Bryan May (Queen) dan Ritchie Blackmore (Deep Purple/Rainbow)  melakukan bending pada lagu-lagunya.

Untuk Bryan May, Paul mencontohkan bending dalam lagu ‘Killer King’ (Queen), sedang untuk Ritchie Blackmore paul memberikan contoh pada lagu  pada lagu  ‘Pictures of Home. dan ‘Lazy’ (Deep Purple).

“Kami contohkan bagaimana para gitaris melakukan bending dengan baik, misalnya Brayan May dan  Ritchie Blackmore,” tambah Paul.

Tak hanya itu, pada sesi bagaimana cara bermain gitar menggunakan slide, ia memainkannya dalam bentuk melodi lagu.

Selain membawakan lagu dari Janis Joplin, ia juga memainkan slide membawakan lagu kondang dari band miliknya yaitu MR. Big yang berjudul ‘World Wide’.

Tanpa dikomando, sontak para penonton pun ikut bernyanyi, karena lagu itu memang sangat popular di kalangan pecinta musik di Indonesia.

“Saya tidak terlalu mendengarkan permainan gitar slide, tetapi saya disini akan mencontohkan bagaimana bermain gitar slide dengan lagu. Misalnya lagu Janis Joplin, dan lagu World Wide,” jelas Paul sambil memperagakan cara bermain gitar slide.

Meskipun bermain gitar dengan benar dan bagus tidak bisa diperoleh dengan hanya menonton sebuah klinik musik dalam waktu 30 menit hingga 1 jam, namun apa yang disampaikan Paul kepada penonton Jakarta Blues International Festival di hari pertama ini cukup memotivasi para musisi terutama musisi muda untuk lebih meningkatkan skill permainannya dengan benar.

Gagasan yang disampaikan panitia atau promotor Jakarta Blues International Festival yaitu Boart Indonesia ini patut diapresiasi.

Semoga apa yang dilakukan Boart Indonesia ini bisa menginspirasi para promotor lain untuk melakukan hal yang sama, agar penonton yang hadir tidak hanya mendapatkan tontonannya saja, tetapi juga  bisa membawa pulang ilmu.

Pada hari kedua atau tanggal 8 Desember (malam ini), Paul Gilbert akan tampil berkolaborasi dengan BumbleFood. Seperti apa kira kira penampilan mereka?, silahkan hadir dan saksikan Jakarta Blues International Festival di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta. /mik