BAGAIMANA POLA MAKAN YANG BAIK SELAMA DIET.?

by -1,507 views

Untuk menjaga badan agar tetap langsing dan proporsional dan bugar, orang biasanya melakukannya dengan banyak cara, salah satunya dengan diet. Program diet sendiri sebenarnya jug bukan perkara mudah, kalau konsumsi makanannya tidak sesuai bisa juga gagal total. Untuk itu menunjang keberhasilan diet dengan tampil tetap bugar , tak ada salahnya mencoba tips berikut ini.

Pertama-tama nikmati makanan anda, dan makan lah secara pelan-pelan. Kemudian minum sedikitnya 8 glas air setiap hari. Jangan makan malam jika anda kurang minum di siang dan sore hari. Pilih satu tempat di dalam rumah khusus untuk makan dan jangan pindah pindah tempat sampai makanan habis. Makanlah sambil duduk, jangan makan di tempat yang lain.

Variasikan jumlah kalori makanan anda setiap hari supaya tubuh anda tidak terbiasa dengan jumlah kalori tertentu. Bila anda terbiasa dengan makanan rendah kalori, tubuh anda akan mengira bahwa memang sejumlah itulah kebutuhan kalorinya. Dengan begitu, kalau anda berdiet, berat badan anda tidak bisa turun.

Sediakan makanan dan minuman seperti buah-buahan, sayuran, dan sari bush murni dalam lemari es, bukanya makan tinggi kalor seperti kue, es krim, dan sirup. Makanlah ketika lapar. Bila perlu buatlah catatan harian tentang pola makan dan perasaan anda. Catatlah segala yang ingin anda makan sebebelum memakanya.

Tuliskan bagaimana perasaan anda dalam perkembangan menuju kebiasaan makan sehat itu, dan tuliskan pula bagaimana perasaan anda bila berbuat curang kepada diri sendiri, misalnya tidak bisa menahan diri makan permen dan es krim. Sup dan sayur berkuah bening adalah makanan diat yang baik. Selain menyanang kan, rasanya segar dan sehat.
Bila memutuskan makan di restoran, tentukan apa yang ingin anda makan, dan etika anda berada disana jangan mengubah keputusan itu.

Susunlah jadwal kapan anda boleh makan dan ngemil. Bacalah label kemasan makanan. Makanan dengan persentase lemak atau karbohidrat (berarti gula) yang tinggi akan mengganggu penurunan berat anda. Jangan cuma menghitung berapa gramnya saja, tapi juga komposisinya. Hati-hati, semakin tinggi persentase kandungan lemak dan karbohidrat di bandingkan dengan kalori keseluruhan justru semakin menggemukan.

Letakkan makanan hanya di dapur dan ruang makan, bukan tempat lain. Jangan buat diri anda kelaparan dulu sebelum makan di retoran atau ke pesta. Makan sayur dan buah banyak – banyak atau minum air putih sampai cukup kenyang supaya ketika makan di restoran atau di pesta tidak berlebihan. Ingat, makanan di pesta, atau di restoran cenderung tinggi kalori.

DietMakan lah secara teratur, dan jagan melewatkan sekalipun waktu makan. Bila tidak mendapat pasokan makan pada waktunya, tubuh anda akan mengarahkan mekanisme pertahanan diri , yaitu dengan menurunkan kecepatan metabolisms. Akibatnya tubuh cenderung menyimpan lemak. Jangan mengira karena anda makan makanan rendah lemak/kalori anda boleh makan apa saja, sebab apa pun jenis makanan nya, jika kondisi anda semakin banyak dimakan, maka semakin tinggi pula kalorinya dan tetap harus dibakar.

Singkirkan makanan sisa. Buang semua lemak pada daging, buang kulit, ayam, jangan makan jerohan. Jangan meletakkan makanan secara “menantang” di atas meja. Akan lebih baik jika disimpan dalam lemari makan.
Sebelum anda berangkat belanja, siapkan daftar kebutuhan, dan jangan pernah pergi belanja dalam keadaan lapar karena anda cenderung jajan. Lakukan olah raga ringan ( yang baik adalah jalan kaki) seminggu tiga kali masing-masing 30 menit, lalu tambah jamnya secara bertahap.

Yang cukup penting dilakukan, jangan hanya mengukur berat badan, tetapi juga ukuran badan misalnya lingkar perut , lingkar paha, dan lingkar lengan. Setelah olah raga ringan secara teratur teratur, ukuran badan anda praktis akan turun, meskipun berat badan tidak turun. Latihan secara teratur untuk membentuk otot (daging) dan otot lebih berat daripada lemak. Selamat mencoba, semoga berhasil: Teks: Irish/Foto Istimewa

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.