Keluar Dari Zona Aman, Ryo Domara Ajak ‘Goyang Gak Umum’

by -88 views

Jakarta, VoiceMagz.com – Meski banyak kalangan menilai kondisi industry musik Indonesia belakangan ini masih belum bangkit dari tidurnya atau belum sepenuhnya pulih dan menjanjikan, namun minat para musisi untuk merilis single maupun album tetap tinggi.

Rata rata mereka yang merilis single maupun album tetap optimis karyanya bisa diterima masyarakat penikmat musik Tanah Air.

Salah satu musisi atau penyanyi  yang  merilis singlenya  adalah Ryo Domara. Ryo merupakan musisi  yang selalu mendengarkan apa kata hatinya. Pria asal Semarang, Jawa Tengah itu terbilang musisi yang idealis dengan karya musiknya.

Di jagad musik tanah air, namanya sudah tidak asing lagi di banyak kalangan musisi senior lantaran ia pernah bekerjasama bersama Erwin Gutawa dalam album Rockerstra dalam single “Hilangnya Seorang Gadis”, serta terlibat di konser 17 panggung bersama Tohpati, dan lain-lain.

Berkat partisipasi itu, Ryo Domara mendapat kepercayaan untuk membuat aransement musik serta lirik. Beberapa karya lagunya dilantukan oleh grup band serta solois. Sepak terjang pria kelahiran  6 April  itupun dikenal sangat baik oleh beberapa musisi seperti Roy Jeconiah, Eros Sheila on 7, Bongky BIP, serta Harri Budiman seorang Arranger senior yang sampai sekarang bersahabat dengan Ryo Domara.

Ketika ditanya voicemagz.com mengapa anda memilih lagu Goyang Nggak Umum sebagai single yang dirilis pertama dari 8 lagu yang rencananya akan dirilis dalam bentuk album?

“Lagu ‘Goyang Gak Umum’ ini kami anggap paling unik, bahkan masukan dari teman-teman yang lain baik sesama musisi maupun teman dari media juga begitu. Sebetulnya ini saya keluar dari zona nyaman, tapi saya yakin bahwa lagu ini memiliki kekuatan tersendiri ” jelas Ryo, Jum’at (8/11).

Apa yang sebenernya menjadi keunikan dari lagu Goytang Nggak Umum itu, sehingga banyak yang menyarankan untuk dirilis pertama?

“Lagi Goyang Nggak Umum ini sebenernya bergenre Pop Alternative, namun dalam proses aransemennya kami padukan dengan beberapa unsur  instrumen lain seperti  gendang, tabla, bahkan ada suling juga, sehingga lagu ini menjadi lagu yang paling berbeda dengan lagu single lainnya. Selain itu saya pingin ngajak temen temen bergoyang dan happy lewat lagu ini,” tambah pria kelahiran Semarang ini.

Lebih lanjut Ryo menceritakan bahwa lagu ‘Goyang Gak Umum’ ini diciptakannya bersama Harri Budiman.

Harry adalah  seorang sahabat lamanya yang  juga selaku arranger dalam single ini. Selama proses rekaman Ryo mengaku cuma berdua saja tektokan dengan Harry, jadi menurutnya menjadi lebih fokus.

“Selama proses rekaman saya cuma berdua saja  mas Harry Budiman. Jadi, saya tek tokan cuma berdua. Tapi itu justru lebih enak, karena sepi dan rekaman menjadi lebih fokus. Hasilnya juga menjadi lebih maksimal,” sambung Ryo.

Sebagai musisi, Ryo selalu mendengarkan beberapa genre musik seperti rock, reggae, dan ska. Meskipun dirinya pecinta musik bergenre Grunge. Dari situlah, ia mendapat inspirasi untuk single perdananya tersebut.

Ryo menambahkan bahwa ia ingin karya lagunya bisa merealisasikan permintaan teman-teman, komunitas atau follower di sosial media. Oleh karena itu, Ryo mencoba mengkolaborasikan beberapa genre musik di dalam lagu ‘Goyang Gak Umum’ ini.

Untuk bisa tetap eksis dan bersaing di jagad  musik Tanah Air,  berbagai strategi promosi sudah disiapkan Ryo dan manajemnnya yaitu Rans Entertainmen.

Jadi ia tetap optimis single perdananya ini akan bisa diterima masayarakat pecinta musik di Indonesia.

“Saya optimis banget single ini bakal bisa diterima masyarakat, karena selain lagunya yang unik dan lain dari yang lain, juga banyak yang support ke saya, baik temen musisi, temen media maupun para natizen di dunia maya. Jadi lagu ini boleh dibilang  buat pembuka komunikasi kami dengan para pecinta musik Indonesia sebelum saya merilis album nanti,” tutup Ryo.

Saat ini Ryo dan manajemnnya sedang berencana membuat videoklip untuk menunjang promosinya. Selain itu ia terus menyempurnakansemua materi lagu untuk albumnya nanti.

Dalam kesempatan ini  Ryo  mengucapkan terima kasih kepada Sang Pencipta serta manajemen terutama bunda Rani./Irish