EKKI SOEKARNO USIA 16 TAHUN SUDAH MENJADI INSTRUKTUR DRUM

by -2,240 views

ekki 2Dilihat dari namanya, banyak orang bertanya, apa hubunganya dengan Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno..? ya.., memang sering orang menanyakan hal ini kepada sosok persona yang hadir di edisi ini. Lantas apa jawab beliau..? Ekki pun menjawab dengan lugas.., secara keluarga, kami sebenarnya tidak ada hubungan apapun, Cuma sama sama warga negara Indonesia,(candanya) dan kebetulan saja namanya sama, Ayahku (Alm) seorang prajurit TNI AD bernama Soekarno. Nama itulah yang kemudian ada pada saya.

Tapi bukan itulah sebenarnya yang akan kita kupas disini. Melainkan talenta luar biasa di bidang musik yang Ekki miliki. Karena penulis meyakini bahwa generasi sekarang tidak banyak tau kiprahnya di blantika musik Indonesia dari sosok Pemusik yang sekaligus suami dari peragawati dan Model Soraya Haque ini. Pertanyaanya tentu talenta seperti apa sih yang beliau miliki..?

Ya…, Pemusik yang lahir di kota militer Magelang 27 Nopember 1961, dan pernah bersekolah SD. di Bois de Bologne Aljazair dan SMA XI Jakarta ini, adalah pemain drum yang cukup populer di era Th, 80an. Terbukti pada usianya yang menginjak 17 tahun, pernah menyabet Juara 1 festival Drummer Remaja se Indonesia pada Th. 1978. Berlanjut menjadi Drummer rock terbaik dalam angket musik, film dan theater majalah Gadis tahun 1986. Sungguh prestasi yang luar bisa untuk ukuran remaja pada waktu itu.

Prestasi yang tidak kalah mencengangkan adalah, tahun 1977-1978, atau di usianya yang ke 16 tahun, Ekki sudah menjadi Instructur drum di sekolah musik ternama waktu itu, yaitu YMI, (Yayasan Musik Indonesia). Bahkan ketika itu banyak muridnya yang usianya lebih tua darinya. Murid muridnya pun juga banyak yang pada akhirnya menjadi musisi terkenal.

Kiprahnya di blantika musik Indonesia terus berlanjut, Ekki bergabung bersama Fariz RM. Jimmy Paais (Alm), dan Herman Gelly, membentuk group band bernama Symphony sebagai penabuh drum. Dari sini lahirlah album Symphony metal.

Berbekal bakatnya yang terbilang luar biasa itu, Ekki mengembangkan kemampuan dirinya menjadi seorang Arranger dan komposer, sekaligus Produser. Ekki semakin banyak bekerja sama dalam pembuatan album artis artis terkanal waktu itu, seperti: Arie Kosmiran. Delly Rollies, Titi Dj, Erianti Erning praja, Nourma Yunita, Chica Koeswoyo, Euis Darliyah dan sederet artis terkenal lainya. Bahkan pernah juga membantu artis asal Indonesia yang kini bermukim di negeri Belanda yaitu Daniel sahuleka.

Pada sekitar tahun 1987 Proyek musik ambisi dari pribadinyapun segera dibuat, yang selanjutnya diberi nama “ Kharisma Indonesia”. Dari proyek ini lahirlah album Kharisma Indonesia 1, dengan hitsnya Gadis Sentris, yang dinyanyikan oleh Ikang Fawzie. Ada juga lagu Nyi Roro karya cipta Dodo Zakaria (Alm), yang dinyanyikan oleh Achmad Albar, ada juga instrumentalia coda opera ke 7 oleh Ian Antono,

Sukses merelease Kharisma Indonesia 1 dengan mendapatkan respon pasar yang cukup bagus waktu itu, tahun berikutnya Ekki pun segera meluncurkan Kharisma Indonesia 2. Dimana Ikang Fawzie yang notabene sekarang menjadi kakak iparnya itu, masih dipercaya membawakan lagu hitsnya yaitu Jalang. Seperti album terdahulu, sederet artis juga turut serta dalam proyek ini, Diantaranya: Dian Pramana Poetra, Malyda, Nourma Yunita, Ramona Purba, Gito Rollies (Alm) dan lain lain juga turut diajaknya.

ekki 1Selain berkiprah di dunia musik recording, dalam waktu yang bersamaan Ekki juga menggarap beberapa Ilustrasimusik film layar lebar. Tak kurang dari 12 judul film pun pernah digarapnya diantaranya: Lebih Asyik sama kamu, makelar kodok 1 dan 2, Yang tercinta, sepondok dua cinta, Terumpet kertas dan lain lain. Selain itu Pemusik yan multi instrument ini juga tercatat sebagai ketua salah satu organisasi musik yang bernama ENDRASS.

