Tips Bagi Seorang Vokalis Agar Suara Tetap Prima

by -1,295 views

Oleh: Amiroez
Amiroez 3Bernyanyi melibatkan koordinasi banyak otot, baik otot-otot penunjang pernapasan, ataupun otot-otot di pangkal tenggorokan. Otot-otot tersebut bisa lelah, lemah, dan keluar dari kondisi normal. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya latihan fisik atau asupan nutrisi yang cukup baik.
Kesehatan keseluruhan tubuh kita selalu menjadi pertimbangan utama untuk kesehatan vokal yang baik . Kesempatan untuk mendapatkan suara yang terbaik agar dapat berfungsi pada tingkat efisien maksimum, tubuh kita harus selalu berfungsi pada tingkat efisiensi yang maksimum pula .
Sebagai penyanyi, kita selayaknya membuat program harian tidak hanya untuk menjaga kondisi suara , tetapi juga dapat membantu untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dengan cukup beristirahat , ber olahraga dan mendapatkan asupan gizi yang baik. Semua itu baik untuk kesehatan dan penampilan fisik kita. Menghindari kebiasaan vokal yang buruk, dan dapat mengetahui setiap faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan suara kita .
Mungkin ini bisa menjadi tips yang cukup baik untuk kamu sekalian yang aktif atau mulai ber aktivitas sebagai praktisi Vokal yaitu jika kegiatan kita sebagai seorang Vokalis cukup padat jadwal dan tidak cukup waktu untuk melakukan pemanasan / Warming Up untuk Vokal kita , padahal sesi itu sangat penting untuk mempersiapkan Instrumen – instrumen Vokal kita sebelum kita naik pentas atau masuk studio rekaman .Maka cobalah lakukan Humming dengan menyenandungkan melodi lagu yang akan dinyanyikan , yang akan kita rasakan setelahnya adalah ruang resonance vokal kita lebih hangat dan siap untuk menyanyi . Tentu saja semua itu harus kita lakukan dengan cara yang benar .
Satu lagi tips yaitu apabila kita merasakan gejala Flue dan mengganggu konidisi Psykis kita selain Fisik padahal jadwal nyanyi sudah menunggu , mudah – mudahan cara ini bisa dilakukan untuk membantu mencegah gejala itu . Lakukan latihan pernafasan diaphragma dengan konsentrasi penuh kurang lebih lima belas menit dengan beberapa kali putaran sampai terasa hangat pada seluruh tubuh dan minum air hangat setelahnya , kita akan berkeringat maka mudah – mudahan tidak berlanjut menjadi Flue.Hal tersebut bisa dilakukan dibelakang panggung sebelum pertunjukan kita dimulai . Cara diatas juga dapat mengatasi demam panggung dengan menetralisir detak jantung yang naik lebih cepat temponya karena nervous ( deg deg an ) dan akan kembali normal seperti semula .
Semua itu dapat kita lakukan secara baik setelah kita bisa memaksimalkan fungsi Paru – paru sebagai Generator , Pita Suara sebagai Vibrator , ruang – ruang Resonator berfungsi benar dan Artikulator kita cukup siap untuk itu . Dan akhirnya The Show Must Go On .
Selamat mencoba mudah – mudahan bermanfaat !!

No More Posts Available.

No more pages to load.