Tribute To The Rock Legend #2 DEEP PURPLE Bersama Amiroez

by -2,042 views

DP amiroezDeep Purple (DP) adalah Super Group Rock asal Inggris yang menjadi pelopor musik Hard Rock bersama Led Zeppelin dan Black Sabbath semenjak awal tahun 70an. Banyak lagu lagu populer yang sudah mendarah daging bagi para penggemarnya. Sehingga tidaklah aneh dan heran kalau di banyak negara termasuk di Indonesia para musisi atau para fansnya sering menggelar acar Tribute to Deep Purple.

Dari sekian banyak Tribute to Deep Purple yang digelar dari tahun ke tahun di banyak Negara itu salah satunya adalah yang akan digelar oleh Donny Suhendra(gitar), Amiroez (vocal) , Ungki BLVZ (Vokal), Bakar Buftaim (drum), Krisna Prameswara (keyboard) dan Daeng Oktav (bass), dengan bintang tamu Teddy Sudjaya (drum). Mereka akan mengapresiasikan karya karya DP dengan menggelar acara Let’s Rock The 70’s, “Tribute To The Rock Legend #2 DEEP PURPLE”.

Acara tersebut rencananya akan digelar pada 16 April 2014 di Basement Café, Arion Swiss-Belhotel. Jl. Kemang Raya No. 7 Jakarta selatan, mulai pukul 8 malam hingga selesai. Tanda masuk dipatok dengan harga 100 Ribu Rupiah. Jadi para pecinta musik rock era 70-80an khususnya pecinta Deep Purple mari kita bergabung bersenang-senang dan bernostalgia dengan lagu-lagu hits dari Deep Purple.

Sekilas Tentang Deep Purple

Pada masa awal berdirinya (1968-1969) atau sering dikenal dengan DP Mark I, DP digawangi oleh Ritchie Blackmore, Jon Lord, Ian Paice, Rod Evans dan Nick Simper. Pada formasi ini lahir Shades of Deep Purple (September 1968), kemudian The Book of Taliesyin (Desember 1968) dan Deep Purple (November 1969).

Formasi DP Mark I ini tidak bertahan lama, Blackmore, Lord dan Paice mendepak Evans (Vocal) dan Simper (bass) diganti dengan Ian Gillan (Vokal) dan Roger Glover (bass). Formasi ini kemudian dikenal dengan DP Mark II (1969-1973). Dalam formasi Mark II ini lahir 4 buah album dengan puluhan lagu lagu hist didalamnya. Sebut saja lagu Speed King, Child In Time, When A Blindn Man Cries, Woman From Tokyo, High Way Star, dan banyak lagi.

Formasi inipun juga tidak bertahan lama, akhir tahun 1973 Gillan dan Glover hengkang dari DP. Sebagai gantinya DP merekrut David Coverdale (Vocal) dan Glenn Hughes (Bass). Formasi ini kemudian disebut sebagai DP Mark III (1973-1975). Bersama Coverdale dan Hughesdi Mark III ini DP lahirkan 2 album, yaitu Burn dan Stormbringer. Kedua lagu yang dijadikan judul album itu sangat popular, selain Soldier of Fortune, Mistreated dan Lady Double Dealer.
Formasi ini nyaris bertahan hanya selama 2 tahun. Kemudian pada tahun 1975 giliran Blackmore dan yang hengkang dari DP dan mendirikan band sendiri yaitu Rainbow. Posisi Blackmore digantikan oleh Tommy Bolin, dan kemudian formasi ini lebih dikenal dengan DP Mark IV.Formasi ini hanya melahirkan 1 album saja yaitu Come Taste The band. Lady Luck dan You Keep on Moving menjadi lagu yang cukup popular di album ini selain Drifter dan Love Child.

Deep Purple adalah super group yang paling sering gonta ganti personil. Tak kurang jika dihitung hingga sekarang ada sekitar 8 kali ganti formasi atau Mark I sampai Mark VIII. Bahkan pernah terjadi Mark II Re united (1984-1989) yang melahirkan 2 buah album yaitu Perfect Stranger dan House of the Blue light. Selain Perfect stranger, ada juga lagu wasted sunset yang cukup terkenal lahir di Re United ini.

Seteleh Re United kemudian Gillan keluar dari DP, sebagai gantinya DP merekrut Joe Lyn Turner. Dari formasi ini lahir album Slaves & Master (1990). Formasi ini kemudian lebih dikenal sebagai DP Mark V. Lagu yang paling terkenal dari album ini adalah Love Conquers All. Namun lagi-lagi, DP Mark V.

Bongkar pasang terus berlanjut, tahun 1993 Gillan kembali masuk line up DP menggantikan Turner yang hengkang. Formasi ini kemudian dikenal dengan DP Mark II Re Again United. Dari line up ini lahir 1 album saja yaitu The Battle Ragers On (Juli 1993) dengan hitsnya Anya. Formasi ini tidak bertahan lama, Blackmore gentian hengkang dari formasi ini.
DP terus berlanjut, posisi Blackmore diganti dengan Joe Satriani. Dalam formasi ini tidak 1 album pun lahir. Possisi Satriani menggantikan Blackmore lebih karena meneruskan kontrak Tour Show yang harus dijalani pada tahun itu. Formasi ini kemudian dikenal dengan DP Mark VI (1993-1994).

Tahun 1994, Satriani meninggalkan DP. Posisinya diganti oleh Steve Morse. Dalam formasi ini lahir album Purpendicular (Februari 1996) dan Abandon (Mei 1998). Formasi ini kemudian dikenal dengan DP Mark VII (1994-2002).
Era 2002 John Lord (Keyboard/Organ) meninggalkan DP, posisisnya diganti oleh Don Airy. Dalam formasi ini lahir album Bananas ( 2003), Repture of The Deep (2005), dan Repture of The deep Edisi Spesial 2CD (2006). Formasi DP sekarang ini (sepeninggalan Jon Lord Almarhum) dikenal dengan DP Mark VIII. |Irish

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.