Cegah Terorisme Dikalangan Anak Muda BNPT Gelar Festival Musik Kebangsaan Tingkat SMA dan Pesantren

by -63 views

Jakarta, Voicemagz.com- Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-12,  Badan Nasional Penanggulangan Terorosme (BNPT) menggelar acara lomba nyanyi antar SMA dan Pesantren bertajuk Festival Musik Kebangsaan atau Mukbang.

Pada lomba yang digelar di Gedung Perfilman H Usmar Ismail Kuningan, jakarta Selatan ini, menampilkan 10 finalis dari hasil penjaringan peserta dari 3 provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten dan Jawa barat.

” Lomba ini diadakan untuk memberdayakan anak muda dengan cara memberiakan panggung untuk menyalurkan bakat dan berekspresi dalam kebersamaan. Dari situ kita titip pesan kepada anak-anak muda ini untuk senantiasa menjaga kedamaian melalui musik,” kata Rahmad Suhendro selaku Kasubdit Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, di Jakarta pada Jumat (15/07/22).

Lebih lanjut Rahmad Suhendro menambahkan bahwa acara ini sangat tepat untuk mewadahi kreatifitas anak-anak muda, dimana anak-anak muda ini sangat rawan disusupi radikalisme dan terorisme.

“Seperti kita tau, radikalisme dan terorisme dilakukan oleh anak-anak yang sangat muda. Oleh sebab itu kita menawarkan solusi bagi anak-anak muda untuk menyebarkan faham-faham kebhinekaan melalui musik,” tambah edi.

Senada dengan Edi, Nanag Hape yang menjadi salah satu juri juga menjelaskan bahwa acara ini sebagai sarana untuk mewadahi anak-anak muda untuk berekspresi.

“Acara ini sangat bagus menurut saya, sebab bisa mewadahi dan memberi ruang untuk berkreasi an berekspresi bagi anak-anak muda. Selain itu lewat acara musik ini bisa mengasah sensitifitas, termasuk sensitif dalam menghadapi segala sesuatu yang ada di masyarakat jika ternyata muncul bibit-bibit terorisme di sekitarnya.” kata Nanang.

Ketika ditanya oleh Voicemagz.com tentang kategori peserta yang terlalu global, Anissa Putri Ayudya yang juga menjadi salah satu juri menjelaskan.

” Saya senang akhirnya ada yang bertanya seperti ini, ya memang kita memang berfikir yang penting ini jalan dulu, ini ada dulu, jadi kita tidak menkategorikan duo, solo, band atau yang lain. Tetapi dikemudian hari atau diacara selanjutnya kita akan pikirkan itu, karena seharusnya memang ada kategori-kategori seperti itu,” jellas Putri Ayudya.

Acara Mukbang ini pada tahap awal diikuti oleh sekitar 1200 peserta, kemudian disaring sehingga menjadi 10 besar. 10 besar tersebut tampil untuk dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Nang HP, Anissa Putri Yudia dan Fahrudin, dan akhirnya dipilih untuk juara 1 juara 2 dan juara 3.

Tampil sebagai Juara 1 Sahitya Band  dari Banten, kemudian  Juara II Fitriani Dwi R dari DKI Jakarta, dan Juara III diraih Vocal Grup SMAN 33 Jakarta./Irish

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.