Rayakan Hari Eropa, Uni Eropa Gelar Europe Week di Jakarta

by -2,105 views

Europe WeekNegara-Negara dari benua biru yang tergabung dalam Uni Eropa yang menjadi mitra utama bagi Indonesia dalam berbagai sektor termasuk perdagangan, lingkungan, pendidikan, kesehatan, politik, keamanan, ekonomi, investasi, sosial-budaya, serta sektor pembangunan lainnya akan merayakan hari besarnya yaitu “Europe Day” atau Hari Eropa pada 9 Mei 2014 mendatang. Suasana kegembiraaan dalam perayaan Hari Eropa itu juga akan turut dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya Uni Eropa juga akan merayakannya di Indonesia.

Untuk tahun ini, perayaan Hari Eropa di Indonesia akan terasa berbeda dan istimewa. Sebab Delegasi Uni Eropa di Indonesia akan menyelenggarakan “Europe Week 2014”. Yakni serangkaian acara selama sepekan yang akan menampilkan berbagai acara seperti; festival film (Europe on Screen), pameran beasiswa Eropa – Indonesia, lari bersama pada saat Car Free Day, peluncuran laporan kerjasama pembangunan RI – Uni Eropa selama tahun 2013, seminar publik, kuliah umum di Universitas Indonesia, acara resepsi pebisnis Eropa (investasi di Indonesia), turnamen golf dan festival wine dan keju Eropa pada Jakarta Food and Fashion Festival (JFFF).

Seluruh delegasi Uni Eropa dan warga Uni Eropa yang berada di Indonesia (utamananya yang tinggal di Jakarta), akan bersama-sama merayakan Hari Eropa dengan warga Indonesia termasuk pemerintah, asosiasi bisnis, rekanan, mitra-mitra kerja, dan masyarakat umum.

Bagi Uni Eropa, perayaan Hari Eropa (perayaan perdamaian dan kesatuan di Eropa) di Indonesia penting mengingat maknanya yang sejalan dengan semboyan Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” (persatuan dalam keberagaman). Kesamaan pandangan ini penting bagi UE karena merupakan modal kuat untuk meningkatkan hubungan kerjasama bilateral Indonesia-UE dalam berbagai sektor.

Olof Skoog (Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia ) dalam preskon di Asean room Hotel Sultan Jakarta mengatakan, ” Indonesia merupakan mitra penting bagi Uni Eropa dalam berbagai bidang, untuk itu kami akan merayakan Hari Eropa ini bersama sama dengan semua elemen termasuk Pemerintah, asosiasi bisnis, rekanan, mitra-mitra kerja, dan juga masyarakat umum”.

Dengan digelarnya Europe Week yang bertema “Europe Week 2014 – United in Diversity” , diharapkan akan meningkatkan kemitraan serta kerjasama yang baik antara Indonesia dengan Uni Eropa. Selain itu perayaan Hari Eropa ini juga menjadi penanda komitmen Uni Eropa untuk terus meningkatkan hubungan kerjasama dengan Indonesia.| Irish

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.