Kedekatanya dengan seorang Top Model waktu itu yaitu, Soraya Haque, yang sekarang men jadi Istrinya, Ekki juga menjadi bagian dari Sekolah Modelling (SHMS) milik Soraya Haque yang terletak di kawasan Grand wijaya Centre, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ekki duduk sebagai Komisaris Utama. Masih di lokasi yang sama, Ekki pun mendirikan Endrass Perdana Film. Sebuah rumah produksi dimana Ekki menjadi Direktur Utamanya. Dari Rumah Produksinya ini lahirlah program-program Televisi seperti: Fashion Universal ,Th 1991.(RCTI), Busana dan Gaya 1993 (TPI). Sinetron Cerpen Metropolitan 1993 (SCTV) Sinetron Laras 1994 dan Fata Morgana 1995 (SCTV), Ibu Bayi dan Balita, 1995 (SCTV-ANTV) dan lain lain.

Setelah tidak terdengar kiprahnya di dunia musik cukup lama, apakah Ekki benar benar sudah pensiun dari dunia Musik….?. Ternyata tidak, bahkan Ekki menegaskan, musik itu nafas hidupku…, jadi aku akan berhenti bermusik ketika nafas itu benar benar sudah tidak ada. Kalimat indah itu jika kita terjemahkan kedalam bahasa yang gampang, kurang lebih artinya Ekki akan tetap bermusik hingga ajalmenjemput.
Lalu apakah kegiatan terkini dari Ekki Soekarno..?. Mungkin pembaca tidak banyak yang tahu, bahwa sekitar tahun 2007, Ekki juga mengerjakan aransemen Album Kompilasi yang dinyanyikan pesinetron Atoy Herlambang, dan penyanyi keroyokan diantaranya Gugun Gondrong, Vicky Niti Negoro, Dimas Seto, dan lain lain.

Pada tanggal 7 Juli 2011 yang lalu, Ekki Soekarno juga merilis Album Bill Project, dengan lagu andalanya Ramayana, dimana proyek album ini menjadi sesuatu yang sangat unik, hasil dari kolaborasi dengan Ikang Fawzie yang sekarang menjadi Kakak Iparnya, dan Gilang Ramadhan yang menjadi adik iparnya. Yang unik berikutnya adalah, dimana ketiganya kebetulan mempunyai basic musik yang sama juga, yaitu sebagai pemain drum. Tetapi karena bakat Ekki yang multi insrument, maka disini ekki tidak lagi bermain drum tetapi bermain gitar dan piano.

Kecuali unik, album ini juga memiliki nilai tambah, karena memuat pesan akan pentingnya kebersihan bagi masyarakat Indonesia. Makanya ketika peluncuran album ini di gedung Bentara Budaya Kompas Gramedia, beberapa waktu lalu, disain panggungnya terasa ada yang beda dari panggung musik pada umumnya. Thema warna putih melekat pada panggung mulai dari lantai, tiang, hingga atapnya. Terpampang dengan jelas sepanduk dan backdrop dengan selogan “ Go Clean”. Sungguh merupakan langkah yang baik jika para musisi mengkampanyekan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Untuk kalender tahun 2012, Ekki sudah menyiapkan sebuah Tour clinic music di 12 kota di seluruh Indonesia, bersama sebuah brand alat musik, yang principalnya berada di singapura. Rencananya akan menggandeng beberapa artis terkenal untuk menunjang clinicnya tersebut. Kalau begitu, teruslah berkontribusi di musik Indonesia Ekki…., Selama hayat masih dikandung badan. //Irish

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.