Resmi Sudah Susi Pudjiastuti Kantongi Ijazah SMA

by -3,044 views

JAKARTA, VoiceMagz.com – Jangan pernah sebut lagi menteri peraih dua gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini tak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Kini, wanita asal Pangandaran, Jawa Barat ini sudah resmi mengantongi ijazah SMA.

“Bu Susi sudah lulus Paket C. Beliau ikut pelaksanaan ujian yang diselenggarakan di SMAN 1 Pangandaran pada 11-13 Mei 2018,” ungkap Ketua Yayasan PKBM Bina Pandu Mandiri, Didi Ruswendi, Kamis (13/7).

Lanjut Didi, Susi mengikuti jalur paket C jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial sejak 2015 lalu. Tak tanggung-tanggung, Susi mendapat ranking pertama dari semua peserta ujian di Kabupaten Ciamis, dengan perolehan skor 429 dari tujuh mata pelajaran yang diikuti.

Tim dari PKBM Bina Pandu Mandiri sesekali datang ke Jakarta sesuai dengan jadwal Susi. Saat belajar dengan guru dari PKBM Bina Pandu Mandiri, Susi dikatakan Didi selalu bersemangat.

“Metode pelajaran beliau menggunakan modul. Tapi kadang, tim guru kami ke Jakarta. Waktunya disesuaikan dengan jadwal kesibukan beliau,” tutur Didi.

Ia menambahkan, Susi tak pernah merinci alasannya mau mengikuti program Paket C tersebut.

“Secara alasan yang jelas (Susi) tidak memberi tahu. Tapi beliau telepon mau daftar dan beliau serius. Keseriusannya itu terlihat dari beliau kirim fotokopi ijazah SMP-nya juga surat keterangan belum tamat dari SMAN 1 Yogyakarta,” beber Didi.

Dalam tiga hari ujian, Susi hadir ke ruangan 15 menit sebelum ujian dimulai yang berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 15.30 WIB.

“Ibu Susi sangat disiplin dan ikut ujian selama tiga hari sesuai jadwal yang ada. Tidak banyak yang tahu, hanya Bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah yang tahu. Kami juga sepakat tidak mem-publish supaya Ibu Susi bisa konsentrasi selama ujian,” ucap Didi.

Dan hasilnya, jumlah nilai Susi mencapai 429 dari tujuh mata pelajaran. Dan untuk Kabupaten Ciamis, dari 569 peserta ujian paket C, Susi meraih ranking satu.

Ijazah SMA Susi pun diberikan langsung Didi ke rumah Susi di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (13/7). Susi pun tampak bahagia ketika mendapatkan ijazah tersebut. (NVR)

No More Posts Available.

No more pages to load.